Langkah Dan Cara Pencegahan Osteoporosis Sejak Dini

Share dan Tag Temanmu di :

Banyak orang yang sering mendengar kata osteoporosis, namun banyak pula dari mereka yang tidak mengetahui apa arti sebenarnya dari kata osteoporosis ini. Dan karena itulah kesadaran masyarakat untuk melakukan pencegahan osteoporosis sejak dini pun sangat minim. Sehingga angka kematian yang di sebabkan oleh penyakit inipun terbilang cukup tinggi. Hal tersebut di karenakan kecacatan tulang hingga patah tulang yang di akibatkan oleh gejala osteoporisis ini dapat menurunkan kulaitas hidup penderitanya.


Penyakit osteoporosis adalah penyakit yang menyerang tulang sehingga menimbulkan pengapuran dan pengeroposan pada tulang. Tulang sendiri adalah bagian penting dari tubuh, yang berfungsi sebagai penggerak dan penyangga tubuh manusia. Sehingga jika tulang telah keropos dan mengapur tentu saja manusia akan merasakan kesakitan dan kehilangan penyangga tubuhnya.

Sehingga pencegahan osteoporosis ada baiknya di lakukan sejak dini. Seperti kata pepatah 'mencegah lebih baik dari pada mengobati' bahkan dalam penyakit ostoporosis ini, pepatah tersebut memang benar adanya. Karena mencegah osteoporosis akan lebih mudah di banding dengan denan mengobatinya. Mengapa? hal tersebut di karenakan saat seseorang terkena osteoporosis, angka penyembuhan relatif lebih minim dan sedikit. Adapun pencegahan osteoporosis bisa di lakukan dengan beberapa langkah berikut.

  • Memenuhi asupan kalsium untuk tulang

Memenuhi asupan kalsium untuk tulang setiap hari sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tulang, terlebih dalam pencegahan osteoporosis pada lansia maupun pada wanita yang telah memasuki usia 40 tahun ke atas. Salah satu cara untuk memenuhi asupan kalsium tersebut adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi.  Kadar normal kalsium yang di rekomendasikan adalah 1000 miligram perhari, yang bisa anda dapatkan dalam berbagai jenis makanan sehat seperti tahu, tempe, kacang merah, ikan sarden dan susu.

  • Penuhi asupan Vitamin D

Selain kalsium, asupan penting lainnya yang juga harus selalu terpenuhi untuk menjaga kesehatan tulang adalah vitamin D. Jenis vitamin ini sangat berguna untuk penyerapan kalsium yang di perlukan untuk memperkuat tulang dan gigi serta mencegah osteoporosis. Untuk orang dewasa, sangat di rekomendasikan untuk memenuhi asupan vitamin D sebanyak 15 mikrogram tiap harinya. Anda sendiri bisa menemukan vitamin D dalam berbagai jenis makanan seperti kuning telur, susu kedelai, hati sapi dan juga suplemen vitamin D.  Selain itu, anda juga bisa mendapatkan vitamin D secara alami dari sinar matahri pagi sebelum pukul 9.

  • Berolahraga secara teratur

Bagi penderita osteoporosis sangat tidak di perbolehkan untuk melakukan olahraga berat, karena hal tersebut hanya dapat memperparah kondisi penderita. Maka sangat di sarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu  sebelum melakukan olahraga, untuk memastikan apakah aktivitas tersebut tepat untuk di lakukan.

Namun olahraga yang biasanya di sarankan untuk penderita osteoporosis sendiri adalah jongging dan berjalan sehat. Kedua jenis olahraga tersebut sangat baik bagi penderita osteoporosis dan cara mencegah osteoporosis. Dengan melakukan olahraga tersebut secara rutin 2-3 jam dalam sepekan, maka dapat membuat tulang anda menjadi padat dan kuat sehingga anda bisa terhindar dari osteoporosis.

  • Menerapkan pola makan sehat

Ada banyak sekali makanan sehat yang bisa membantu anda untuk menjaga kepadatan tulang anda. Beberapa diantaranya adalah ikan bandeng, daging unggas, telur, kacang-kacangan, brokoli, kurma, ragi dan makanan yang mengandung omega-3. Hindari juga makanan berlemak tinggi, karena dapat menghambat penyerapan kalsium di dalam tubuh.

  • Melatih kaki dan lutut

Untuk ini, anda bisa menggunakan beban dalam berat yang tidak berlebihan, untuk meningkatkan kepadatan tulang dan membantu mencegah osteoporosis. Adapaun aktivitas menyangga beban sendiri adalah oleharaga yang melatih kaki dan lutut untuk menopang masa tubuh. Lari, melompat, menari dan aerobik adalah beberapa jenis olahraga yang sangat bermanfaat untuk menguatkan otot, ligamen dan juga sendi.

  • Melakukan latihan kekuatan tulang

Gerakan-gerakan seperti push-up, angkat berat dan latihan angkat beban menggunakan peralatan di pusat kebugaran termasuk ke dalam latihan ketahanan. Tarikan yang di lakukan otot tendon terhadap tulang dapat meningkatkan kepadatan tulang. Untuk menghindari cidera, harap tanyakan cara penggunaan alat-alat tersebut kepada instruktur pada pusat kebugaran tersebut.

  • Menghentikan kebiasaan pola hidup buruk

Jika anda ingin terhindar dari penyakit osteoporosis maupun keadaan lainnya di kemudian hari, ada baiknya anda segera menghentikan kebiasaan bururk yang sering anda lakukan saat ini. Seperti halnya merokok, mengonsumsi minuman keras atau beralkohol dan kebiasaan tidak sehat lainnya.

Nah, itulah beberapa langkah dan cara pencegahan osteoporosis sejak dini yang bisa kita lakukan untuk menghindarkan diri kita dari penyakit osteoporosis pada usia muda maupun pada lansia. Semoga setelah menyimak artikel ini, kita bisa lebih peka dan memperhatikan kesehatan tulang kita lebih baik lagi dari sebelumnya.

By Nida Saripah - Kesehatan Rabu, 18 Januari 2017 10:07:33

Related Post :
Obat Kimia
Asam Salisilat Obat Untuk…

Asam salisilat obat untuk…

Kesehatan
Ini Alasan Kenapa Pria…

Sama halnya dengan wanita,…

Obat Kimia
Suplemen Antioksidan Mengandung Zat…

Suplemen Antioksidan Mengandung Zat…

Obat Kimia
Dosis Obat Anti Inflamasi…

Dosis Obat Anti Inflamasi…

Obat Cina
Obat Herbal Kanker Hati…

Obat herbal kanker hati…

Kesehatan
Ingin Mengganti MSG? Cobalah…

Monosodium glutamat (MSG) atau…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Tak Disangka! Bentol Kecil Bisa Jadi Gejala Penyakit Kanker

Jangan sepelekan sebuah bentol kecil…

Kesehatan
Mengetahui Gejala dan Cara Pengobatan Sindrom Tourette

Mengetahui gejala dan cara pengobatan…

Kesehatan
Ini Pantangan Makanan Untuk Penderita Tekanan Darah Rendah !

Berikut adalah berbagai jenis pantangan…

Kirim Pertanyaan
Top