Tanda Dan Ciri-Ciri Gejala Osteoporosis Yang Perlu Anda Ketahui

Share dan Tag Temanmu di :

Setelah pada kesempatan sebelumnya kita membahas tentang penyebab osteoporosis, sekarang giliran kita untuk mengetahui berbagai tanda maupun gejala osteoporosis secara menyeluruh terutama pada wanita yang lajut usia. Sehingga anda dapat lebih mengenal dan mewaspadai penyakit yang satu ini.


Penyakit osteoporosis sejatinya terjadi secara bertahap dalam beberapa tahun tanpa diiringi gejala yang jelas. Namun, kondisi ini baru bisa terdeteksi pada saat seseorang mengalami keretakan tulang. Bahkan jika seseorang telah menderita penyakit yang satu ini, terbentur atau terjatuh dari posisi duduk atau posisi berdiri, membuat tulang anda berisiko retak. Hal tersebut di karenakan kepadatan tulang penderita osteoporosis jauh berkurang sehingga tulang mereka keropos dan mudah retak.

Pada umumnya, penyakit ini tidak menimbulkan rasa sakit, terkecuali jika telah terjadi keretakan tulang. Dan jika anda merasakan sakit punggung secara berkepanjangan, bisa saja kondisi tersebut adalah gejala dari osteoporosis. Bahkan kondisi ini juga dapat berdampak pada pernapasan anda akibat terbatasnya ruang untuk paru-paru berkembang.

Adapun gejala utama yang nampak jelas pada penderita osteoporosis adalah postur punggung yang membungkuk dan sering terlihat pada orang lanjut usia. Postur ini terjadi karena pengeroposan pada tulang yang terjadi pada tulang belakang, yang membuat tulang punggung sangat sulit untuk menahan tubuh. Selain dari pada itu, ciri-ciri osteoporosis lainnya adalah sebagai berikut:

  • Nyeri punggung. Jika anda sering mengalami nyeri punggung berkepanjangan, terdapat kemungkinan kondisi tersebut adalah salah satu dari tanda awal anda terkena osteoporosis. Nyeri punggung akibat osteoporosis tersebut pada umumnya di akibatkan dari fraktur vertebrae.
  • Tulang membungkuk. Kondisi ini sering kali terjadi pada penderita osteoporisis akibat akibat adanya fraktur kompressi atau terjadinya kolaps.
  • Tulang melemah. Kondisi ini di tandai dengan rasa kepayahan yang anda alami saat naik tangga atau kekuatan untuk mengangkat beban semakin berkurang.
  • Tinggi badan menurun. Biasanya penurunan terjadi sebanyak 3 cm selama 3 tahun. Kondisi ini umumnya di sebabkan akibat adanya fraktur vertebrae, yang menjadikan tubuh penderitanya sedikit membungkuk seiring pertambahan usianya.
  • Tulang rapuh. Kondisi ini sering kali menjadikan tulang semakin rapuh dan patah meski hanya melakukan hal ringan, seperti jatuh biasa, mendorong mengangkat dan lainnya.
  • Patah tulang. Kondisi patah tulang ini juga sering kali menjadi gejala osteoporosis yang di alami oleh penderitanya.
  • Dowager's Hump. Adalah keadaan dimana tulang belakang menjadi lebih condong ke depan. Kondisi ini umumnya di alami oleh penderita osteoporosis yang telah mengalami kompresi pada tulang belakang.
  • Perut membuncit. Karena tulang belakang yang membentuk kurva, sehingga mendorong organ tubuh  yang ada di depannya untuk lebih maju ke depan.
  • Stress Fractures. Adalah keadaan patah tulang kecil dan tidak bersifat parah. Meski jarang di alami oleh penderita osteoporosis, namun jika kondisi ini hingga di abaikan maka dapat menimbulkan rasa sakit dan komplikasi seperti arthritis. Kondisi ini umumnya sering kali terjadi pada saat sedang menjalani aktivitasnya sehari-hari, seperti halnya jalan kaki.

Dalam kasus yang parah, batuk ataupun bersin ringan saja dapat menyebabkan keretakan tulang pada salah satu tulang rusuk ataupun tulang belakang. Maka dari itu, sebelum terlambat, jika anda mengalami beberapa gejala osteoporosis yang telah di sebutkan tadi, harap segera memeriksakan diri anda ke dokter untuk mengetahui diagnosis kesehatan anda secara tepat.

By Nida Saripah - Penyakit Jum'at, 13 Januari 2017 08:43:13

Related Post :
Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Inilah berbagai khasiat dan…

Kesehatan
Waspadai Acanthosis Nigricans Atau…

Waspadai acanthosis nigricans atau…

Kesehatan
Ini Penyebab Penglihatan Mata…

Penglihatan mata kabur? waspadai…

Penyakit
Infeksi Saluran Pernafasan dan…

infeksi saluran pernafasan merupakan…

Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Goji…

Goji berry adalah buah…

Penyakit
Jenis-Jenis dan Risiko Penularan…

Penyakit kutil dilihat dari…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Gejala Kanker Kandung Kemih Dan Cara Mendiagnosanya

Kanker kandung kemih merupakan kondisi…

Penyakit
Penyebab dan Gejala Gangguan Kerongkongan Akalasia

Mengetahui penyebab dan gejala gangguan…

Penyakit
Hati-Hati! Penyakit Ini Mengintai Wanita Setelah Menopause

Pasca menupause merupakan saat-saat tersulit…

Kirim Pertanyaan
Top