Penyakit Reproduksi yang Bisa Sebabkan Wanita Sulit Hamil

Share dan Tag Temanmu di :

Pada umumnya, wanita akan mengalami kehamilan. Maka dari itu, sistem reproduksi wanita lebih kompleks daripada pria. Kehamilan merupakan hal yang tentunya sangat diidamkan oleh setiap pasangan yang telah menikah. Namun, walaupun begitu, sebagian wanita tidak bisa mengalami kehamilan karena mengalami penyakit reproduksi yang bisa sebabkan wanita sulit hamil.


Terdapat beberapa penyakit reproduksi wanita yang bisa mengakibatkan hal tersebut, seperti endometriosis, uterine fibroid, dan sindrom ovarium polikistik. Selain itu, penyakit menular seksual (PMS) dan radang panggul juga diketahui bisa memicu gangguan kesuburan.

Berikut ini beberapa jenis penyakit reproduksi yang bisa sebabkan wanita sulit hamil yang perlu Anda ketahui :

Sindrom ovarium polikistis

Ini merupakan gangguan sistem endokrin yang ditandai dengan pembesaran ovarium yang berisi cairan bernama folikel. Keberadaan folikel dapat terlihatd engan pemeriksaan ultrasound. Sindrom ini bisa dikenali dari gejala haid tidak teratur, jerawat, pertumbuhan rambut yang berlebihan, dan gejala ini bisa memburuk pada orang yang mengalami obesitas.

Umumnya penanganan sindrom ovarium polikistis diikuti dengan program penurunan berat badan, sekaligus dapat menurunkan risiko jangka panjang seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Endometriosis

Endometriosis terjadi ketika dinding rahim tumbuh di luar rongga rahim. Jaringan endometriosis yang tumbuh di luar rahim bisa melekat dan tumbuh pada ovarium, tuba falopi (saluranindung telur), atau bahkan bisa menjangkau organ-organ lain dalam perut.

Endometrium akan tumbuh menjadi jaringan parut pada tempat dimana jaringan ini tertanam. Jika menempel pada tuba falopi, maka hal ini akan mempersulit saluran indung telur untuk mengeluarkan sel telur. Selain mengganggu kesuburan, penderita endometriosis sering mengeluhkan rasa sakit yang mengganggu saat haid.

Untuk mengatasi endometriosis, tindakan dokter antara lain mengangkat jaringan parut. Jika tidak berhasil, maka ada kemungkinan dokter akan merekomendasikan program bayi tabung atau In Vitro Fertilization.

Radang panggul

Penyakit radang panggul atau pelvic inflammatory disease (PID) umumnya terjadi ketika saluran reproduksi bagian atas terinfeksi bakteri dari vagina. Radang panggul dapat memicu jaringan parut. Salah satu efek jaringan parut yaitu menghambat sel telur menuju saluran indung telur, sehingga mengganggu kesuburan. Gejala yang sering dikeluhkan antara lain sakit perut bagian bawah, rasa nyeri saat berhubungan intim, atau perubahan cairan vagina.

Selain diakibatkan oleh penyakit menular seksual, radang panggul juga bisa dipicu oleh hal lain, seperti infeksi akibat keguguran atau aborsi dan efek dari alat kontrasepsi yang dimasukkan ke dalam rahim. Kebiasaan menggunakan pembersih vagina juga bisa membuat kondisi vagina berubah dan bakteri dapat dengan mudah memasuki saluran reproduksi bagian atas.

Uterine fibroid

Fibroid sebenarnya merupakan sekelompok sel jaringan rahim. Sebagian ahli menyebutkan bahwa fibroid yang tumbuh di dalam dinding atau luar rahim tidak berpengaruh terhadap proses kehamilan. Hanya saja, jika sel tersebut tumbuh di dalam rongga rahim, maka dapat mempersulit kehamilan. Sebagian ahli juga menganggap semakin besar ukuran fibroid, maka akan semakin memicu gangguan kesuburan.

Penyakit menular seksual

Penyakit menular seksual yang dapat berisiko mempersulit kehamilan, misalnya klamidia dan gonore. Klamidia dapat merusak saluran indung telur, bahkan tanpa penderitanya merasakan gejala apapun. Sedangkan gonore dapat menyumbat saluran indung telur sehingga menghambat jalan sel telur.

Dampak tersebut bisa terjadi bahkan beberapa tahun setelah seorang wanita terinfeksi penyakit menular seksual tersebut. Untuk mengatasi infeksi yang aktif dari penyakit menular seksual, dokter akan memberikan antibiotik. Tindakan lanjutan lain adalah laparoskopi. Namun, jika kerusakan sulit diperbaiki, maka dokter kemungkinan akan menyarankan program bayi tabung.

By Sri Maryati - Kewanitaan Rabu, 11 Januari 2017 14:27:42

Related Post :
Manfaat
Manfaat Daging Tupai untuk…

Memiliki bentuk yang kecil…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Ibu Hamil
Penyebab Dan Gejala Kehamilan…

Adanya kehamilan terjadi karena…

Kesehatan
Pola Hidup Sehat Bagi…

Pola hidup sehat bagi…

Tips
Cara Mengolah Bawang Putih…

Selain mengetahui khasiat bawang…

Tips
Begini Cara Terbaik Minum…

Begini cara terbaik minum…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • mengapa haid tidak lancar setelah melahirkan?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Sore dok, saya merupakan seorang wanita menikah berusia 25 tahun. 5 bulan ke belakang saya baru melahirkan anak pertama saya. Namun yang mau saya tanyakan, mestruasi saya kini tidak lancar,…

  • timbul benjolan disekitar miss V

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Selamat pagi, Baru beberapa hari ini saya mengetahui jika terdapat benjolan di sekitar miss V. benjolannya agak kecil dan terasa perih. apakah itu akan berbahaya ? bagaimana cara mengatasinya ?…

  • Mengapa Siklus Haid Tidak Teratur?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Pagi bu bidan, Saya merupakan wanita yang sudah menikah dan saya memakai alat kontrasepsi suntik Kb sudah hampir 5 bulan. Pada bulan pertama dan kedua, siklus haid saya lancar. Namun…

  • Vagina Terasa Sakit Setelah Berhungan Bersama Suami

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Siang dok, saya merupakan pasangan baru menikah 2 bulan yang lalu. Namun semenjak pertama kali berhubungan dengan suami hingga sekarang, sedudah itu vagina saya sering kali nyeri dan juga kram.…

  • darah haid menggumpal tanda penyakit apa ?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    darah haid saya menggumpal sebesar ibu jari kurang lebih itu pertanda penyakit apa ya ? saya takut tidak bisa punya anak


Kewanitaan
Tanda Dan Gejala Keputihan Abnormal

Gejala keputihan abnormal sangat penting…

Kewanitaan
Mengetahui Masa Subur Wanita Setelah Melahirkan

Mengetahui kapan waktu atau masa…

Kewanitaan
Ini Bahaya Memakai Sabun Pembersih Kewanitaan

Berikut ini bahaya memakai sabun…

Kirim Pertanyaan
Top