Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Asam Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Bagi anda yang kini belum mengetahui informasi seputar manfaat daun asam bagi kesehatan sebaiknya anda cari informasi terkait dengan ini sekarang juga. Pasalnya, tanpa anda ketahui sebelumnya ternyata tak hanya buahnya, daunnya juga ternyata bisa di manfaatkan untuk menjaga dan mengobati segala sesuatu gangguan kesehatan yang mungkin tengah anda alami. Jika anda tertarik untuk mengetahui informasi selengkapnya, anda bisa menyimak informasi yang akan kami bahas berikut ini.


Tumbuhan asam memiliki nama latin Tamarindusindica L merupakan tumbuhan yang tidak asing lagi khususnya bagi masyarakat Indonesia. Hal tersebut karena tumbuhan yang satu ini cukup banyak di temukan di tataran wilayah nusantara. Buah asam sendiri terutama asam jawa sering kali di gunakan sebagai bumbu masak. Bahkan sebagian masyarakat juga mempercayai bahwa buah asam juga memiliki kandungan yangbaik bagi kesehatan. Namun sedikit yang mengetahui, bahwasannya selain buahnya bagian daun dari tumbuhan ini juga ternyata memiliki berbagai kandungan dan khasiat yang baik untuk tubuh.

Menurut sebuah penelitian, daun asam pada dasarnya memiliki beberapa kandungan yang baik untuk kesehatan maupun pengobatan. Adapun beberapa kandungan daun asam tersebut adalah falvonoid dan juga tanin yang di percayai mampu untuk merontokan lemak dan juga bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh meningkat maka pembakaran lemak menjadi energi juga akan menjadi lebih maksimal. Maka, bagi anda anda yang kini sedang menjalani program diet tidak ada salahnya untuk mencoba merontokan lemak di tubuh anda dengan menggunakan daun asam. Namun, selain dari pada itu manfaat daun asam bagi kesehatan pun tidak kalah luar biasanya.

Khasiat dan manfaat daun asam bagi kesehatan

1. Mengobati asma
Untuk mengobati asma dengan menggunakan daun asam sangatlah mudah. Siapkan terlebih dahulu 2 tangkai daun asam dan manfaat daun adas. Kemudian rebus kedua bahan tersebut dengan menggunakan air hingga mendidih. Setelah dingin, anda bisa mengonsumsi secara teratur sebanyak 2 kali sehari hingga kondisi anda membaik. Jika nada ingin merasakan sensasi aroma yang lebih nikmat, anda juga bisa menambahkan sedikit gula aren adau manfaat daun serai ke dalamnya.

2. Mengatasi batuk kering
Caranya siapkan terlebih dahulu beberapa helai daun asam dan setengah genggam daun saga. Rebus edua jenis daun itu dengan menggunakan 4 gelas air hingga tersisa hanya menjadi 1 gelas saja. Setelah matang, anda bisa menyaringnya dan langsung di minum dalam keadaan hangat supaya tenggorokan bisa menjadi lega.

3. Mengobati rematik
Cara mengolanya yaitu dengan menggunakan beberapa helai daun asam dan beberapa biji asam. Setelah itu tumbuk keduanya hingga menjadi halus. Dan tumbukan tersebut selanjutnya di aplikasikan pada bagian tubuh yang sakit akibat mengalami rematik. Lakukan cara ini secara teratur, agar anda mendapatkan hasil yang maksimal dan supaya rematik anda cepat sembuh.

4. Mengatasi demam tinggi
Untuk membantu mengatasi demam, anda bisa membuat ramuan rebusan daun asam dan juga daun adas pulawaras. Setelah itu, saring dan kemudian konsumsi sebanyak 2x sehari hingga demam turun.

5. Mengobati malaria
Seperti yang telah kita kethui bahwasannya penyakit malaria di sebabkan oleh nyamuk anopheles yang berjenis kelamin betina. Di dalam gigitannya tersebut malaria ini meningggalkan bakteri plasmodium falciparum. Dan di dalam daun asam sendiri terdapat kandungan antibakteri yang dapat membantu mengurangi penyebaran bahkan menghilangkan bakteri tersebut sehingga anda bisa terbebas dari penyakit malaria ini.

Selain dari pada itu, masih banyak manfaat dari daun asam lainnya seperti dapat mengobati penyakit diabetes mellitus, penyakit kuning, sakit gigi, gusi bengkak, mengatasi kram perut, nyeri haid ,mengobati radang, meningkatkan sistem imun dan lainnya. Bahkan tak hanya berkhasiat untuk kesehatan, kegunaan daun asam jawa ini pun sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah dan lainnya.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini perihal manfaat daun asam bagi kesehatan. Semoga apa yang telah kami sampikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda.

By Nida Saripah - Daun Selasa, 10 Januari 2017 14:10:02

Related Post :
Tips
Tips Diet Sehat Yang…

Tips diet sehat yang…

Kesehatan
Dampak Mengonsumsi Buah Nangka…

Nangka merupakan buah yang…

Penyakit
Mengenali Penyakit Cacar Monyet…

Meskipun jarang terjadi, namun…

Penyakit
Apakah Penyakit Asam Urat…

Apakah penyakit asam urat…

Tips
Cara Cepat Menghilangkan Kesemutan…

Cara cepat menghilangkan kesemutan…

Kesehatan
Awas! Konsumsi Kimchi Berlebihan…

Meskipun disebut sebagai makanan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Senduduk Untuk Kesehatan

Khasiat dan manfaat daun senduduk…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Sembung Untuk Kesehatan

Khasiat dan manfaat daun sembung…

Kirim Pertanyaan
Top