Kebiasaan Sering Gigit Bibir pada Anak Bisa Picu Kista

Share dan Tag Temanmu di :

Setelah pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai manfaat dan bahaya kebiasaan menghisap jari pada bayi, kini salah satu kebiasaan yang juga kerap dilakukan oleh anak adalah menggigit bibir.


Bunda, kebiasaan sering mengigit bibir pada anak, terutama bibir bawah ini sebaiknya dihindari. Pasalnya, gigitan yang mengenai kelenjar air liur  bisa memicu timbulnya kista yang berwujud benjolan kecil berisi air di area mulut anak. Selain karena kebiasaan menggigit bibir bagian bawah, kista ini juga bisa disebabkan oleh faktor lain, seperti terbentur saat main atau tersedok sikat gigi.

Benjolan yang timbul akibat terjadinya kerusakan pada kelenjar ludah minor sehingga terjadi penggumpalan saliva di bawah mukosa bibir disebut dengan muccocle. Sedangkan, jika kelenjar ludah mayor rusak, bisa memicu timbulnya kondisi yang dinamakan ranula.

Muccocle yang terjadi pada setiap orang berbeda. Umumnya berukuran 2-10 milimeter. Benjolan ini juga bisa maembesar jika terus menerus terkena gesekan. Kista ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya meski pada beberapa kasus juga bisa semakin membesar atau timbul kembali.

Sedangkan pada kasus ranula biasanya tampak benjolan berisi cairan warna kebiruan pada dasar mulut. Ranula yang berukuran besar dapat menyebabkan lidah terangkat, sehingga anak mengalami gangguan makan dan bicara. Pada ranula, benjolan yang tidak tertangani bisa menembus otot, sehingga tampak dari luar yakni di bawah rahang. Kondisi ini disebut sebagai deep ranula atau plunging ranula.

Penyebab timbulnya kista pada mulut anak, baik itu muccocle ataupun ranula adalah trauma dan sumbatan batu. Trauma karena kebiasaan menggigit bibir termasuk salah satu penyebabnya. Sedangkan penyumbatan batu terbentuk karena dekalsifikasi atau penumpukan mineral kalsium dari air liur.

Tindakan pengobatan pada kedua kasus kista ini berbeda. Pada muccocle, dokter bedah mulut akan melakukan pengambilan kelenjar yang rusak dengan scalpel ataupun sinar laser. Sedangkan pada ranula, jika sampai menembus otot, maka perlu operasi yang lebih rumit.

Spesialis Bedah Mulut RaDental Clinic RSIA Grand Family mengatakan bahwa baik muccocle dan ranula bukan merupakan suatu keganasan yang biasanya ditakutkan oleh orantua. Dengan tindakan yang tepat, maka keduanya bisa sembuh tanpa komplikasi yang berarti.

Yang penting, bunda jangan coba-coba untuk mengatasinya sendiri dengan cara menusuk benjolan itu dengan menggunakan jarum. Ditakutkan justru bisa menimbulkan infeksi. Segera bawa anak ke dokter jika bunda mendapati si kecil mengalami kista tersebut.

By Sri Maryati - Ibu Dan Anak Sabtu, 21 Januari 2017 10:35:18

Related Post :
Obat Kimia
Bahaya Penggunaan Antibiotik Yang…

Waspadai bahaya penggunaan antibiotik…

Tips
Hindari Makanan Pemicu Naiknya…

Menghindari makanan pemicu naiknya…

Obat Kimia
Obat Hydrochlorothiazide Untuk Meningkatkan…

Hydrochlorothiazide merupakan obat diuretik…

Manfaat
Kebaikan dan Manfaat Makanan…

Selain memiliki rasa yang…

Obat Kimia
Retinoic Acid Obat Untuk…

Retinoic acid obat untuk…

Alami
Obat Stroke Ringan Yang…

Obat stroke ringan yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Ibu Dan Anak
Gejala Penyakit Kawasaki Pada Anak

Penyakit Kawasaki merupakan penyakit yang…

Ibu Dan Anak
Cara Mencegah Penyakit Diabetes Pada Anak

Cara mencegah penyakit diabetes pada…

Kirim Pertanyaan
Top