Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Osteoporosis

Share dan Tag Temanmu di :

Secara global penyakit osteoporosis telah menyebabkan sekitar 8,9 juta penderitanya mengalami patah tulang. Dan itu memberikan arti bahwasannya fraktur osteoporosis terjadi setiap 3 detik. Selain dari pada itu, penyakit osteoporosis juga di perkirakan telah mempengaruhi lebih dari 200 juta wanita dunia. Namun sebenarnya kondisi global ini masih bisa di cegah melalui diet osteoporosis yang baik, aktivitas fisik yang teratur serta bila di perlukan mengonsumsi suplemen untuk menebus kekurangan kalsium tersebut.


Berbicara mengenai diet osteoporosis, selajn anda di sarankan untuk mengonsumsi makanan sehat yang di anjurkan bagi penderita osteoporosis, anda juga sangat di tekankan untuk menghindari berbagai pantangan makanan bagi penderita osteoporisis seperti yang akan kami paparkan pada kesempatan kali ini.

Pantangan makanan bagi penderita penyakit osteoporosis yang harus di hindari

Beberapa jenis makanan ini sebaiknya di hindari oleh penderita osteoporosis, diantaranya adalah sebagai berikut.

Makanan yang mengandung vitamin A tinggi
Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh terutama untuk menjaga kesehatan mata. Namun mengonsumsi makanan tertentu yang terlalau banyak mengandung vitamin A di ketahui dapat membahayakan tulang. Salah satunya adalah dapat memberikan resiko patah tulang.

Makanan yang mengandung terlalu banyak garam
Seorang juru bicara medis untuk Generasi National Osteoporosis  bernama Felicia Cosman, MD menjelaskan bahwasannya garam di ketahui dapat menyebabkan eksresi kalsium yang berlebihan melalui ginjal. Untuk kesehatan tulang yang maksimal Dr. Cosman merekomendasikan untuk membatasi asupan garam setidaknya menjadi 1.200 miligram kalsium perharinya. Maka dari itu, apabila anda maupun keluarga ada yang mengalami osteoporosis, ada baiknya untuk memperhatikan asupan garam yang di gunakan dalam masakan atau makanan tertentu.

Makanan yang mengandung gula tinggi
Seorang direktur program di Old Colony Layanan penatua di Massachusetts bernama Shawn Smith, RD. LND menjelaskan bahwasaanya kelebihan gula dapat menghambat penyerapan kalsium, menghabiskan fosfor dan mineral penting lainnya yang berfungsi dalam penyerapan fosfor. Fosfor sendiri merupakan salah satu meniral penting untuk struktur sel dan fungsi, namun aat di konsumsi secara berlebihan maka memiliki efek yang merugikan pada metabolisme dan kesehatan.

Minuman bersoda
Tak banyak yang mengetahui, bahwasannya mengonsumsi 7 botol kaleng minuman bersoda di kaitkan dengan penurunan kepadatan mineral tulang yang meningkatkan resiko patah tulang pada seseorang. Dr. Cosman menambahkan, baha efek negatif pada kesehatan tulang tampaknya terbatas pada diet dan jenis soda, Hal tersebut di karenakan soda mengandung asam fosfat dan aditif makanan yang muncul untuk melemahkan usus dan penyerapan kalsium.

Makanan atau minuman yang mengandung kafein
Menurut Dina Khader, MS, RD, yang merupakan seorang konsultan nutrisi integratif di Mount Kisco, NY menyebutkan bahwasannya kafein  pada kalsium dari tulang, dan menguras kekuatan mereka. Bahkan sekitar 6 miligram kalsium akan terus hilang aseiring 100 miligram kafein yang anda konsumsi. Dan ketika itu di kombinasikan dengan gula, kafein memiliki efek lebih merugikan untuk kesehatan tulang. Maka dari itu, bagi anda yang kini sedang menjalani diet osteoporosis, ada baiknya untuk mengonsumsi kopi dan teh yang bebas kafein, serta menghindari makanan manis yang mengandung kafein seperti halnya coklat adalah cara yang terbaik.

Makanan inflamasi
Tomat, jamur, paprika dan terong merupakan beberapa diantara makanan yang termasuk ke dalam makanan infalamasi. Makanan tersebut nyatanya dapat beresiko menyebabkan peradangan tulang yang berujung pada kondisi osteoporosis. Namun beberapa dari jenis sayuran tersebut memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Sehingga bebeberapa dari sayur-sayuran tersebut tidak harus benar-benar di hindari oleh penderita.

Nah, itulah beberapa pantangan makanan penderita osteoporosis yang sebaiknya anda hindari. Sehingga kondisi anda tidak akan memburuk dan secara perlahan kepadatan tulang andapun kembali jika anda menyertainya dengan kebiasaan sehat seperti salah satunya berolahraga secara teratur. Semoga bermanfaat!

By Nida Saripah - Kesehatan Selasa, 17 Januari 2017 08:43:26

Related Post :
Penyakit
Inilah Penyakit Kelamin Yang…

Informasi tentang jenis penyakit…

Penyakit
Penyebab Migrain Sebelah Kanan…

Penyebab migrain sebelah kanan…

Kesehatan
Fakta dan Bahaya Kerokan…

Meskipun sering dijadikan sebagai…

Penyakit
Faktor Penyebab Sakit Telinga…

Berbagai faktor penyebab sakit…

Ibu Dan Anak
Cara Mengajari Anak Menggosok…

Menggosok gigi merupakan salah…

Manfaat
Kebaikan dan Manfaat Makanan…

Selain memiliki rasa yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Gejala dan Penyebab Polip Rahim yang Harus Diwaspadai

Untuk mencegah timbulnya polip rahim,…

Kesehatan
4 Kebiasaan Buruk Penyebab Penuaan Dini

Mengetahui 4 kebiasaan buruk penyebab…

Kesehatan
Mengerikan! Ini Bahaya Terlalu Banyak Makan Kentang Goreng

Meskipun enak, mengkonsumsi kentang goreng…

Kirim Pertanyaan
Top