Benzalkonium Chloride Fungsi Zat Amonium Sebagai Antibakteri

Share dan Tag Temanmu di :

Benzalkonium Chloride, Zat Amonium Sebagai Antibakteri

Larutan benzalkonium chloride merupakan zat biosida yang aktif melawan beberapa virus, bakteri, protozoa, dan jamur. Zat ini umumnya dipakai sebagai bahan penyusun produk kesehatan serta obat-obatan. Larutan ini bertindak dengan durasi yang cepat. Penelitian yang dilakukan tahun 1998 memakai protokol FDA, sanitasi non-alkohol menggunakan bahan aktif benzalkonium klorida menemui baku kinerja FDA, sementara Purell yakni pembersih berbasis alhokol, tidak. Penelitian ini membuktikan bahwa pembersih yang menggunakan benzalkonium klorida merupakan pembersih tangan non-alkohol paling baik.



Tidak hanya untuk produk antiseptik tubuh, benzalkonium klorida juga digunakan pada berbagai produk seperti obat tetes mata atau telinga, obat peradangan mulut dan sariawan, serta obat anti glaukoma. Benzalkonium klorida tergolong antiseptik dan disinfektan kulit, pelumas mata, serta preparat antiglaukoma. Manfaatnya sebagai antibakteri bisa digunakan baik oleh dewasa maupun anak-anak. Bentuknya bisa berupa obat oles, sabun, sampo, maupun obat tetes.


Hal yang perlu diperhatikan mengenai benzalkonium klorida adalah tidak boleh digunakan oleh perempuan yang sedang merencanakan kehamilan, sedang hamil, maupun sedang menyusui dalam bentuk obat. Namun masih bisa digunakan dalam bentuk antiseptik cair untuk kulit. Bagi yang sedang mengidap gangguan fungsi hati dan ginjal juga harus berhat-hati dalam menggunakan benzalkonium klorida. Jika zat ini berupa obat tetes mata, jangan meneteskannya saat menggunakan lensa kontak. Jika terjadi alergi, segera konsultasi dengan dokter.


Lalu bagaimana mengenai dosis benzalkonium klorida? Ini adalah salah sat zat penyusun komposisi hampir seluruh produk kesehatan dan obat-obatan. Dosis, durasi, dan frekuensi penggunaannya tergantung pada pemeriksaan dokter terhadap fisik penderita serta kondisi penyakitnya. Untuk penggunaan pada bayi dan anak-anak, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter agar mengetahui dosis yang benar.


Sebelum menggunakan benzalkonium klorida, baca dulu petunjuk pada kemasan obat, ikuti anjuran dokter, serta jangan menambah ataupun mengurangi dosis serta frekuensi sendiri. Setelah mengonsumsi benzalkonium klorida pada obat sariawan atau obat peradangan mulut, hindari minum maupun makan kurang lebih satu jam.


Bahan kimia termasuk benzalkonium klorida memiliki efek samping tertentu. Meski setiap orang memiliki reaksi yang berbeda terhadap obat tertentu, namun umumnya hal-hal berikut ini merupakan efek samping penggunaan benzalkonium klorida. Diantaranya kulit kelopak mata menjadi tampak lebih gelap, perubahan jumlah, ketebalan, warna, dan panjang bulu mata, perubahan pigmen iris mata, serta munculnya reaksi tertentu dalam bola mata.


By Diane Rosse A.Md.Keb - Obat Kimia Minggu, 01 Mei 2016 19:24:50

Related Post :
Penyakit
Mengenal Diagnosis Dan Pengobatan…

diagnosis dan pengobatan penyakit…

Daun
Manfaat Daun Jati Cina…

Selain untuk melangsingkan tubuh,…

Kesehatan
5 Fakta Sindrom Putri…

Berikut ini merupakan beberapa…

Kesehatan
Waspada! Kebiasaan di Bulan…

Sebenarnya, jika dilakukan dengan…

Penyakit
Faktor Penyebab Sakit Telinga…

Berbagai faktor penyebab sakit…

Kesehatan
Penyebab Benjolan Di Belakang…

Sebenarnya, apa penyebab benjolan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Obat Diclofenac Untuk Mengobati Inflamasi atau Peradangan

Obat diclofenac yang dipakai untuk…

Obat Kimia
Obat Pereda Gejala Asma Kimia Salbutamol

Obat Pereda Gejala Asma Kimia…

Obat Kimia
Komposisi Obat untuk Penyakit Tulang Strontium

Komposisi obat untuk penyakit tulang…

Kirim Pertanyaan
Top