Hindari Makanan dan Minuman Berikut saat Batuk

Share dan Tag Temanmu di :

Batuk merupakan suatu kondisi yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain itu, kondisi ini juga memaksa penderitanya untuk tidak mengonsumsi makanan atau minuman secara sembarangan. Karena, selain riwayat alergi, polusi udara, dan rokok, mengonsumsi makanan dan minuman yang salah juga bisa membuat batuk menjadi lebih parah.


Maka dari itu, hindari makanan dan minuman berikut saat batuk :

Makanan penyebab alergi


Pada kasus batuk akibat alergi, Anda perlu memperhatikan berbagai jenis makanan atau minuman yang berpotensi memicu keluhan terkait. Baik itu makanan laut, kacang, telur, susu, atau yang lainnya. Jika sudah diketahui, segera hindari untuk mengonsumsi makanan tersebut.

Makanan tinggi lemak

Makanan berminyak atau tinggi lemak dapat meningkatkan produksi lender, dan ini mengganggu pergerakan silia di tenggorokan.

Gorengan

Jika Anda menderita batuk kering, hindari mengonsumsi makanan yang digoreng. Hal ini disebabkan karena makanan tersebut dapat membuat tenggorokan semakin kering, meningkatkan frekuensi batuk, dan membuat tenggorokan semakin sakit.

Makanan Olahan

Makanan olahan dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh dan menekan beberapa fungsi pelindung. Jadi, hindari makanan olahan seperti pasta, roti putih, keripik, dan makanan ringan yang dikemas.

Makanan manis

Makanan manis memiliki efek meningkatkan produksi lender, yang dapat menyebabkan batuk menjadi lebih berat.

Susu, keju, dan yoghurt

Jurnal kedokteran menyebutkan bahwa makanan tersebut dapat merangsang produksi mukus atau lendir ketika batuk.

Alkohol

Alkohol dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, bahkan menyebabkan dehidrasi. Hal ini akan memperparah kondisi sakit dan bisa mengarah pada masalah kesehatan yang lebih serius.

Minuman Berkafein

Minuman berkafein seperti teh dan kopi harus dihindari ketika sedang batuk. Kafein dapat mengeringkan tenggorokan dan menyebabkan ketidaknyamanan saat menelan makanan.

Minuman dingin dan es krim

Minuman dingin dan es krim dapat meningkatkan aliran pembuluh darah disekitar tenggorokan. Ini dapat meningkatkan frekuensi batuk.

Itulah beberapa jenis makanan dan minuman yang harus dihindari saat batuk. Selain itu, Anda juga perlu mengonsumsi obat batuk agar keluhan dapat segera teratasi. Untuk mengatasi batuk kering, obat batuk dengan kandungan antitussive bisa sangat membantu. Sedangkan untuk batuk berdahak, konsumsi obat batuk yang mengandung expectorant. Jika batuk yang Anda alami tidak membaik setelah 2 minggu, segera hubungi dokter sebelum terlambat.

By Sri Maryati - Penyakit Senin, 09 Januari 2017 13:48:22

Related Post :
Alami
Obat Rakitis Alami Pada…

obat rakitis alami pada…

Kesehatan
Penting! Ketahui Masa Subur…

Jika kini anda menginginkan…

Alami
Obat Alami Untuk Mengobati…

obat alami untuk mengobati…

Kesehatan
Waspadai Jika Sering Berkeringat…

Waspadai jika sering berkeringat…

Kesehatan
Penyebab dan Langkah Pengobatan…

Penyebab dan langkah pengobatan…

Ibu Dan Anak
Cara Alami Mengatasi Sariawan…

Cara alami mengatasi sariawan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Infeksi Saluran Pernafasan dan Berbagai Penyebabnya

infeksi saluran pernafasan merupakan infeksi…

Penyakit
Penyebab Penyakit Alzheimer Dan Cara Mencegahnya

Penyebab penyakit alzheimer sampai saat…

Penyakit
Kirim Pertanyaan
Top