Kegunaan Dan Manfaat Daun Cakar Ayam Untuk Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun cakar ayam mungkin masih belum begitu familiar di kalangan masyarakat. Hal tersebut memang dikarenakan tumbuhan yang masih tergolong tanaman hias ini,  masih jarang di temui karena habitat hidupnya yang sering kali di temukan di dataran tinggi seperti pinggir jurang, tebing, di pinggir jalan daerah pegunungan dan tempat teduh lainnya yang memiliki suhu dingin. Meski begitu, jika kita mempelajarinya lebih lanjut, ternyata tanaman cakar ayam ini memiliki khasiat yang di percayai mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti, demam, radang, pembersih darah dan masih banyak lagi lainnya.


Untuk lebih menambah wawasan kita perihal tanaman obat, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk memberikan informasi selengkap mungkin terkait dengan kandungan dan fungsi daun cakar ayam sebagai tanaman obat herbal berkhasiat, yang akan kami informasikan dalam uraian singkat berikut.

Kandungan dan manfaat daun cakar ayam bagi kesehatan

Tanaman ceker ayam memiliki nama latin Selaginella doederleinii hieron merupakan sejenis tanaman hias yang masih tergolong ke dalam klasifikasi keluarga selaginellacea. Adapun nama lain cakar ayam di kalangan masyarakat lokal adalah cemara kipas gunung, cakar ayam, aku rane, usia, tai lantuan, menter, rumput solo, lingnai, sikili batu, shi shang be atau juang bai dan masih banyak lagi yang lainya.

Bentuk daun yang menyerupai cakar ayam merupakan ciri maupun deskripsi dari tanaman ini yang paling mudah di kenali. Pohonnya kecil dengan ketinggian hanya sekitar 35 cm, daun memanjang dengan pinggir daun yang agak tajam. Dan untuk ciri lebih detail lagi, mungkin gambar di bawah ini bisa lebih membantu.


Dan dari beberapa sumber yang telah kami dapatkan, bahwasannya terdapat beberapa senyawa penting yang terkandung di dalam tanaman cakar ayam. Bebrepa kandungan daun ceker ayam tersebut di antaranya adalah seperti alkaloid, flavonoid, glikoida, phytosterol, sapotin, sifat anti-piretik, hemostatik, anti-kanker, anti-racun dan anti-inflamsi. Maka tak heran jika daun cakar ayam ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, yang diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengatasi demam
Kegunaan daun cakar ayam bisa anda gunakan sebagai obat penurun panas alami. Hal tersebut di karenakan di dalamnya terkandung sifat anti-piretik, yang salah satu fungsinya dapat menurunkan demam tinggi pada orang dewasa maupun anak-anak. Selain mengambil sari patinya, anda juga bisa mengolahnya dengan cara merebus daun ini kemudian mengonsumsi air rebusannya hingga demam anda mereda.

2. Menghentikan pendarahan
Kandungan sifat hemostatik yang terdapat di dalam cakar ayam, sangat berkhasiat untuk menghentikan pendarahan secara alami. Baik pendarah karena mimisan atau luka yang tak kunjung berhenti mengeluarkan darah. Dengan menggunakan tanaman berkhasiat ini bermanfaat sebagai pembeku darah.

3. Mencegah radang
Beberapa kondisi peradangan pada tubuh seperti radang pada tenggorokan atau radang mulut bisa di cegah hanya dengan menggunakan tanaman herbal yang satu ini. Kandungan sifat anti-inflamasi di dalamnya mampu untuk meredakan rasa sakit pada bagian tubuh anda yang mengalami peradangan, sehingga rasa sakit tersebut pun bisa berkurang bahkan mereda.

4. Membersihkan darah
Khasiat daun cakar ayam lainnya adalah dapat menyaring darah anda.  Daun ini juga berfungsi untuk membersihkan berbagai macam kotoran yang masuk ke dalam aliran darah sehingga tidak menyebar ke seluruh bagian tubuh.

