Benzoyl Peroxide Obat Untuk Mengatasi Jerawat

Share dan Tag Temanmu di :

Benzoyl Peroxide, Obat Untuk Mengatasi Jerawat

Jerawat merupakan hal yang akrab pada kulit wajah terutama bagi kalangan remaja. Karena adanya perubahan hormon, jerawat umumnya muncul saat usia belasan. Pada remaja perempuan, jerawat rentan timbul pada wajah sebelum maupun ketika sedang menstruasi. Selain karena perubahan hormon, jerawat bisa muncul karena wajah sering terkena polusi namun jarang dibersihkan, bisa juga karena kurang menjaga asupan makanan. Jerawat akan mudah diobati menggunakan benzoyl peoxide yang kegunaan utamanya adalah untuk mengurangi inflamasi, membunuh bakteri, serta membantu membuka pori-pori kulit yang tertutup.



Jika dikombinasikan dengan antibiotik, benzoyl peroxide memerlukan resep dokter. Namun jika tidak, obat ini bisa bebas digunakan. Umumnya obat ini berupa gel, krim, maupun obat oles. Beberapa hal dibawah ini sangat perlu diperhatikan dalam menggunakan benzoyl peroxide. Seperti harus berkonsultasi dulu kepada dokter jika digunakan oleh perempuan hamil maupun perempuan yang sedang menyusui, tidak menggunakannya pada kulit yang sedang iritasi, eksim, luka, maupun gangguan kulit lain, hindarkan kontak dengan mulut, hidung, serta membran mukosa lain, hindari terkena paparan sinar matahari terlalu lama karena kulit akan menjadi lebih sensitif selama menggunakan obat ini hindari penyebab munculnya jerawat.

Penggunaan benzoyl peroxide adalah dengan mengoleskannya pada kulit yang berjerawat satu atau dua kali dalam sehari sampai jerawat mengecil dan menghilang. Sebelum menggunakannya, pastikan membaca petunjuk yang ada pada kemasan obat serta ikuti anjuran dokter. Setelah mengolesi benzoyl peroxide pada kulit, jangan bersihkan kulit selama satu jam. Karena kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari selama menggunakan obat ini, gunakan tabir surya jika akan beraktivitas di luar.

Jika akan menggunakannya pada bagian leher maupun kulit lain yang lebih sensitif misal sekitar mulut dan mata, harap lakukan dengan sangat hati-hati. Benzoyl peroxide bisa membuat rambut menjadi putih, juga memutihkan kain berwarna, maka hati-hati saat memakainya. Hindari kontak langsung dengan pakaian Anda.

Ada beberapa macam obat ini yang bisa dibeli dengan bebas, ada pula yang perlu resep dokter. Baca kemasan sebelum digunakan. Rata-rata obat ini harus dikocok sebelum dioleskan ke bagian wajah yang berjerawat. Meski cukup ampuh untuk mengobati jerawat, Benzoyl Peroxide memiliki efek samping. Diantaranya iritasi, kulit kering, kulit mengelupas, kulit menjadi kemerah-merahan, serta adanya sensasi terbakar pada kulit.

Jika Anda mengalami efek samping yang disebutkan dan hal tersebut terjadi berkepanjangan, segera temui dokter untuk berkonsultasi.

By Diane Rosse A.Md.Keb - Obat Kimia Minggu, 01 Mei 2016 19:33:08

Related Post :
Tips
Inilah Cara Memasak Mie…

Cara memasak mie instan…

Tips
Pertolongan Pertama Saat Keseleo

Pertolongan Pertama Saat Keseleo…

Alami
Atasi Sembelit Dengan Ramuan…

Cara mengobati sembelit secara…

Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Okra…

Beragam manfaat yang akan…

Tips
Cara Menambah Berat Badan…

Tips dan cara menambah…

Penyakit
Menyeramkan! Ini Bahaya Komplikasi…

Menyeramkan! Ini bahaya komplikasi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Obat Clozapine Untuk Menangani Gejala Psikosis

Psikosis merupakan sekumpulan gejala gangguan…

Obat Kimia
Rekomendasi Nama Obat Gatal pada Kulit di Apotik

Selain dengan obat resep dokter,…

Obat Kimia
Dosis Obat Anti Inflamasi Non-Steroid Ibuprofen

Dosis Obat Anti Inflamasi Non-Steroid…

Kirim Pertanyaan
Top