Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Anggur Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Tak banyak yang mengetahui bahwasannya manfaat daun anggur ternyata memiliki peranan penting yang luar biasa terutama bagi kesehatan. Karena pada umumnya kita hanya mengetahui buahnya saja yang memiliki rasa nikmat apabila di konsumsi. Akan tetapi, sebagaian masyarakat lainnya telah memanfaatkan daun anggur sebagai sayuran tambahan pada aneka masakan mereka, seperti halnya pada sayur sop dan campuran makanan lainnya. Lalu, apa manfaat daun anggur untuk kesehatan? Untuk mengetahui khasiat dan manfaat daun anggur bagi kesehatan selengkapnya, anda bisa menyimak uraian singkat berikut ini.


Tanaman anggur merupakan salah satu tanaman yang kini banyak di budidayaan. Karena selain hasilnya yang menjanjikan, permintaan buah anggurpun pada saat ini terus naik di pasaran. Karena, selain pada dasarnya buah anggur sering di konsusmi secara langsung, angur juga pada umumnya sering kali di gunakan sebagai fermentasi alami minuman wine atau sampagne yang seperti telah kita ketahui, jenis minuman tersebut memiliki harga yang begitu tinggi.

Namun seiring perkembangan tekonologi, selain manfaat buah anggur, bagian daunnya pun ternyata memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan terutama untuk mengobati berbagai macam penyakit. Jadi, tidak hanya buahnya yang mengandung banyak nutrisi melainkan daunnya pun memiliki nutrisi yang baik bagi kesehatan kita.

Adapun kandungan yang bisa kita peroleh di dalam daun anggur adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, karbohidrat, kalsium, lipid, bersi dan lainnya. Dan berikut adalah beberapa manfaat daun anggur yang bisa anda manfaat kan untuk mengobati berbagai keluhan kesehatan yang anda alami.

1. Mengobati sariawan dan sakit tenggorokkan

Jika anda kini tengah sakit tenggorokkan dan mengalami sariawan di mulut, bibir bahkan lidah, anda bisa mencoba mengatasinya dengan daun anggur. Caranya cukup dengan merebus satu genggam daun anggur dengan menggunakan 2 gelas air dan setelah tersisa 1 gelas, maka anda bisa mengangkatnya dan setelah dingin anda bisa menggunakan manfaat air rebusan daun anggur tersebut untuk berkumur sebanyak 2 kali sehari secara rutin hingga sakit tenggorokkan atau sariawan  anda sembuh.

2. Mengobati sakit kepala

Jika anda sering menggunakan obat generik saat sakit kepala, mulai kini anda bisa memanfaatkan air rebusan daun anggur untuk mengatasinya, yang jelas lebih alami tanpa kandungan kimia sedikitpun. Caranya adalah dengan mengonsumsi ramuan rebusan air daun anggur setiap hari. Pengolahnnya pun terbilang cukup mudah, cukup dengan merebus beberapa helai daun anggur sdelama 15-18 menit kemudian tunggu higga dingin. Dan setelah itu anda bisa meminumnya

3. Mengobati diare

Tak hanya dengan menggunakan obat diare kimia, penyakit diare nyatanya bisa di atasi secara alami salah satunya adalah menggunakan daun anggur. Adapun cara mengolahnya sama persis seperti pengobatan sakit kepala yang telah di jelaskan sebelumnya.

4. mengobati sakit gigi dan radang gusi

Untuk mengobati sakit gigi dan radang gusi menggunakan daun anggur tidak jauh seperti pengolahnnya sebelumnya. Caranya yaitu dengan merebusnya kemudian air rebusannya di gunakan untuk berkumur sebanyak 3 kali sehari untuk hasil yang lebih maksimal. Ramuan ini juga bisa anda gunakan untuk mengatasi bau mulut

5. Peluruh air seni

Jika anda kini tengah mengalami susah kencing atau kencing sakit, ada baiknya tidak menyepelekannya karena bisa menjadi indikasi terhadap suatu kondisi yang cukup serius. Adapaun untuk mengatainya sendiri anda bisa memanfaatkan daun anggur. Pertama ambil beberapa daun anggur yang masih segar sebanyak 15 gram saja dan rebuslah daun anggur selama 15 menit hingga mendidih. Setelah dingin anda bisa menyaringnya dan minumlah ramuan tersebut sebanyak 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Untuk lebih menambah rasa dan aromanya anda bisa menambahkan sedikit gula jawa ataupun salam ke dalamnya untuk menambah aromanya lebih enak.


Selain baik untuk kesehatan, nyatanya daun anggur juga sangat baik untuk kecantikan, salah satu diantaranya adalah dapat di jadikan sebagai ramuan untuk meremajakan dan mencerahkan kulit wajah. Cara mengolahnya pun sangatlah mudah cukup dengan mengambil beberapa helai daun anggur dan tumbuk hingga halus. Setelah itu kemudian rebus dengan menggunakan 2 gelas air  dalam panik yang terbuat dari alumunium. Setelah mendidih angkat dan Anda dapat mmenggunakan air tersebut setelah menjadi dingin untuk membasuh wajah atau mandi sedangkan ampasnya bisa anda gunakan sebagai masker.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan seputar khasiat dan manfat dan anggur bagi kesehatan. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat bagi anda semua.

By Nida Saripah - Daun Selasa, 17 Januari 2017 11:25:18

Related Post :
Obat Kimia
Obat Pelawan Efek Samping…

Obat Pelawan Efek Samping…

Kesehatan
Perawatan Luka Diabetes Terbaru…

Tata cara perawatan luka…

Kesehatan
Bahu Tinggi Sebelah? Hati-hati…

Bahu Tinggi Sebelah? Hati-hati…

Kesehatan
Keuntungan Berhenti Merokok Bagi…

Setelah anda berhenti merokok…

Ibu Dan Anak
Ternyata Anak Juga Bisa…

Bukan hanya pada orang…

Alami
Kecap dan Jeruk Nipis…

Campuran kecap dan jeruk…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun Jarum Tujuh Bintang Bagi Kesehatan

Berikut adalah khasiat dan manfaat…

Daun
Berbagai Khasiat Dan Manfaat Daun Wortel Untuk Kesehatan

Kegunaan dan manfaat daun wortel…

Kirim Pertanyaan
Top