Manfaat Tak Terduga Tepuk Tangan Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Siapa yang tidak suka tepuk tangan ? Semua orang tentu menyukainya, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pasti senang melakukan tepuk tangan. Tepuk tangan ternyata bukan hanya sekedar sikap dalam memberikan apresiasi pada sesuatu semata, tetapi kegiatan yang sederhana ini nyatanya memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh.


Menurut Dr Rahul Dogra dari Kairali Ayuverda, Delhi, pada tubuh kita terdapat 340 titik tekanan, dan 28 diantaranya berada di tangan. Titik-titik tersebut memiliki koneksi langsung ke berbagai organ tubuh, yang berarti kita dapat merangsang titik-titik tekanan untuk mengurangi rasa sakit pada organ tubuh yang berbeda.

Karena alasan itulah, mengapa bertepuk tangan dianggap sebagai salah satu jenis terapi yang bisa membantu menyembuhkan tubuh seseorang. Bertepuk tangan dapat merangsang sirkulasi darah, dimana sirkulasi darah ini akan menghapus semua hambatan dalam pembuluh darah dan arteri, termasuk kolesterol jahat.

Bertepuk tangan selama 20 sampai 30 menit di pagi hari bisa membuat Anda tetap sehat dan aktif. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan minyak yang mudah terserap kulit terlebih dahulu. Kemudian gunakan sarung tangan atau kaus kaki untuk tepuk kaki untuk mencegah bocornya gelombang energi yang dihasilkan dalam tubuh.

Buka lengan di samping tubuh dan lakukan tepuk tangan. Ujung jari dan telapak tangan masing-masing harus menekan satu sama lain. Dengan demikian, diharapkan lima titik akupresur utama di tangan akan terangsang dan memberi manfaat kesehatan, diantaranya :

Membantu sirkulari darah

Orang-orang yang tinggal di rumah ber-AC dan bekerja di kantor-kantor yang tidak berkeringat sama sekali harus berlatih bertepuk terapi, karena hal ini akan membantu sirkulasi darah dalam tubuh.

Baik untuk redakan nyeri

Bertepuk tangan membantu atasi keluhan nyeri punggung, leher, dan sendi. Anda juga bisa mengurangi keluhan gout dengan bertepuk tangan.

Mengatasi tekanan darah rendah

Hal yang tidak kalah pentingnya yaitu manfaat tepuk tangan bagi penderita tekanan darah rendah. Aktivitas ini ternyata mampu meningkatkan aliran darah ke berbagai bagian tubuh sehingga dapat menjaga tekanan darah secara normal.

Melancarkan sistem pencernaan

Bertepuk tangan juga dipercaya dapat melancarkan sistem pencernaan. Buang air besar semakin lancar karena racun-racun dalam tubuh terdorong untuk keluar.

Mempertajam fokus dan kemampuan belajar

Tepukan dapat mempertajam otak. Itulah mengapa bertepuk tangan sering dipraktekkan dalam taman bermain anak atau sekolah dasar, karena bertepuk tangan membantu meningkatkan kinerja akademis.

Mengatasi penyakit paru-paru

Gerakan sederhana ini juga dikenal sebagai cara untuk membantu melancarkan aliran oksigen dan darah ke paru-paru. Dengan demikian, maka ini bisa menyingkirkan masalah pernapasan lainnya seperti asma dan penyakit paru-paru tertentu.

Meningkatkan kekebalan

Manfaat tepuk tangan yang terakhir yaitu dapat meningkatkan kekebalan dan dengan demikian bisa mencegah penyakit.

By Sri Maryati - Manfaat Rabu, 18 Januari 2017 14:03:36

Related Post :
Kewanitaan
Mudah Lelah Saat Haid?…

Mudah lelah saat haid?…

Obat Kimia
Pilihan Obat Rematik yang…

Pilihan obat rematik yang…

Kesehatan
Mengerikan! Ini Bahaya Terlalu…

Meskipun enak, mengkonsumsi kentang…

Kesehatan
Gejala Penyebab Dan Pengobatan…

Gejala penyebab dan pengobatan…

Kesehatan
Mengejutkan! Ini Manfaat Sehat…

Bukan hanya digunakan berpasangan…

Penyakit
Betis Terasa Nyeri dan…

Betis terasa nyeri dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Manfaat
Manfaat Dibalik Manisnya Es Krim Bagi Kesehatan

Es krim merupakan salah satu…

Manfaat
Manfaat Luar Biasa Kulit Bawang Bagi Kesehatan

Mulai sekarang, sebaiknya jangan buang…

Kirim Pertanyaan
Top