Kandungan Gizi Dan Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat brokoli bagi kesehatan sudah begitu familiar di kenal oleh masyarakat. Sehingga tak jarang jenis sayur mayur yang satu ini sering kali di hidangkan sebagai menu makanan sehat di meja makan, terlebih untuk anak-anak. Karena memang brokoli sendiri memiliki begitu banyak kandungan gizi dan bagi kesehatan terutama untuk menunjang pertumbuhan anak-anak. Namun, pada kenyataannya tidak banyak yang menyukai sayuran ini. Alasannya, memang karena sayuran yang satu ini tidak memiliki rasa enak seperti sayuran lainnya. Sehingga bunda pun perlu menyulapnya menjadi kreasi masakan yang unik dan lezat yang disukai oleh anak-anak.


Brokoli atau Brassica oleracea L. adalah sejenis sayuran yang yang masih termasuk ke dalam suku kubis-kubisan yang berasal dari laut tengah. Sedangkan jenis sayuran ini baru masuk ke Indonesia sekitar pada tahun 1970-an. Meski memiliki bentuk yang hampir sama dengan kembang kol, namun perbedaan jelas nampak pada keduanya. Brokoli Sendiri memiliki warna hijau pekat sedangkan kembang kol berwarna putih.

San perlu untuk anda ketahui, bahwasnnya Kandungan gizi yang terdapat di dalam brokoli sangatlah tinggi terutama beberapa kandungan vitamin seperti vitamin A, B, C, D dan K. Selain itu, di dalam sayuran ini pula terdapat beberapa jenis mineral seperti serat, kalsium, zat besi dan kalori. Beberapa kandungan vitamin dan mineral tersebut, jelas sangat baik bagi kesehatan tubuh mulai pada anak-anak, dewasa bahkan pada ibu hamil sekalipun.

Maka dari itu, tak heran jika di dalamnya terkandung berbagai macam manfaat yang sangat baik bagi kesehatan, kecantikan bahkan hingga kesuburan wanita. Namun yang akan kami bahas pada kesempatan kali ini hanya manfaat brokoli yang berkaitan dengan kesehatan saja. Adapun berbagai manfaat brokoli untuk kesehatan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A dan carotenoid lutein yang melimpah di dalam brokoli dapat membantu mencegah berkurangnya penglihatan akibat bertambahnya usia. Bahkan tak hanya itu, kandungan yang terdapat di dalam brokoli juga dapat menjaga kesehatan mata dari gangguan mata katarak.

2. Mengontrol kolesterol

Serat yang terdapat di dalam brokoli sangat baik untuk mengendalikan penumpukan kolesterol di dalam tubuh. Hal ini tentunya sangat baik bagi kesehatan dan menghindarkan kita dari penyakit jantung. Maka dari itu, ada baiknya untuk memaskan brokoli dengan cara di rebus untuk menghindari minyak goreng.

3. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Kandungan sulforaphane yang terdapat di dalam brokoli mampu untuk menekan resiko pada gangguan pencernaan seperti halnya maag dan infeksi lambung. Kandungan senyawa ini yang mampu mempengaruhi peningkatan produksi enzim pada hati. Bahkan kandungan ini pula mampu untu menggandeng bahan-bahan karsinogen penyebab kanker dan mengeluarkannya dari sel.

4. Sumber antioksidan

Salah satu kandungan yang cukup tinggi di dalam brokoli adalah vitamin C nya. Sehingga tak heran jika brokoli ini menjadi sumber antioksidan yang baik untuk menjaga sistem imun dan menangkal radikal bebas di dalam tubuh.

5. Menjaga kesehatan jantung

Para peneliti yang berada di bawah naungan Institute for Research di Norwich di Inggris, baru-baru ini telah mengembangkan 2 jenis brokoli unggulan yang mengandung glucoraphanin 2-3 kali lebih banyak di bandingkan jenis biasanya. Karena kandungan zat ini sendiri di ketahui sangat baik untuk mencegah berbagai penyakit dan menjaga kesehatan jantung.

6. Mengontrol tekanan darah

Kandungan potasium yang terdapat di dalamnya sangat penting untuk mengontrol tekanan darah di dalamnya, terlebih bagi anda yang kini tengah mengalami tekanan darah tinggi.

7. Mencegah kanker

Brokoli juga mengandung senyawa indole dan isothiocyanate serta fitokia, yang mana beberapa kandungan tersebut dalam beberapa studi dapat mencegah kanker tertentu, terutama kanker prostat dan kanker payudara.

8. Menyehatkan otak

Otak merupakan salah satu organ vital di dalam tubuh manusia yang sangat penting. Kandungan vitamin C, K dan asam lemak omega-3 dalam brokoli mampu untuk meningkatkan memori, kecerdasan, serta kesehatan otak.

9. Mengontrol gula darah

Bagi anda yang kini tengah menderita diabetes atau pra-diabetes sangat baik jika anda mengonsumsi jenis sayuran ini setiap hari. Karena kandungan brokoli sendiri mampu mengatur gula darah dan mencegah terjadinya lonjakan gula.

Selain untuk kesehatan tubuh, ternyata masih terdapat manfaat lainnya dari brokoli. Salah satunya adalah manfaat brokoli untuk ibu hamil. Karena seperti kita ketahui ibu hamil memerlukan asupan gizi yang cukup, dan hal itu bisa terpenuhi dengan mengonsumsi brokoli. Sebab brokoli memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi yang bisa menghindarkan ibu hamil dari penyakit anemia. Brokoli juga sangat berguna dalam perkembangan bayi kelak. Hal tersebut di karenakan Asam lemak omega-3, asam folat, vitamin K , kolin serta beta karoten yang di perlukan oleh ibu hamil terdapat di dalam jenis sayuran yang satu ini.

Untuk mendapat berbagai manfaat brokoli yang telah di sebutkan diatas, anda juga perlu memperhatikan cara memasaknya yang baik dan juga benar.  Seperti tidak di goreng dengan menggunakan minyak, tidak  di masak terlalu lama, dan usahakan agar brokoli di masak secara langsung serta tidak di sampai di kulkas terlalu lama.

By Nida Saripah - Manfaat Jum'at, 20 Januari 2017 10:06:44

Related Post :
Ibu Dan Anak
Tips Agar Bayi Tidak…

Waktu memandikan bayi merupakan…

Penyakit
Penyebab Dan Gejala Gondongan…

Penyebab dan gejala gondongan…

Kesehatan
Vaksin Dan Langkah Pencegahan…

Vaksin dan langkah pencegahan…

Penyakit
Makanan Yang Dapat Merusak…

Makanan Yang Dapat Merusak…

Manfaat
Khasiat dan Manfaat Buah…

harga buah delima yang…

Tips
Obat Alami Batu Ginjal…

Obat Alami Batu Ginjal…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Ini Dia Manfaat Tak Terduga Kacang Walnut Untuk Kesehatan

Kacang walnut memiliki manfaat yang…

Manfaat
Manfaat Femmilove Untuk Mengatasi Masalah Kewanitaan

Berikut adalah khasiat dan manfaat…

Manfaat
Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan

Bidara adalah tanaman yang mempunyai…

Kirim Pertanyaan
Top