Khasiat Manfaat Daun Sukun Bagi Kesehatan Serta Cara Mengolahnya

Share dan Tag Temanmu di :

Mungkin kita tak pernah mengira sebelumnya, bahwasannya manfaat daun sukun ternyata bisa di jadikan sebagai media pengobatan tradisional berbagai penyakit kronis, seperti halnya gagal ginjal, diabetes bahkan penyakit jantung sekalipun. Karena dari pohon sukun sendiri biasanya kita hanya mengambil buahnya saja, untuk kita jadikan bermacam sajian nikmat seperti sukun goreng dan sukun rebus. Rasanya yang manis lembut dan menganyang membuat banyak orang yang jatuh akan buah yang satu ini.


Namun setelah menyimak informasi yang satu ini, anda tidak hanya akan jatuh cinta dengan buahnya saja melainkan juga terhadap daunnya, karena daunnya pun memiliki sejuta manfaat luar biasa untuk kesehatan. Maka untuk itu, simak informasi selengkapnya dalam ulasan singkat berikut ini.

Kandungan dan manfaat  daun sukun untuk kesehatan

Baru-baru ini sebuah penelitian moderen di lakukan oleh seorang peneliti asal China, yang mana hasil riset dari penelitian tersebut terungkap fakta, yang mana menyatakan bahwasannya fungsi daun sukun sangat berguna bagi proses penyembuhan penyakit kardiovaskular.

Hal tersebut terkuak seiring di temukannya beberapa zat alami yang tersimpan di dalam daun sukun yang beberapa diantaranya seperti asam hidrosinat, tanin, riboflavin, dan asetilcolin, yang mana selain baik untuk menjaga kesehatan zat-zat alami tersebut juga sangat baik untuk melawan sumber penyakit kardiovaskular.

Adapun beberapa khasiat daun sukun untuk kesehatan adalah sebagai berikut.

1. Manfaat daun sukun untuk ginjal
Penyakit ginjal merupakan salah satu penyakit yang cukup di takuti. Bahkan bagi orang yang telah terkena gagal ginjal, maka di haruskan untuk mencuci darah secara rutin sebagai efek dari pengobatannya. Namun, jika anda ingin menggunakan pengobatan alternatif untuk mengatasinya, daun sukun bisa menjadi solusinya yang aman. Hal tersebut di karna di dalamnya memiliki senyawa khusus yang bisa mendorong efek dieureutik. Bahkan penderita ginjal juga bisa menggunakan terapi ini hingga berbulan-bulan hingga kondisi anda sembuh.

2. Manfaat daun sukun untuk asam lambung
Asam amino essensial yang terdapat di dalamnya sangat baik dalam mencegah timbulnya maag, Karena selain berfungsi sebagai zat yang dapat membantu metabolisme tubuh triptofan juga di kenal sebagai zat relaksasi alami yang dapat mengurangi kegelisahan dan juga rasa cemas. Selain kitu, kandungan kalium yang terdapat di dalamnya pun dapat menstabilkan keadaan asam lambung dan karenanya bisa menghentikan serangan maag.

3. Manfaat daun sukun bagi jantung
Berbagai masalah penyakit jantung seperti jantung bocor, gagal jantung, jantung bengkak dan lainnya juga dapat di atasi secara alami dengan menggunakan daun sukun. Ha di karenakan daun sukun dapat membuat tekanan darah dan juga aliran darah pada pembuluh darah  bisa menjadi lebih baik. Bahkan pengonsumsian ramuan dari daun sukun ini bisa membuat jantung anda semakin sehat.

4. Manfaat daun sukun untuk asam urat
Teh daun sukun kering bisa menjadi alternatif bagi anda yang kini tengah mengalami asam urat. Hal tersebut di karenakan di dalam daun sukun sendiri mengandung efek antiinflamasi sehingga sangat baik untuk menurunkan resiko peradangan pada sendi. Namun di sarankan selama anda mengonsumsi ramuan ini, anda di sarankan untuk menghindari segela jenis makanan ataupun sayuran yang bisa menyebabkan tingginya kadar asam urat anda seperti kangkung, bayam dan lainnya.

