Tips Jitu Hentikan Bayi Menangis yang Belum Diketahui

Share dan Tag Temanmu di :

Bayi belum bisa berbicara secara langsung untuk menyampaikan berbagai hal yang diinginkan atau dirasakannya, seperti saat dia merasa sakit, haus, lapar, atau ketika tidak nyaman karena popoknya yang basah. Semua hal tersebut akan ia sampaikan melalui tangisan.


Mendengar bayi yang menangis terus menerus mungkin akan membuat orangtua merasa panik dan tertekan. Dengan mengetahui penyebab tangisan tersebut, mungkin bisa meredakan sedikit rasa stress Anda. Namun, selain itu, biasanya para orangtua juga sering melakukan berbagai cara untuk menenangkan si kecil yang terus menerus menangis, mulai dari menggendongnya, memberinya susu, atau mengganti popoknya.

Namun, setelah melakukan berbagai cara, suara tangisan bayi masih saja keluar dari bibir mungilnya. Jangan khawatir, Anda bisa mencoba beberapa tips jitu hentikan bayi menangis berikut yang mungkin belum Anda ketahui :

  • Ajak dia keliling naik kendaraan

Mengajak si kecil untuk bergerak bisa dijadikan cara untuk menghentikan tangisannya yang tidak kunjung berhenti. Hal ini juga bisa mengingatkannya akan suasana damai ketika dalam kandungan. Anda bisa mengajaknya untuk berkeliling naik kendaraan mengelilingi lingkungan sekitar tempat tinggal Anda. Jika tidak memungkinkan untuk berkendara, Anda juga bisa menaruh si kecil di stroller lalu mengajaknya menelusuri area rumah Anda.

  • Mandikan

Cara ini sering digunakan dan dianggap berhasil untuk menenangkan si kecil yang terus menerus menangis. Alasannya, karena bayi dapat merasa tenang ketika mendengar suara gemericik air. Selain itu, saat mandi juga kulit si kecil akan bersentuhan dengan air dan kulit Anda yang hangat. Kontak kulit ini juga bisa membuatnya tenang. Walaupun begitu, jangan terlalu sering memandikannya. Karena bersentuhan dengan air terlalu sering bisa membuat kulitnya menjadi kering.

  • Pijat bayi

Sentuhan kulit dengan halus dan menenangkan saat melakukan pijatan pada bayi dipercaya dapat mengurangi tangisan dan membuat bayi tidur lebih baik. Cukup buka pakaian bayi dan berikan pijatan lembut pada kaki, tangan, punggung, dada, dan wajah.

  • Matikan lampu

Ketika bayi menangis, coba Anda matikan atau buat suasana ruangan menjadi lebih redup. Hal tersebut bisa membuatnya tenang layaknya berada di dalam kandungan.

  • Putar ulang suara tangisannya

Menghadirkan sesuatu yang mengejutkannya, seperti memutar ulang suara tangisannya sendiri yang telah direkam bisa menghentikan tangisannya.

  • Dengarkan sesuatu yang berisik

Ketika masih didalam kandungan, bayi terbiasa mendengar suara-suara berisik seperti ketika Anda menelan makanan, jantung yang berdetak, dan derasnya aliran darah dalam tubuh. Suara berisik tersebut ternyata bisa membuatnya tenang selama berada didalam tubuh Anda.

Anda bisa menghadirkan nuansa itu kembali ketika ia terus-menerus rewel. Suara-suara gaduh yang bisa Anda perdengarkan ke si kecil seperti suara kipas angin, suara mesin cuci, suara radio, atau suara vacuum. Rekam suara-suara tersebut di ponsel Anda kemudian mainkan ketika si kecil menangis. Pastikan untuk menjaga suara tersebut agar tidak terlalu keras atau terlalu dekat dengan bayi.

Namun, perlu diperhatikan, ketika Anda berusaha menghentikan tangisan bayi, jangan menerapkan semua tips tersebut secara langsung. Hal tersebut justru bisa membuatnya bingung dan tetap meneruskan tangisannya. Disarankan untuk mencoba satu atau dua trik dalam waktu tertentu. Jika cara tersebut berhasil, maka lakukan trik yang sama ketika ia menangis.

By Sri Maryati - Ibu Dan Anak Jum'at, 13 Januari 2017 13:51:08

Related Post :
Tips
Cara Mudah Hindari Mabuk…

Bagi Anda yang tengah…

Penyakit
Penyebab Dan Gejala Kista…

Penyebab dan gejala kista…

Daun
Manfaat Daun Talas Untuk…

Selain di jadikan pakan…

Kesehatan
Pantangan Makanan Saat Sariawan…

Berikut adalah beberapa pantangan…

Kesehatan
Metode Pengobatan Ayurveda Dari…

Ayurverda biasa dikenal oleh…

Tips
Cara Ampuh Mengatasi Migrain…

Cara ampuh mengatasi migrain…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…

  • Manfaat faksin untuk bayi dan balita

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok, saya mau bertanya sebenarnya apa sih manfaat vaksin untuk bayi maupun balita? bagaimana jika anak ketinggalan salah satu vaksin, apa vaksin selanjutnya ganda atau bagaimana?

  • cara mengatasi luka memar pada kulit anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok, anak saya sekarang berusia 1 tahun dan sudah mulai belajar untuk berjalan. anak saya sering sekali terjatuh, sehingga ada beberapa luka memar warna biru keunguan di kulitnya. adakah cara…


Ibu Dan Anak
Waspadai Gejala Penyakit Diabetes Pada Anak Sejak Dini

Waspadai gejala penyakit diabetes pada…

Ibu Dan Anak
Jenis Makanan Untuk Demam Berdarah Pada Anak

Jenis makanan untuk demam berdarah…

Ibu Dan Anak
Waspada! Memar pada Anak Bisa Jadi Tanda Hemofilia

Bunda jangan biarkan lebam yang…

Kirim Pertanyaan
Top