Manfaat Daun Mint Untuk Diet Serta Resep Pengolahannya

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun mint telah terkenal sebagai salah satu sumber antioksidan yang tertinggi. Sehingga sangat baik jika anda mengonsumsinya sebagai bahan masakan dalam menu harian anda, yang dapat menurunkan kadar asupan natrium maupun garam. Mint atau yang di kenal juga dengan dengan mentha ini merupakan salah satu jenis atau kelompok tanaman dari 29 jenis tanaman yang termasuk ke dalam peppermint dan spearmint. Minyak daun mint sendiri banyak di gunakan dalam pasta gigi, permen karet serta produk kecantikan. Sementara itu, daun segar dan daun keringnya sering kali di gunakan sebagai bahan makanan atapun bahan teh.


Adapun kandungan gizi 2 sendok makan daun mint adalah 2 kalori, 0.12 gram protein, 0.48 gram karbohidrat, 0.03 gram lemak, san 0.030 gram serat. Selain dari pada itu, daun mint juga mengandung kandungan lainnya seperti kalium, magnesium, kalsium, fosfor, vitamin C dan vitamin A.

Maka dari itu, jelas mafaat daun mint untuk kesehatan bukanlah hanya sekedar mitos belaka melainkan sebuah fakta. Seperti halnya dapat mengatasi gejala alergi, mengatasi gejala flu atau batuk biasa, mengatasi masalah pencernaan. mengobati Irritable Bowel Syndrome (IBS), serta mengatasi berbagai masalah kulit.

Namun hal itu, bukan menjadi topik pembahasan yang akan kami sajikan pada kesempatan kali ini. Melainkan kami akan menginformasikan Khasiat serta manfaat daun mint untuk diet dan resep pengolahannya. Pastinya anda belum mengetahui informasi yang satu ini bukan? untuk itu, simak informasi berikut ini selengkapnya.

Khasiat dan manfaat daun mint untuk diet serta resep pengolahannya

Sudahkan anda merasakan daun yang satu ini? Ya, rasanya yang segar dan dingin, ternyata dapat membantu menyukseskan anda dalam membakar kalori di dalam tubuh. Menurut seorang ahli nutrisi dan diet yang bernama Cynthia Sass, rasa yang di miliki oleh mint dapat mencegah anda mengidam atau menginginkan cemilan di tengah malam. Hal tersebut di karenakan mint sendiri memiliki daya penambah napsu makan natural yang mampu unuk mempertahankan hasrat makan tersebut.

Maka dari itu, menambahkan daun mint adalah salah satu cara terbaik untuk menambahkan rasa ke dalam masakan maupun minuman anda tanpa kalori, lemak dan juga natrium. Daun mint juga merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang memiliki batang yang lembut yang sangat baik untuk memperbaiki tekstur dan rasa yang enak pada masakan. Bahkan di berbagai negara timur tengah daun mint selalu di gunakan untuk membumbi hidangan masak mereka terutama pada salad domba, sup dan juga sayuran. Anda juga bisa mencampurkan limun daun mint dengan air jeruk nipis.

Menurut penelitian yang di lakukan oleh Wheeling Jesuit University, Amerika Serikat, aroma yang terdapat dalam daun mint nyatanya dapat membantu mengurangi napsu makan. Sehingga mereka yang rutin mengonsumsi daun mint cenderung akan mengurangi kalori yang di asup melalui makanan sebesar 2.800 kl lebioh sedikit setiap minggunya.

Bahkan tak hanya membantu pembakaran lemak di dalam tubuh saja, manfaat daun mint untuk diet menurunkan berat badan ini juga dapat mengatasi berbagai persoalan yang menyertai saat mereka menjalani diet. Beberapa diantaranya:

- Mengaktifkan kelenjar ludah serta beberapa enzim pencernaan di dalam tubuh. Sehingga dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan mulai dari mual hingga sakit kepala.
- Stres dan depresi. Pada saat menjalani program diet dan tidak ingin mengalami kondisi tersebut anda bisa mengatasi dengan menghirup aroma daun mint.
- Gangguan pernapasan. Masalah kesehatan yang satu ini juga bisa di usir dengan mengunyah daun mint.

Untuk mengolah daun mint menjadi sebuah wamuan jamu untuk diet menurunkan berat badan, anda bisa mempersiapkan terlebih dahulu bahan yang di siapkan seperti 8 gelas air, 1 sdt parutan jahe, satu buah mentimun, satu buah lemon dan 12 lembar daun mint. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  • Ambil mentimun, kupas dan parut.
  • Rambahkan perasan air lemon
  • Tumbuh 12 lembar daun mint hingga halus dan taruh pada piring yang terpisah.
  • Campuaran semua bahan dengan 1 sdt parutan jahe, lalu masukan ke dalam lemari es dan biarkan selama semalan.
  • Tambah 8 gelas air di pagi hari.
  • Minum jus ini selama sehari, setiap kali anda merasa haus.
  • Lakukan ini selam 4 hari berturut turut untuk mencairkan lemak di dalam tubuh.

Adapun cara paling termudah untuk memanfaatkan daun mint untuk diet adalah menjadikannya sebagai infuse water yang juga di tambakan irisan lemon ke dalamnya. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan seputar manfaat daun mint untuk diet pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang telah kami informasikan dapat bermanfaat bagi anda.

By Nida Saripah - Daun Kamis, 12 Januari 2017 13:44:04

Related Post :
Kesehatan
Mata Terasa Kering? Ketahui…

Informasi tentang penyebab mata…

Kesehatan
Menakutkan! Ini Segudang Bahaya…

Menakutkan! Ini segudang bahaya…

Tips
Cara Mengatasi Bayi Yang…

Cara mengatasi susah buang…

Alami
Obat Batuk Kering Alami…

Obat batuk kering alami…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Mengenal khasiat dan manfaat…

Tips
Obat Alami Batu Ginjal…

Obat Alami Batu Ginjal…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Daun belalai gajah

    0 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?

  • obat herbal utnuk penyakit kanker payudara

    0 Balasan

    Daun

    slamat sore,,, untuk pengobatan alami kanker payudara dgn menggunakan daun meniran or daun sirsak,, kl daun meniran diminum brp gelas sehari -- dan bagaimana cara meramunya direbus brp banyak daunnya…


Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Asam Bagi Kesehatan

Mengenal khasiat dan manfaat daun…

Daun
Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun Ekor Naga Untuk Kesehatan

Khasiat dan manfaat daun ekor…

Kirim Pertanyaan
Top