Khasiat Dan manfaat Daun Kahitutan Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun kahitutan (Paederia scandens) ternyata memiliki efektifitas dalam pengobatan alami berbagai penyakit. Namun sayangnya banyak dari masyarakat yang belum mengetahuinya. Bahkan tak hanya manfaatnya, mungkin sebagian besar dari masyarakatpun belum pernah mengetahui ataupun melihat bentuk dari tanaman obat herbal yang satu ini. Bagi anda yang ingin mengetahui informasi selengkapnya mengenai khasiat dan manfaat daun kahitutan bagi kesehatan, anda bisa menyimak infoermasi berikut ini.


Daun kahitutan atau juga sering di sebut juga dengan daun kentutan atau daun kentut dalam terminologi sunda mungkin di anggap sebagai daun yang menjijikan, karena memiliki aroma yang tidak sedap seolah-olah seperti bau kentut. Namun siapa sangka di balik itu terkandung khasiat yang cukup signifikan bagi kesehatan tubuh. Bagi masyarakat di pinggiran kota ataupun pedesaan, pastinya sangat mudah untuk menemukan keberdaan tanaman yang satu ini.

Daun kahitutan sendiri merupakan salah satu jenis tanaman herba tahunan yang memiliki batang memanjat dengan panjang sekitar 3-5 meter. Habitat dari tanaman ini adalah di lapang terbuka, tebing-tebing sungai, semak belukar, bahkan terjkadang di rambatkan di paga-pagar rumah. Panjang tangkainya bisa mencapai 1-5 meter. Bentuk daun kahitutan sendiri tunggal, berbentuk bulat telur atau lonjong. Sedangkan pangkal daun berbentuk jantung, tepunya rata, ujungnya runcing, tulang daun menyirip dengan ciri khasnya mengeluarkan bau kentut.

Kandungan dan manfaat daun kahitutan bagi kesehatan


Di daerah China , daun ini di sebut dengan Ji shi teng. Menurut pakar herbalis disana, daun ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan apabila di konsumsi secara rutin, maka secara signifikan bisa membantu meningkatkan kesahatan tubuh. Hal itu di karenakan kandungan zat senyawa tersembunyi yang melimpah di dalamnya dan baik untuk kesehatan. Beberapa kandungan tersebut diantaranya seperti asperuloside, deacetylasperuloside, scandoside, paederosid, paederosidic acid, gama-sitosterol, arbutin, oleanolic acid dan minyak menguap. Adapun khasiat daun kahitutan secara menyeluruh adalah sebagai berikut.

1. Mengatasi sakit perut
Saat anda mengalami sakit perut atau perut mules anda bisa menggunakan ramuan daun kentut untuk mengatasinya. Cara pemakaiannya, ambil terlebih dahulu 25 lembar daun kahitutan yang telah di bersihkan, lalu kukus dan kemudian di makan. Sedangkan untuk pengobatan luarnya anda bisa melayukan daun kahitutan di atas api dan kemudian tempelkan pada bagian perut yang mules.

2. Mengatasi gangguan mata
Jika nada kini sedang mengalami gangguan mata, seperti mata bengkak anda bisa menggunanakan daun ini. Caranya, cukup dengan merebus beberapa daun ini dengan menggunakan air hingga mendidih. Jika ait sudah berubah menajdi hangat, anda bisa membngkus daun dengan menggunakan kain kemudian letakanlah di tas mata yang sakit sampai akhirnya daun tersebut menjadi dingin.

3. Mengatasi sakit lambung
Bagi anda yang kini sedang menderita sakit lambung, anda bisa menggunakan sekitar 60 gram daun kahitutan segar, kemudian tumbuk hingga lumat menyerupai bubur. Tambahkan secangkir air matang dan 1-2 sendok teh garam, aduk secara merata, lalu minum sebelum makan.

4. Mengatasi Herpes zoster
Untuk pengolahannya sendiri, anda bisa mencuci beberapa lembar daun kahitutan terlebih dahulu, kemudian  tumbuk hingga seperti menjadi bubur. Tambahkan sedikit garam kedalamnya, kemudian balurkan pada gelembung-gelembung kecil yang merupakan gejala herpes zoster yang nampak pada kulit.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi khasiat daun kahitutan lainnya. Seperti:

  • Membantu meredakan rasa sakit pada luka, mata dan telinga.
  • Membantu bayi yang memiliki gangguan pada penyerapan makanan atau malnutrisi.
  • Membantu mengobati penyakit radang usus, sakit kuning (hepatitis) dan disentri.
  • Membantu mengatasi perut kembung, kejang kandung empedu dan saluran pencernaaan.
  • Membantu mengobati penyakit bronkitis.
  • Kekurangan darah putih akibat penyinaran.
  • Membantu mengobati luka akibat benturan, tulang patah dan juga keseleo.
  • Membantu mengatasi keracunanan organik pada produk-produk pertanian.
  • Kencing menjadi tidak lancar.

Nah, itulah informasi yang dapat kami sampaikan seputar khasiat dan manfaat daun kahitutan bagi kesehatan. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda seputar dunia kesehatan herbal. Salam sehat!

By Nida Saripah - Daun Sabtu, 21 Januari 2017 13:36:10

Related Post :
Penyakit
Ciri-Ciri Penderita Penyakit Jantung…

Jantung lemah adalah suatu…

Ibu Dan Anak
Cara Merawat Kulit Bayi…

Cara Merawat Kulit Bayi…

Penyakit
Mengetahui Perbedaan Penyakit Maag…

Meskipun memiliki beberapa gejala…

Alami
Obat Nyeri Sendi Di…

Obat nyeri sendi di…

Kesehatan
Obat dan Makanan Ini…

Sebelum mengonsumsi obat, kita…

Alami
Obat Rakitis Alami Pada…

obat rakitis alami pada…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Kirim Pertanyaan
Top