Penyebab Gejala Awal Usus Buntu dan Pengobatan

Share dan Tag Temanmu di :

Appendix atau lebih dikenal usus buntu merupakan suatu organ yang menempel pada usus besar dan berada dibagian perut bawah sebelah kanan karena bagian usus ini tidak bisa dilewati oleh makanan seperti tulang ekor dan usus buntu ini organ sisa evolusi manusia yang fungsinya belum banyak diketahui.


Menurut hasil penelitian mengatakan bahwa usus buntu tidak berperan dalam sistem pencernaan manusia melainkan berperan dalam membantu sistem kekebalan tubuh.

Usus buntu dengan istilah medis apendistis akan mengalami peradangan dan infeksi yang akan membengkak dan menyebabkan rasa nyeri juga rasa terbakar pada bagian perut.

Biasanya usus buntu diderita oleh pria dan wanita dengan rentan usia 10 hingga 30 tahun. Usus buntu bisa disembuhkan dengan pengobatan secara rutin seperti dengan obat herbal, tetapi apabila organ sudah rusak serta parah maka usus buntu harus diangkat dengan merode operasi.

Penyebab Usus Buntu Disebabkan Karena Beberapa Faktor, Diantaranya:

  • Pola makan tidak sehat akan mempengaruhi kerja saluran pencernaan sehingga memicu masuknya bakteri serta penyakit kedalam tubuh.
  • Sering menunda waktu makan bisa mengakibatkan lambung kosong dan mengeluarkan asam lambung berlebih sehingga dapat berbahaya bagi kesehatan lambung dan organ pencernaan lain seperti usus.
  • Bakteri pathogen infeksi yang masuk melalui saluran pencernaan dapat menyebabkan infeksi pada usus. Jenis bakteri seperti salmonella dan E.coli dapat menyebabkan usus buntu karena bakteri tersebut akan memakan sisa makanan yang lewat dalam saluran pencernaan dan meninggalkan kotoran (residu) dalam usus buntu yang berdinding tipis yang disebabkan oleh bakteri ini kelamaan akan menyebabkan iritasi usus.
  • Sering konsumsi makanan asam dan pedas dapat menyebabkan diare dan iritasi usus. Karena saat makanan pedas masuk ke saluran pencernaan, tubuh akan lebih banyak mengeluarkan cairan yang menyebabkan diare.
  • Kurang mengonsumsi serat mengakibatkan kesehatan organ pencernaan seperti sembelit, dan gangguan pergerakan sisa makanan yang akibatnya tersumbatnya usus buntu dan akan mengalami infeksi.

Gejala Usus Buntu

Gejala awal usus buntu biasanya rasa sakit pada bagian perut kanan bawah menjalar ke perut tengah dan menimbulkan rasa terbakar serta bertahan selama beberapa jam kemudian menghilang.

Berikut ini Beberapa Gejala Tanda Seorang Mengalami Usus Buntu:

  • Nyeri perut

Telah disebutkan sebelumnya gejala awal penyakit usus buntu yaitu nyeri perut. Pada saat organ pencernaan terinfeksi, sistem kekebalan tubuh akan menghasilkan suatu protein yang disebut histamin inilah yang menyebabkan rasa sakit pada perut yang sering disalah artikan sebagai sakit pada lambung atau sakit karena menstruasi.

  • Perut membengkak

Hal ini karena adanya akumulasi gas yang dihasilkan oleh sistem pencernaan yang tersumbat dan tidak dapat dikeluarkan. Perut membengkak merupakan komplikasi dari membesarnya organ hati yang berperan dalam proses detoksifikasi.

  • Diare

Jika seorang menderita diare biasanya tanda bahwa akan mengalami masalah pada sistem pencernaan. Ketika terjadi infeksi pada usus buntuk, usus besar akan kehilangan kemampuan untuk menyerap kembali cairan dalam sisa makanan sehingga tinja menjadi cair.

  • Mual Muntah

Saat organ usus buntu terinfeksi oleh bakteri, organ hati yang berfungsi dalam proses detoksifikasi atau penawar racun akan membengkak dan menekan lambung sehingga akan menyebabkan penderita merasa mual.

  • Sulit buang gas

Dalam istilah medis disebut flatulensi, saat terjadi ketidakbersamaan dalam sistem pencernaan seperti infeksi pada usus buntu.

  • Konstipasi

Sulit buang air besar atau konstipasi merupakan salah satu gejala usus buntu. Apabila mengalami konstipasi, seorang tidak bisa buang air besar secara teratur bahkan tidak sama sekali karena pada saat usus buntu terinfeksi, usus besar tidak dapat melakukan proses pengeluaran feses secara normal.

  • Demam

Demam dapat terjadi karena sistem kekebalan melepaskan sel pirogen untuk meningkatkan suhu tubuh untuk membunuh bakteri didalam tubuh. Pada penderita usus buntu biasanya demam akan terjadi tidak lama setelah bakteri terinfeksi usus buntu.

  • Tidak nafsu makan

Beberapa gejala yang dirasakan dan mengganggu fungsi pencernaan seperti mual, muntah dan perut kembung akan berpengaruh terhadap nafsu makan yang mana akan kesulitan untuk mengonsumsi makanan normal sehingga memerlukan asupan makanan yang teskturnya lembut.

Pencegahan dan Pengobatan Usus Buntu

  • Konsumsi makanan yang kaya serat dan sehat

Makanan yang serat dapat membantu proses pencernaan dalam tubuh dan meningkatkan jumlah bakteri baik yang tinggal di usus besar manusia. Nantinya bakteri ini bisa menekan jumlah bakteri penyebab penyakit dan membantu sistem kekebalan untuk mengeliminasi dari dalam tubuh.

  • Hindari mengonsumsi makanan pedas dan asam

Pemicu terjadinya infeksi dalam saluran pencernaan dan menyebabkan diare maupun usus buntu.

  • Hindari alkohol

Sebaiknya jangan mengonsumsi minuman yang mengandung gas atau alkohol karena dapat merusak struktur dinding usus dan saluran pencernaan lain.

Perbanyaklah minum air putih 8 gelas sehari sehingga akan membantu pencernaan anda berlangsung lebih efektif.

  • Pemeriksaan dokter

Apabila merasakan sakit perut yang sangat hebat disertai mual , muntah, atau demam segeralah periksa ke dokter lebih lanjut. Dan jika dokter memastikan diagnosa bahwa anda mengalami usus buntu segera minta penanganan yang tepat, biasanya bila sudah terlanjur parah, dokter akan menyarankan operasi.


By Ana Rediana - Penyakit Sabtu, 14 Januari 2017 08:47:41

Related Post :
Manfaat
Manfaat Tak Terduga Dari…

Sama seperti buah-buahan lainnya,…

Kesehatan
Ternyata Senyum Juga Menyehatkan…

Tersenyum bisa diartikan sebagai…

Alami
Perawatan Rambut Rusak Parah…

Perawatan rambut rusak parah…

Obat Kimia
Obat Penyakit Aritmia Jantung…

Amiodarone bisa menjadi solusi…

Kesehatan
Ingin Peredaran Darah Lancar?…

Makanan untuk melancarkan peredaran…

Daun
Ini Dia Khasiat Daun…

Tahukah anda khasiat daun…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Faktor Resiko Karsinoma Nasofaring Atau Kanker Pada Tenggorokan

Faktor resiko karnisoma nasofaring atau…

Penyakit
Bahaya Komplikasi Dan Akibat Dari Penyakit Liver

Liver adalah sebuah penyakit yang…

Penyakit
Kirim Pertanyaan
Top