Jenis-jenis Buah Berry Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Banyak sekali buah-buahan yang termasuk dalam jenis buah berry diantaranya blueberry, cranberry, strawberry, raspberry, blackberry, goji berry dan mulberry. Kesemua jenis buah berry tersebut memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Namun masih banyak orang tidak mengetahui manfaat buah berry. Bahkan di indonesia tingkat konsumsi buah berry masih sedikit.


Sama seperti buah-buahan yang lainnya, buah berry juga memiliki banyak kandungan diantaranya ellagic acid, anthocyanin, flavonoid, vitamin, mineral dan serat. Kandungan serat dan mineral seperti potassium dan magnesium berfungsi untuk menjaga kesehatan sistem saraf dan metabolisme tubuh. Sedangkan kandungan ellagic, anthocyanin dan flavonoid berfungsi untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh manusia.

Jenis-jenis Buah Berry Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Blueberry

Blueberry adalah sala satu buah yang termasuk dalam kelompok berry. Buah ini berwarna biru keunguan sedangkan daging buahnya berwarna putih. Kandungan yang terdapat pada buah berry diantaranya anthocyanin, mangan, vitamin B6, vitamin K, serat, polifenol, vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Kesemua kandungan tersebut memberikan efek baik bagi kesehatan diantaranya menurunkan resiko penyakit jantung, menurun resiko kanker, sangat penting untuk kesehatan otak, dan menguatkan tulang.

Cranberry

Beragam kandungan yang terdapat pada buah cranberry diantaranya flavonoid, phenolic acid, anthocyanin, vitamin C, vitamin E, vitamin K dan serat. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kandungan flavonoid, phenolic acid, anthocyanin  berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Sedangkan kandungan serat yang tedapat pada buah cranberry sangat baik untuk kesehatan saluran pencernaan.

Strwaberry

Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah strawberry lebih banyak dibandingkan dengan buah jeruk. Selain itu, strawberry juga memiliki kandungan gizi anthocyanin, phenolic acid, mangan, fiber, kalium, folat dan asam egallic. Sehingga tidak heran buah strawberry ini sangat baik bagi kesehatan. Manfaat yang didapat bila strawberry dikonsumsi setiap hari adalah dapat mengobati diare, menurunkan kadar kolesterol, mengurangi gejala stroke, dan baik untuk kesehatan kulit.   

Raspberry

Buah raspberry bisa dikonsumsi secara langsung dalam keadaan segar, diolah jadi jus, sebagai taburan yoghurt dan bisa juga dicampurkan dengan buah yang lainnya untuk dijadikan salad. Selain enak dimakan, buah ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan diantaranya menangkal radikal bebas yang bisa mengakibatkan terjadinya kanker, masalah kulit, penyakit kronis dan penuaan dini. Hal ini dikarenakan raspberry mempunyai kandungan antioksidan, asam salisilat dan flavonoid. Selain itu juga mengandung vitamin c, vitamin K, vitamin E dan serat.

Blackberry


Blackberry merupakan buah yang termasuk dalam kelompok berry. Buah ini berwarna ungu tua. Blackberry tidak hanya memanfaatkan buahnya saja, tapi akar dan daun juga bisa dimanfaatkan. Manfaat buah blackberry bagi kesehatan diantaranya menjaga kesehatan kardiovaskular, mengatasi masalah diare, wasir dll. Hal ini dikarenakan blackberry kaya akan kandungan antioksidan, serat, mineral, vitamin C dan vitamin K.    

Goji berry

Goji berry mengandung beta-karoten yang banyak dibandingkan dengan wortel. Selain itu, kaya akan zat besi. Seperti yang telah kita ketahui bahwa kekurangan zat besi dapat menyebabkan lemas dan anemia. Oleh karena itu cukupi asupan zat besi dengan mengkonsumsi makanan seperti bayam, goji berry dan sayuran serta buah-buahan lainnya.

Mulberry


Mulberry atau disebut juga dengan buah murbei merupakan tanaman dari keluarga moraceace. Selain diolah menjadi selai dan bahan kue, ternyata buah mulberry ini sangat baik untuk kesehatan dintaranya menjaga serta meningkatkan kesehatan jantung, vitalitas tubuh, menurunkan risiko tumor dan kanker. Adapun kandungan gizi yang terdapat pada buah mulberry dapat memberikan efek baik bagi kesehatan diantaranya antioksidan, vitamin C, Vitamin A, asam folat, asam amino, dan vitamin B1.

Itulah jenis-jenis buah berry dan manfaatnya bagi kesehatan. Semoga setelah mengetahui manfaat buah berry tersebut, banyak masyarakat indonesia yang mengonsumsi buah berry.

By Rizka Ardiana - Manfaat Jum'at, 13 Januari 2017 11:03:22

Related Post :
Kesehatan
Komplikasi Penyakit Bronkitis Yang…

Berikut adalah berbagai komplikasi…

Manfaat
Jangan Buang Biji Buah-Buahan!…

Informasi seputar khasiat dan…

Obat Kimia
Obat Kumur Hexadol Mengobati…

nama Obat Kumur Hexadol…

Obat Kimia
Obat Cimetidine untuk Mengatasi…

Cimetidine merupakan salah satu…

Kesehatan
Bahaya Sering Memakai Celana…

Bahaya sering memakai celana…

Obat Kimia
Obat Penurun Kadar Kolesterol…

Obat penurun kadar kolesterol…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Memanfaatkan Kebaikan Kacang Edamame Bagi Kesehatan

Kacang edamame atau disebut juga…

Manfaat
Kandungan Manfaat Anggur Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan manfaat anggur untuk menjaga…

Manfaat
Kirim Pertanyaan
Top