Ketahui Efek Samping Setelah Operasi Usus Buntu

Share dan Tag Temanmu di :

Usus buntu merupakan salah satu penyakit yang ada kaitannya dengan masalah usus dimana kondisi yang diderita yaitu pembengkakan yang membuat sakit dan memicu infeksi usus. Sebenarnya usus buntu merupakan bagian organ tubuh manusia yang bukan menjadi istilah penyakit , organ yang dibentuk kantong tipis berukuran kecil 5 - 10 cm itu usus buntu.


Jika sudah muncul gejala usus buntu, maka harus segera periksakan ke dokter. Salah satu yang dianjurkan dokter nantinya pengangkatan dengan metode operasi. Walaupun pengangkatan tidak mempengaruhi kesehatan namun ada efek samping operasi usus buntu yang harus diwaspadai.

Berikut ini Efek Samping Setelah Operasi Usus Buntu

  • Rasa nyeri pada perut

Rasa nyeri pada perut disebabkan oleh efek jahitan dan sayatan yang dilakukan oleh dokter didalam usus. Rasa nyeri pada perut datang ketika sedang beraktivitas biasa atau istirahat.

  • Sepsis

Sepsis salah satu kondisi yang bisa menyerang darah serta organ-organ lain didalam tubuh. Sepsis beda dengan septikemia yaitu kondisi yang diakibatkan bakteri ada dialiran darah dan bisa menjadi faktor penyebab sepsis.

Jika sepsis tidak segera ditangani dengan tepat mampu mempengaruhi terhadap terhentinya suplai darah menuju organ-organ penting dalam tubuh misalnya jantung dan ginjal. Sampai kerusakan permanen pun bisa menjadi ancaman.

  • Infeksi

Efek samping infeksi dari luka akan sulit sembuh dan cukup mengkhawatirkan sehingga anda perlu  berkonsultasi dengan dokter mengenai efek samping ini, jika ada komplikasi yang lebih serius segera ditangani dengan tepat.

  • Pendarahan

Pendarahan kemungkinan terjadi setelah operasi usus buntu cukup besar karena ada beberapa jumlah kasus serupa. Anda perlu tanyakan terlebih dulu ke dokter mengenai ini dan bagaimana nanti dokter memberikan penanganan apabila seperti pendarahan sampai terjadi atau ketahui bagaimana untuk mencegahnya.

  • Demam

Kemungkinan besar demam ada hubungannya dengan efek dari infeksi pada tubuh.

Demam juga kemungkinan terjadi akibat rasa sakit dibagian perut yang tak kunjung reda setelah operasi. Jangan sekali-kali menangani sendiri. Sebaiknya segera konsultasikan lagi ke dokter untuk mengatasi yang disebabkan oleh kesalahan pada saat operasi.

  • Bau tidak sedap pada sayatan

Perlu diketahui sebelum melakukan operasi usus buntu yaitu adanya bau tidak sedapat diarea sayatan yang cukup mengkhawatirkan sehingga sebaiknya ditanyakan secara jelas kepada dokter.

  • Pembengkakan

Pembengkakan terjadi pada bagian perut tepatnya dibagian sayatan yang cukup berbahaya sehingga anda perlu konsultasikan ke dokter.

  • Gangguan ginjal

Fungsi organ ginjal rusak dimana cara kerja ginjal tidak lagi maksimal seperti sebelumnya. Resikonya kemungkinan akan mengalami penyakit ginjal, maka dokter akan menyarankan istirahat setelah operasi usus buntu untuk menghindari hal yang tidak diinginkan sehingga tubuh cepat pulih serta jauh dari gangguan ginjal.

  • Sembelit

Setelah melakukan operasi, sembelit dapat terjadi jadi disarankan untuk banyak minum air putih agar cairan tubuh tetap terjaga dengan baik. Biasakan minum air putih 2 liter perhari.

  • Radang selaput otak

Radang dapat terjadi diselaput otak yang menjadi akibat dai penyebaran infeksi. Untuk mengobati infeksi biasanya dengan obat antibiotik.

Sekian penjelasan mengenai efek samping setelah operasi usus buntu yang berpotensi dialami pasien. Segera hal - hal tersebut konsultasikan dan tanyakan secara jelas ke dokter agar mendapatkan keterangan sebelum menempuh operasi

By Ana Rediana - Kesehatan Sabtu, 14 Januari 2017 09:47:50

Related Post :
Kewanitaan
Waspadai Ini Tanda- tanda…

Tanda-tanda IUD bergeser dari…

Alami
Cara Alami Menghilangkan Bekas…

Sembuh dari cacar air…

Tips
Cara Mencegah Asam Lambung…

Selain mengobati, penderita juga…

Penyakit
Mengenal Gejala Faktor Risiko…

Informasi tentang polip usus,…

Daun
Manfaat Daun Kaca Piring…

Manfaat daun kaca piring…

Kesehatan
Penyebab dan Cara Mengatasi…

Perubahan kebiasaan makan pada…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kram Perut Bagian Bawah? Ini Penyebabnya

Berbagai penyebab kram perut bagian…

Kesehatan
Badan Meriang? Ini Penyebab Dan Pengobatannya

Penyebab badan meriang beserta gejala…

Kesehatan
Hindari Makanan yang Sudah Dihinggapi Lalat! Ini Alasannya

Makanan yang sudah dihinggapi lalat…

Kirim Pertanyaan
Top