5. Mencegah penyakit Infeksi Saluran Kemih (ISK)
ISK atau infeksi saluran kemih merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang saluran kencing sehingga tak jarang penyakit ini menyebabkan anda kesulitan saat anda ingin buang air kecil. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan daun cakar ayam.

6. Membantu penyembuhan patah tulang
Kondisi patah tulang biasanya memerlukan waktu yang cukup lama untuk di pulihkan. Untuk membantu proses pemulihan lebih cepat, anda bisa menggunakan daun cakar ayam ini sebagai alternatifnya. Daun ini dapat membantu tubuh anda dalam proses penyembuhan tulang.

7. Menyehatkan ginjal
Salah satu organ tubuh yang bisa anda jaga kesehatannya dengan menggunakan daun cakar ayam adalah ginjal. Daun ini berkhasiat untuk menguatkan ginjal anda dari serangan racun  maupun penyakit lainnya yang berbahaya bagi kesehatan ginjal.

8. Membantu mengatasi penyakit kulit
Beberapa penyakit kulit seperti panu, kadas, kurap , gatal-gatal dan sebagainya bisa di obatai decara alternatif menggunakan daun cakar ayam sebagai obat luar. Anda bisa menghaluskan daun ini kemudian mengaplikasikannya pada bagian kulit yang bermasalah.

9. Besifat anti racun
Keistimewaan atau kelebihan dari daun cakar ayam termasuk khasiatnya dalam mengusir racun di dalam tubuh. Daun ini memiliki kandungan anti fungsi yang kuat untuk melawan racun yang masuk ke dalam tubuh dan mengendap di dalamnya.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi khasiat dari daun cakar ayam lainnya yang juga tak kalah istimewa, seperti halnya dapat mengatasi rematik, mengobati amandel, obat batuk, mengatasi perut kembung, anti diare hingga anti-kanker. Adapun cara pengolahnnya sendiri, selain dengan menggunakan daun cakar ayam segar, daun cakar ayam kering pun sering di gunakan bahkan kini telah banyak di kemas menjadi teh kesehatan. Cara mengolah daun cakar kering pun cukup mudah, yaitu siapkan terlebih dahulu daun cakar yang segar dan telah di bersihkan, kemudian jemur di bawah sinar matahari. Setelah kering anda bisa menyeduhnya dengan menggunakan segalas air panas. Dan di konsumsi secara teratur. Adapun untuk di jadikan obat luar, anda bisa menumbuk daun cakar ayam secukupnya, kemudian balurkan pada kulit yang bermasalah.

Nah, itulah ulasan singkat yang dapat kami informasikan pada kesempatan kali ini mengenai kegunaan dan manfaat daun cakar ayam bagi kesehatan. Semoga apa yang telah kami sampaikan kiranya bermanfaat bagi anda semua.

By Nida Saripah - Daun Kamis, 19 Januari 2017 11:40:35

Related Post :
Kesehatan
Pantangan Makanan Saat Sariawan…

Berikut adalah beberapa pantangan…

Manfaat
Manfaat Konsumsi Pisang Bisa…

Tidak hanya nikmat, ternyata…

Alami
Cara Alami Dan Ampuh…

Inilah cara alami dan…

Tips
Cara Ampuh Menghilangkan Varises…

Cara ampuh menghilangkan varises…

Tips
Tips Jitu Menghilangkan Milia…

tips jitu menghilangkan milia…

Manfaat
Ini Dia Berbagai Manfaat…

Berbagai manfaat kacang-kacangan bagi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun Jukut Pendul Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut adalah berbagai khasiat dan…

Daun
Daun
Berbagai Khasiat Dan Manfaat Daun Mangga Bagi Kesehatan Tubuh

Mengenal berbagai khasiat dan manfaat…

Kirim Pertanyaan
Top