Ketahui Penyebab Bibir Hitam dan Cara Mengatasinya

Share dan Tag Temanmu di :

Memiliki bibir hitam memang terlihat tidak cantik, serta mengurangi kesempurnaan penampilan terutama bagi wanita. Wajah yang cerah akan tetap terlihat kusam jika bibir anda hitam.


Dambaan semua wanita ingin memiliki bibir merah karena bibir merah paling disukai lelaki sehingga banyak wanita di usia dewasa menggunakan pewarna bibir semacam lipstik untuk mempercantik penampilannya. Karena bibir merah memiliki daya tarik bahkan senyuman anda akan terlihat sempurna dengan lukisan bibir merah.

Berikut ini Penyebab Bibir Hitam

1. Paparan sinar matahari

Akibat terlalu sering terkena pancaran sinar matahari, sangat disarankan selalu menggunakan lipnalm sebagai protect bibir anda dan tidak lupa untuk menggunakan lipbalm yang mengandung SPF tinggi karena untuk melindungi dari teriknya matahari.

2. Sering memakai lipstik

Hampir semua wanita menyukai penampilan sempurna dengan bibir merekah dengan memakai lipstik, ternyata lipstik bisa memberikan efek jangka panjang salah satu penyebabnya bibir menghitam. Tidak ada larangan untuk memakai lipstik namun kandungan paraffin dan logam pada lipstik yang mampu berpotensi menjadikan bibir tidak sehat apalagi sebelum tidur mampu menjadikan penumpukan zat-zat yang menyebabkan bibir hitam.

3. Kebiasaan merokok

Memiliki bibir hitam yakni salah satu penyebab dari suka merokok, tak hanya itu bahaya merokok juga dapat merusak organ tubuh dan menjadi penyebab penyakit paling mematikan di dunia. Karena dalam kandungan rokok terdapat nikotin yang tinggi sehingga menjadikan pigmen bibir menebal yang mampu menjadikan bibir tidak sehat seperti menjadi pecah-pecah, kering, juga menghitam.

4. Efek konsumsi kopi dan teh

Salah satu penyebab bibir menjadi hitam yakni kebiasaan minum kopi atau teh. 

5. Kurang buah

Penyebab bibir hitam diakibatkan kebiasaan buruk tidak suka mengonsumsi buah karena kandungan vitamin V dalam buah mampu menjaga bibir tetap sehat. Sebabnya, jika anda kekurangan vitamin C maka bibir menjadi menghitam dan tidak sehat karena pigmentasi kulit bibi lebih cepat terjadi.

6. Alergi

Sebagian wanita adanya alergi kosmetik yang membuat bibir terlihat hitam dan tidak sehat karena sembarangan memilih penggunaan kosmetik. Kandungan dalam kosmetik yang membuat bibir menjadi hitam yaitu mercury, kadar timbale, dan wax yang cukup tinggi.

7. Keadaan tubuh menua

Pengaruh bibir hitam salah satunya disbebakan oleh hormon wanita yakni hormon estrogen yang berperan penting dalam proses meregenerasi kulit termasuk kulit bibir. Semakin menuanya usia membuat kadar estrogen menurun sehingga kulit tidak mampu meregenerasi lagi sehingga bibir menjadi hitam dan terlihat tidak segar.

8. Konsumsi obat

Seorang yang terlalu sering mengonsumsi obat dokter juga mampu menjadikan bibir hitam terutama obat tersebut tidak cocok dengan tubuh anda.

9. Faktor keturunan

Bibir hitam bisa terjadi karena faktor keturunan dari kedua orang tua anda memiliki bibir hitam secara genetik , besar kemungkinan anak juga mewarisi bibir hitam.

10. Konsumsi alkohol

Bibir menjadi hitam jika mengonsumsi alkohol secara berlebihan. Selain itu, bahaya alkohol bagi kesehatan memang sangat mematikan dan menyebabkan sirosis hati hingga berbagai kelainan dan kerusakan bagian tubuh lain.

11. Anemia

Kekurangan darah atau anemia dapat menyebabkan bibir hitam karena bibir akan cenderung menghitam dan terlihat membiru. Apabila terjadi anemia, sebaiknya rutin mengonsumsi makanan penambah darah agar darah kembali normal.

Cara Mengatasi Bibir Hitam Agar Tampak Merah dan segar 

  • Madu dan lemon. Kandungan dalam madu mampu menjadikan bibir menjadi merah mudah sedangkan lemon sangat baik bekerja dalam pengelupasan tan dari bibir. Dengan mengoleskan pada bibir sehari sekali dan tidak lupa bersihkan dengan air hangat setelah 1 jam.
  • Perbanyak minum air putih. Karena air putih sangat baik untuk tubuh, selain untuk mencegah dehidrasi, mengonsumsi 8 gelas air putih perhari membuat bibir anda menjadi merah merona.
  • Ketika keluar rumah gunakan lipbalm SPF 30 karena keadaan pancaran sinar matahari sangat tidak baik untuk kulit apalgi sinar ultra violetnya.
  • Minyak zaitun memiliki kandungan omega 3 dan antioksidan yang mampu menangkal radikasl bebas dan mengangkat sel kulit mati sehingga menjadikan bibir anda cerah kembali serta menyehatkan juga merawat. Caranya cukup mengoleskan ke bibir pada saat sebelum tidur.
  • Konsumsi jus mentimun untuk membantu mencerahkan bibir kusam anda.
  • Pakailah gliserin. Bibir yang tidak sehat seperti pecah-pecah, kering dan menghitam bisa disebabkan pigmentasi kulit. Maka anda harus menjaga kelembaban bibir salah satu caranya dengan olesan gliserin sebelum tidur untuk mencerahkan bibir.

By Ana Rediana - Tips Senin, 09 Januari 2017 15:49:16

Related Post :
Tips
Cara Mudah Mencegah Dan…

Berikut adalah beberapa langkah,…

Kesehatan
Bahaya Bekerja Seharian Tanpa…

Menghabiskan waktu untuk bekerja…

Kesehatan
Jenis Makanan Untuk Menjaga…

Cara merawat atau menjaga…

Penyakit
Waspada! Gejala Kanker Kulit…

Waspadai! Ternyata terdapat gejala…

Daun
Selain Untuk Kanker Inilah…

Selain untuk kanker, berikut…

Kesehatan
Mengejutkan! Ini Manfaat Sehat…

Bukan hanya digunakan berpasangan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Pertolongan Pertama Atasi Luka Tersiram Air Panas

Pertolongan pertama atasi luka tersiram…

Tips
Tips Pengobatan Ketombe Dengan Bahan Alami

Seperti yang kita ketahui di…

Kirim Pertanyaan
Top