Hal Yang Harus Dilakukan Saat Kepala Bayi Terbentur

Hal yang Harus Dilakukan Saat Kepala Bayi Terbentur

Bayi memang belum memiliki koordinasi dan kendali yang sempurna terutama terjadi pada bayi dan anak dibawah usia 3 tahun (batita). Sering terjadi seperti menabrak benda yang didepannya, jatuh, atau kejatuhan barang lain. Jika pada saat itu terjadi kepala bayi terbentur, anda tidak perlu khawatir dan panik, biasanya cedera pada kepala bayi dan batita bisa sembuh sendiri dan tidak akan menyebabkan masalah yang serius.


Berikut ini Yang Harus Dilakukan pada Bayi dan Batita

Kasus benturan kepala yang dialami oleh bayi dan batita kebanyakan tidak bersifat serius. Biasanya luka yang dialaminya hanya terbentuk pada kulit atau wajah. Tetapi karena kepala bayi dan batita masih lunak dan dalam tahap perkembangan, maka benturan sedikit saja bisa berakibat luka yang kelihatannya serius seperti mengalami memar, benjol, ataupun lecet. Dalam waktu seminggu biasanya luka tersebut akan hilang.

Apabila benturan sangat keras, bayi kemungkinan mengalami luka dalam meliputi tengkorak retak hingga patah, kerusakan pada otak, atau pembuluh darah pecah.

Apakah harus dibawa ke Rumah Sakit?

Harus anda perhatikan bayi dan batita setelah terbentur kepalanya, gejala yang normal setelah terbentur kepala seperti benjolan, luka lecet, memar, atau luka yang terbuka, mengantuk karena kelelahan menangis atau menahan sakit.

Disamping gejala-gejala yang normal, harus anda perhatikan juga beberapa tanda-tanda berikut ini sebaiknya segera bawa ke IGD serta hubungi dokter anak.

  • Rewel atau sulit ditenangkan karena merasakan sakit pada leher atau kepala.
  • Kejang-kejang, muntah.
  • Terdapat luka yang terbuka cukup parah sehingga butuh jahitan.
  • Kehilangan tenanga, kehilangan keseimbangan, lemas atau lumpuh tidak bisa bergerak.
  • Gangguan pendengaran, penglihatan, dan bicara.
  • Pendarahan atau keluar cairan bening dari telinga, mulut, atau hidung.
  • Telinga berdengung dan pupil mata membesar.
  • Saat tidur sulit dibangunkan dan sulit bernafas.

Panduan Menangani Kepala Bayi Terbentur di Rumah

  • Kompreslah dengan es batu yang dibungkus kain lembut kurang lebih selama 20 menit ke bagian yang luka atau terbentur setiap 3 - 4 jam sekali.
  • Jika ada luka yang terbuka, bersihkan dengan sabun bayi dan air hangat, setelah itu oleskan salpe khusus untuk mencegah infeksi kemudian tutup luka dengan kain lembut atau plester. Gantilah plester secara rutin sambil memeriksa lukanya.
  • Biarkan bayi istirahat tetapi sekali-kali cek bayi anda apakah masih bernafas dan jika bayi tidak bisa dibangunkan segera cari bantuan gawat darurat.
  • Anda bisa memberikan paracetamol khusus bayi dan anak dengan dosis yang wajar untuk mengurangi rasa sakit. Tetapi, sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter anak untuk memastikan obat apa yang aman dikonsumsi.

Apabila buah hati anda tampak aneh setelah terbentur seperti susah makan, dan selalu rewel segera periksakan ke dokter anak.

By Ana Rediana - Ibu Dan Anak Sabtu, 21 Januari 2017 07:45:41

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…

  • Manfaat faksin untuk bayi dan balita

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok, saya mau bertanya sebenarnya apa sih manfaat vaksin untuk bayi maupun balita? bagaimana jika anak ketinggalan salah satu vaksin, apa vaksin selanjutnya ganda atau bagaimana?

  • cara mengatasi luka memar pada kulit anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok, anak saya sekarang berusia 1 tahun dan sudah mulai belajar untuk berjalan. anak saya sering sekali terjatuh, sehingga ada beberapa luka memar warna biru keunguan di kulitnya. adakah cara…

  • cara meningkatkan nafsu makan anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Siang, Bu. Anak saya sekarang berusia 5 tahun dan sangat susah ketika di suruh untuk makan. Saya sudah melakukan berbagai cara agar anak mau makan, hingga memberikannya vitamin penambah nafsu…


Ibu Dan Anak
Tips Sehat untuk Menaikkan Berat Badan Anak

Anak yang memiliki berat badan…

Ibu Dan Anak
Gejala Autisme Pada Anak Yang Perlu Diketahui

Autisme merupakan gangguan perkembangan yang…

Ibu Dan Anak
Kebiasaan Sering Gigit Bibir pada Anak Bisa Picu Kista

Kebiasaan menggigit bibir bawah pada…

Tambah Pertanyaan
Top