Ketahui Komplikasi Penyakit Radang Panggul

Share dan Tag Temanmu di :

Radang panggul (PID) merupakan infeksi pada organ reproduksi wanita yaitu komplikasi yang sering disebabkan oleh beberapa penyakit menular seksual seperti gonore , kalmidia dan infeksi lain yang tidak termasuk penyakit menular seksual juga dapat menyebabkan PID. Kadang penyakit radang panggul dapat menyebabkan masalah serius dan jangka panjang.


Apa saja bahaya atau komplikasi radang panggul?

  • Radang panggul berulang

Sebagian wanita akan mengalami episode PID berulang yang dikenal sebagai penyakit radang panggul recurrent terjadi ketika infeksi awal yang tidak diobati secara tuntas dengan berbagai alasan termasuk penggunaan antibiotik yang tidak diminum sampai habis atau karena 'pasangan' belum diperiksa serta diobati.

Apabila kerusakan saluran tuba atau rahim berulang terjadi, maka akan lebih mudah bagi bakteri untuk menginfeksinya lagi sehingga membuat seorang wanita lebih rentan untuk terkena radang panggul. Apabila PID sering berulang, maka dapat meningkatkan resiko kemandulan (infertilitas).

  • Abses

Selain itu, radang panggul juga dapat menyebabkan koleksi cairan nanah pada saluran tuba dan ovarium yang disbeut sebagai abses.

Abses dapat diobati dengan antibiotik, namun terkadang untuk menghilangkannnya memerlukan operasi laparoskopi. Serta cairan nanah ini terkadang dapat dibuang dengan menggunakan jarum yang dipandu dengan ultrasound.

  • Neyri panggul kronis (jangka panjang)

Sebagian wanita dengan radang panggul akan mengembangkan sakit disekitar panggul dan perut bagian bawah dalam jangka panjang, tentunya dapat menyebabkan masalah seperti depresi serta sulit tidur.

Apabila anda mengembangkan nyeri panggul kronis, dokter akan memberikan obat menghilangkan rasa sakit untuk membantu mengontrol gejala dan menganjurkan beberapa pemeriksaan termasuk pemeriksaan penunjang untuk menentukan penyebabnya.

  • Kehamilan diluar kandungan (ektopik)

Kehamilan yang terjadi ketika telur yang telah dibuahi seharusnya menempel pada rahim bukan dluar rahim biasanya disalah satu saluran tuba.

Hal ini terjadi karena radang panggul menginfeksi saluran tuba dapat melukai lapisan bahkan menimbulkan jaringan parut sehingga lebih sulit untuk melaluinya. Apabila telur yang telah dibuahi terjebak dan mulai tumbuh didalam tabung falopi maka kelamaan tuba falopi dapat hancur yang dapat menyebabkan pendarahan internal yang parah serta mengancam nyawa.

Oleh sebab itu, obat untuk menghentikan pertumbuhan sel telur atau dengan operasi untuk menghilangkan kehamilan ektopik sangan dianjutkan bila anda mengalaminya.

Selain menyebabkan kehamilan ektopik, abses atau jaringan parut pada tuba falopi juga bisa membuat wanita sulit hamil karena alasan yang sama yakni telur tidak bisa lewat dengan mudah kedalam rahim.

Terkadang tuba falopi yang rusak atau tersumbat dapat diobati dengan pembedahan, namun jika hal ini tidak berhasil dan anda ingin memiliki momongan, solusinya yaitu menggunakan tehnik bayi tabung dilakukan dengan prosedur pengangkatan sel telur dari ovarium wanita dan membuahi dengan sperma yang dilakukan di lab, kemudian dilakukan penanaman telur yang telah dibuahi kedalam rahim.

Sehingga tehnik ini bisa membantu wanita untuk hamil jika tidak bisa memiliki secara alami, tetapi perli diketahui bahwa tehnik ini tingkat keberhasilannya tidak terlalu tinggi.

Radang panggul dapat diobati secara tuntas dan hasil akan lebih baik jika segera dilakukan setelah di diagnosis sejak dini. Tetapi, pengobatan tidak akan memperbaiki kerusakan yang terlah terjadi pada organ reproduksi. Semakin lama anda menunggu untuk mendapatkan pengobatan, maka kemungkinan semakin besar terjadi komplikasinya.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui gejala penyebab radang panggul sejak dini supaya secepantnya segera melakukan pemeriksaan dan pengobatan.

Selama masih minum obat antibiotik, kemungkinan gejala radang panggul akan hilang sebelum infeksi sembuh bahkan bila tidak ada lagi gejala, maka anda harus tetap minum obat sampai habis. Beritahu pasangan anda sehingga dapat dites dan diobati juga karena bila tidak makan akan terjadi fenomena pingpong.

By Ana Rediana - Penyakit Kamis, 12 Januari 2017 08:24:29

Related Post :
Kesehatan
Jangan Abaikan Garis Hitam…

Jangan abaikan dengan garis…

Kesehatan
Rangkaian Tes untuk Mendiagnosis…

Untuk mendiagnosis penyakit kanker…

Kesehatan
Buah-Buahan Yang Bagus Untuk…

Bagi orang yang sedang…

Penyakit
Mengenal Gejala Penyebab Dan…

Informasi tentang rabun dekat…

Penyakit
Gejala Penyakit Alzheimer Pada…

Gejala penyakit alzheimer sangat…

Penyakit
Mengenal Lebih Dekat Penyakit…

Penyakit osteoporosis atau pengoroposan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Kesehatan

    0 Balasan

    Penyakit

    apa qnc dpt menyembuhkan benjolan di vagina

  • konsultasi

    0 Balasan

    Penyakit

    Apakah detak jantung yang tidak beraturan dapat disembuhkan dengan Kelly gamat

  • penggunaannya

    0 Balasan

    Penyakit

    Suami sy skrg ini pakai kolostomi bag kmd ada peradangan pd stoma shg hb turun jadi 6,5 krn ada darah yg keluar pd wkt bab di kantong. Apakah jelly gamat…

  • sakit liver karena hepatitis b

    1 Balasan

    Penyakit

    Hasil USG dari rumah sakit menunjukan sakit liver yang sudah tahapan sirosis, sudah melakukan pengobatan danrutin minum obat dari dokter, tetapi kenapa setiap malam perut masih mengalami sakit yang hebat…

  • Sariwan

    1 Balasan

    Penyakit

    Saya sudah mengalami sariwan 2 minggu yang begitu bengkak. Ada lagi tubuh tapi msih kecil


Penyakit
Gejala Penyebab Dan Cara Mencegah Darah Tinggi

Mengetahui penyebab dan gejala darah…

Penyakit
Penyebab Dan Tanda Gejala Penyakit Hipospadia

Penyebab dan tanda gejala penyakit…

Penyakit
Jenis-jenis Penyakit Yang Menyerang Usus

Jenis-jenis penyakit yang menyerang usus…

Kirim Pertanyaan
Top