Bahaya Sering Minum Minuman Bersoda Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Minum minuman bersoda ketika cuaca panas bukan hanya bisa menghilangkan rasa haus saja, tapi juga bisa menyegarkan tubuh. Sehingga minuman bersoda banyak disukai oleh orang dewasa dan anak-anak. Bahkan telah menjadi kebiasaan mengkonsumsi minuman ini setiap hari. Padahal memiliki dampak buruk atau berbahaya bagi kesehatan bila terlalu sering minum minuman bersoda. Meskipun bahaya minuman bersoda tak dapat telihat secara langsung. Tapi, minuman ini mengandung zat berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan organ tubuh.


Minuman bersoda tidak memberikan dampak positif bagi tubuh. Alasannya karena minuman ini tidak mengandung vitamin, tapi mengandung kadar gula yang tinggi. Dan minuman bersoda pula mengandung pewarna berbahaya. Sehingga sangat disarankan untuk tidak sering minum minuman bersoda. Karena minuman ini tidak baik untuk kesehatan.

waspadai Bahaya Sering Minum Minuman Bersoda Bagi Kesehatan

Obesitas

Salahh satu bahaya akibat terlalu sering minum minuman bersoda adalah dapat menyebabkan obesitas. Hal ini dikarenakan minuman bersoda mengandung kadar gula yang sangat tinggi. Kandungan gula dalam satu porsi minuman bersoda sama dengan 4 kali lipat gula dalam minuman manis lainnya.  

Merusak ginjal

Minuman bersoda membuat banyak orang ketagihan untuk meminumnya lagi, bahkan minuman ini memiliki warna yang menarik. Namun dibalik warnanya yang menarik tersebut, ternyata mengandung pewarna berbahaya yang tentunya tidak baik bagi kesehatan ginal yakni bisa merusak ginjal.

Merusak gigi

Selain dapat merusak ginjal, dampak buruk akibat sering minum minuman bersoda juga bisa membuat gigi menjadi rusak dan membusuk. Hal ini dikarenakan minuman bersoda mengandung karbonisasi yang bisa merusak gigi. Untuk mengurai resiko ini, sebaiknya sikat gigi dengan teratur dan memakai sedotan ketika meminum minuman bersoda.

Tidak baik untuk kesehatan tulang

Terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda sangat tidak baik bagi kesehatan tulang, akan membuat menjadi mudah rapuh. Karena minuman bersoda ini memiliki kandungan asam fosfat yang bisa merapuhkan serta mengikis tulang. Sehingga membuat osteoporosis lebih cepat.

Gangguan pencernaan

Terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Sehingga minuman bersoda sangat tidak disarankan dikonsumsi oleh penderita maag dan orang yang sering mengalami gangguan pencernaan.  Karena bila penderita sering mengkonsumsi minuman bersoda, maka bisa menyebabkan komplikasi pada sistem pencernaan.

Meningkatkan resiko penyakit jantung

Minuman bersoda memiliki kandungan natrium yang bisa merusak kekuatan jantung. Dampak buruk sering mengkonsumsi minuman bersoda juga bisa meningkatkan resiko penyakit jantung seperti gagal jantung.

Memicu penyakit asam urat

Terlalu sering mengonsumsi minuman bersoda juga bisa memicu asam urat. Karenakan minuman ini memiliki kandungan fruktosa yang sangat tinggi, hal inilah yang bisa memicu asam urat. Bagi anda yang mengidap penyakit asam urat sebaiknya kurangi konsumsi minuman bersoda. Supaya asam urat anda tidak kambuh lagi.

Dehidrasi kronis

Dampak buruk sering minum minuman bersoda juga dapat menyebabkan dehidrasi kronis. Karena minuman ini mengandung kadar gula yang tinggi dan kafein, yang dapat menyebabkan tubuh kekurang cairan atau disebut dengan dehidrasi.

Bahaya atau dampak buruk lainnya dari sering mengonsumsi minuman bersoda adalah memicu penyakit diabetes, penuaan dini, meningkatkan produksi urin, menurunkan kualitas sperma pria, meningkatkan resiko terkena stroke, kanker, gangguan ginjal dan hipertensi.

Bagi anda yang suka minum minuman bersoda dalam setiap harinya, sebaiknya kurangi minuman bersoda janganlah terlalu sering mengonsumsi minuman tersebut karena sangat berbahaya bagi kesehatan. Apalagi pada anak-anak, bila buah hati anda ingin minum minuman bersoda jangan bunda berikan. Karena seperti yang telah dijelaskan bahwa minuman tersebut tidak baik bagi kesehatan.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Rabu, 11 Januari 2017 11:27:14

Related Post :
Kesehatan
Sayur-Sayuran Yang Bagus Untuk…

Menurunkan berat badan bisa…

Kesehatan
Pantangan Makanan Untuk Penderita…

Berikut adalah berbagai pantangan…

Tips
Cegah Hangover Setelah Minum…

Sebagian orang mungkin akan…

Kesehatan
Pertolongan Pertama Saat Vertigo…

Pertolongan pertama saat vertigo…

Penyakit
Ini yang Perlu Anda…

Kanker otak adalah tumor…

Kesehatan
Makanan yang Harus Dihindari…

Selain mengonsumsi obat penurun…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita Infeksi Saluran Kemih

Pantangan makanan bagi penderita infeksi…

Kesehatan
Bahaya Terapi Ikan Pemakan Sel Kulit Mati Garra Rufa

Dibalik manfaat yang dimilikinya untuk…

Kesehatan
Penyebab Benjolan Di Belakang Kepala Yang Harus Diwaspadai!

Sebenarnya, apa penyebab benjolan di…

Kirim Pertanyaan
Top