Cara Tenangkan Bayi Sering Menangis dengan Akupuntur

Bayi yang menangis secara berlebihan merupakan faktor utama yang menjadi kendala bagi orangtua. Tentu hal ini menimbulkan kekhawatiran bagi orangtua, terutama orangtua baru. Banyak orangtua yang tidak mengetahui penyebab bayi menangis, sehingga sulit untuk mengatasinya.

Umumnya, orangtua kerap kali menimamng, menggendong, atau memberikan ASI untuk menghentikan bayi menangis. Namun, jika cara-cara tersebut tidak berhasil, ternyata ada cara lain yang bisa dilakukan untuk meredakan bayi sering menangis.


Dalam jurnal Acupunture in Medicine, akupuntur bisa membuat bayi yang alami kolik lebih tenang dibandingkan dengan perawatan standar yang biasanya dilakukan. Kolik merupakan kondisi bayi menangis lebih dari 3 jam per hari selama minumal tiga hari seminggu.

Selama ini akupuntur biasa diterapkan untuk orang dewasa. Manfaatnya mulai dari meredakan nyeri hingga meningkatkan sistem pencernaan. Namun, ternyata akupuntur juga bisa membantu menenangkan bayi yang sering menangis.

Temuan ini diketahui setelah peneliti menganalisis 147 bayi sehat yang berusia 2 dan 8 minggu didiagnosis kolik. Bayi ini terbagi dalam 3 kelompok. Salah satu kelompok mendapatkan terapi akupuntur.

Kelompok pertama diberikan standar akupuntur di sisi antara jari telunjuk dan ibu jari selama 2-5 detik. Kelompok selanjutnya mendapat akupuntur di 5 titik di tangan dan kaki sekitar 30 detik. Selama 2 minggu orangtua diberi buku catatan kapan saja bayi menangis.

Rupanya bayi cenderung mengalami pengurangan menangis pada kedua kelompok yang mendapatkan terapi akupuntur dibandingkan dengan kelompok standar pengobatan kolik. Hasil penelitian juga menunjukkan jika akupuntur memiliki efek jangka panjang.

Salah satu peneliti yang juga suster dan dosen di Lund University, Swedia, Kajsa Landgren menambahkan, akupuntur pada bayi dilakukan dengan menggunakan jarum yang lebih kecil dan dengan periode yang lebih pendek dibandingkan dengan orang dewasa.

Dalam British Medical Journal yang ditulis oleh para peneliti menyebutkan bahwa rewel dan menangis adalah komunikasi yang normal bagi bayi, karena hal tersebut merupakan proses pertumbuhan yang normal. Namun tentunya, akan lebih baik jika bayi tersebut tidak terlalu sering menangis, dan hal tersebut dapat diatasi dengan teknik akupuntur. Bagi mereka yang memiliki bayi dengan intensitas menangis selama lebih dari 3 jam sehari, maka tenangkan bayi sering menangis dengan akupuntur bisa menjadi solusi yang efektif.

By Sri Maryati - Ibu Dan Anak Jum'at, 20 Januari 2017 13:39:56

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…

  • Manfaat faksin untuk bayi dan balita

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok, saya mau bertanya sebenarnya apa sih manfaat vaksin untuk bayi maupun balita? bagaimana jika anak ketinggalan salah satu vaksin, apa vaksin selanjutnya ganda atau bagaimana?

  • cara mengatasi luka memar pada kulit anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok, anak saya sekarang berusia 1 tahun dan sudah mulai belajar untuk berjalan. anak saya sering sekali terjatuh, sehingga ada beberapa luka memar warna biru keunguan di kulitnya. adakah cara…

  • cara meningkatkan nafsu makan anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Siang, Bu. Anak saya sekarang berusia 5 tahun dan sangat susah ketika di suruh untuk makan. Saya sudah melakukan berbagai cara agar anak mau makan, hingga memberikannya vitamin penambah nafsu…


Ibu Dan Anak
Mengetahui Cara Merawat Bayi Prematur di Rumah

Bayi yang lahir prematur memang…

Ibu Dan Anak
Ibu Dan Anak
Ciri Penyakit Demam Berdarah Pada Anak

Ciri penyakit demam berdarah pada…

Tambah Pertanyaan
Top