5. Khasiat daun sukun untuk diabetes
Menurut suatu penelitian yang di lakukan oleh ilmuwan bernama McLean mengungkapkan bahwasannya di dalam daun sukun terdapat senyawa prenyl flavonoid yang mana merupakan senyawa antidiabetes, yang mana dapat menurunkan kadar gula pada penderita diabetes.

6. Manfaat daun sukun untuk kolesterol
Bagi anda yang kini ingin menurunkan kolesterol, anda bisa melakukannya hanya dengan mengonsumsi ramuan daun sukun. Dengan begitu kolesterol akan keluar dari bgian darah dan menjadi sisasia metabolisme yang akan keluar lewat air seni maupun tinja.

7. Manfaat daun sukun untuk penyakit liver
Daun sukun juga tenyata dapat menajasi solusi alternatif bagi anda yang kini tengah mengalami penyakit liver. Dengan mengonsumsi teh daun sukun kering bermanfaat untuk mengatasi peradangan atau pembengkakan hati. Hal tersebut, di karenakan di dalam dun sukun terdapat senyawa seperti asetilkolin yang sangat baik untuk melawan peradangan. Dan selama melakukan terapi ini hindari rokok dan mengonsumsi alkohol.

Selain dari pada itu, masih banyak terdapat manfaat dari sdaun sukun lainnya yang mana sangat bermanfaat bagi kesehatan. Termasuk manfaat daun sukun utuk hipertensi, diet, kesehatan kulit, mengobati alergi, mengobati penyakit pembesaran limpa, penangkal sel kanker dan lain sebagainya.

Cara mengolah dan penggunaan daun sukun untuk kesehatan

Selain dapat di olah dalam keadaan segar, cara mengolah daun sukun untuk kesehatan juga sering dapat di jadikan. Teh daun sukun ini juga berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah, menyembuhkan penyakit kardiovaskular, bersifat antiinflamasi sehingga sangat cocok untuk mencegah peradangan. Adapun cara mengolahnya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu seperti 2 lembar daun sukun, 3 liter air bersih, gula dan juga madu.
  • Pilih daun sukun yang sudah tua, dengan ciri karakter daun sukun yang tegas, garis-garis yang tegas dan warna hijau kebiruan dan di cuci bersih.
  • Setelah itu, ptong-potoh hingga agak halus dan langsung jemur di bawah sinar matahari hingga kering.
  • Setelah kering, rebus daun sukun menggunakan 2 liter air hingga tersisa setengahnya dan matikan api.
  • Setelah di diamkan beberapa saat, tambahkan lagi 1 liter air hingga air rebusan daun sukun kembali menjadi 2 liter.
  • Rebuslah beberapa waktu, hingga mendidih.
  • Setelah menjadi hangat, air teh daun sukun akan berwarna kemerahan dengan rasa agak pahit dan tidak berbau.
  • Untuk mengurangi rasa pahitnya, anda bisa menambahkan sedikit madu ke dalamnya.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini.  Semoga informasi tentang manfaat daun sukun bagi kesehatan ini dapat bermanfaat dan khususnya bisa menambah wawasan pengetahuan kita semua di dunia herbal.

By Nida Saripah - Daun Sabtu, 14 Januari 2017 13:29:28

Related Post :
Manfaat
Mengetahui Khasiat Teripang dalam…

Teripang memang cukup populer…

Penyakit
Penyebab Gejala Dan Cara…

Diare merupakan suatu kondisi…

Kesehatan
Waspada! Kondisi Kaki Ini…

Kondisi kaki yang sering…

Penyakit
Gejala dan Komplikasi Penyakit…

Gejala dan komplikasi penyakit…

Kesehatan
Jangan Abaikan! Ternyata Keringat…

Meskipun bisa membuat badan…

Ibu Hamil
Kenali Penyebab Dan Cara…

Kenali berbagai penyebab dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Manfaat Daun Mengkudu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Wajah

Manfaat daun mengkudu untuk kesehatan…

Daun
Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Mimba Bagi Kesehatan

Khasiat dan manfaat daun mimba…

Kirim Pertanyaan
Top