Bahaya Dan Efek Buruk Osteoporosis Bagi Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Bahaya dan efek buruk osteoporosis bagi tubuh tampak jelas sangat mempengaruhi, terlebih ketika penyakit yang satu ini telah berada pada fase kronis. Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwasannya penyakit osteoporosis adalah suatu penyakit yang menyebabkan tulang menjadi keropos dan mudah rapuh. Penyebab osteoporis sendiri pada umumnya di sebabkan oleh menurunnya kepadatan tulang seiring bertambahnya usia, maupun akibat kebutuhan kadar kalsium tubuh yang sering tidak terpenuhi. Penyakit yang satu ini pada umumnya menyerang wanita dan lansia, meski tidak menutup kemungkinan pria dan usia muda pun bisa terserang penyakit yang satu ini.


Dan berikut bahaya dan efek buruk osteoporosis yang timbul dan dapat mempengaruhi kondisi tubuh, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Patah tulang (Bone Fractures)
Bagi penderita osteoporosis, kepadatan tulang mereka semakin hilang, dan menyebabkan tulang menjadi semakin rapuh. Dan akibatnya, kejadian jatuh atau terpeleset dari keadaan berdiri atau duduk adapat menyebabkan rentan mengalami patah tulang, terutama pada baian panggul.

2. Fraktur Kompresi (Compression Fractures)
Sepertu daerah lainnya dari tubuh, tulang belakang juga menjadi rentan terhadap efek osteoporosis. Bahkan tak sedikit dari penderitanya mengalami fraktur kompresi, dimana kondisi tulang belakang akan tumpang tindih antara satu dengan yang lainnya. Kondisi ini biasa terjadi pada saat mlakukan kegiatan sehari-hari seperti membungkuk dan juga mengangkat benda berat.

3. Perubahan penampilan
Akibat dari terjadinya fraktur kompresi yang di sebabkan oleh osteoporosis, penderita pada umumnya bisa mengalami kecacatan fisik berupa kehilangan tinggi badan 15-20% dari tinggi badan semula. Hal tersebut di sebabkan oleh tulang belakang yang menumpuk atau tumpang tindih. Bahkan pada beberapa kasus, fraktur kompresi ini juga menyebabkan kifosis (kyposis), yaitu kondisi dmana tuang belakang melengkung dan sering kita sebut dengan bungkuk (humpback).

4. Nyeri yang bersifat kronis
Bahaya dan efek osteoporosisis lainnya adalah menibulkan rasa yang kronis, bahkan terkadang sangat menyakitkan sehingga membuat penderitanya tidak bisa bergerak bahkan menjadi lumpuh. Nyeri tersebut pada umumnya di sebbakan oleh kompresi pada tulang belakang, yang mana tulang saling menekan satu sama lain, serta bagian saraf dan sekitarnya. Efek ini juga dapat di rasakan di daerah pingul, lutut, bahu, serta pergelangan sendi.

5. Tekanan pada organ dalam
Saat tulang mulai membongklok secara tidak wajar , penderita osteoporosis pada umumnya akan merasakan keseulitan bernafas dan juga akan merasa nyeri pada derah perut  karena organ dalam tubuh mengalami penekanan. Kurangnya penyangga pada punggung akibat tulang punggung yang melengkung juga dapat menyebabkan tulang rusuk menekan ke bawah jaringan lunak sehingga menekan organ dalam lainnya seperti paru-paru, perut dan juga usus.

6. Tubuh kehilangan keseimbangan
Nyeri yang di akibatkan oleh osteoporosis sering menyebabkan tubuh menjadi lebih kaku untuk bergerak, sehingga dampak negatif yang timbul adalah hilangnya keseimbangan terhadap tubuh. Sehingga tak jarang kondisi ini menyebabkan jatuh, yang berakibat fatal menjadi patah tulang, sehingga menciptakan siklus nyeri yang lebih parah akibat patah tulang tersebut.

Nah itulah beberapa bahaya dan efek buruk osteoporosis bagi tubuh. Maka dari itu, apabila anda kini ingin terhindari dari penyakit beserta bahaya dan efek buruk yang di timbulkan dari penyakit tulang yang satu ini, ada baiknya anda melakukan cara pencegahan osteoporosis sejak dini. Adapun jika anda kini telajh terlanjur mengalaminya, jangan sampai anda tidak segera menanganinya, karena pengobatan osteoporosis yang cepat dan tepat dapat membuka peluang kesehatan anda kembali normal semakin besar. Semoga bermanfaat!

By Nida Saripah - Penyakit Kamis, 19 Januari 2017 08:36:21

Related Post :
Daun
Khasiat Manfaat Daun Randu…

Khasiat manfaat daun randu…

Penyakit
Gejala Dry Socket Dan…

Anda tengah mengalami rasa…

Alami
Obat Penghancur Batu Empedu…

Obat penghancur batu empedu…

Kesehatan
Berbagai Efek Samping Kemoterapi…

Berikut adalah berbagai efek…

Alami
Ramuan Alami Untuk Mengobati…

Ramuan alami untuk mengobati…

Kesehatan
Menu Sarapan Pengganti Kopi…

Rekomendasi alternatif menu sarapan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Jenis-Jenis Pengobatan Penyakit Batu Empedu

Pengobatan penyakit batu empedu sangat…

Penyakit
Gejala dan Komplikasi Penyakit Kawasaki

Gejala dan komplikasi penyakit kawasaki…

Penyakit
Ketahui Penyebab Bicara Gagap Pada Anak dan Dewasa

Penyebab bicara gagap pada anak…

Kirim Pertanyaan
Top