9 Makanan untuk Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh Anak

Memiliki anak yang sehat tentu menjadi keinginan semua orangtua. Beragam cara dilakukan para orangtua untuk memberikan yang terbaik kepada anaknya, termasuk memberikan makanan untuk memperkuat kekebalan tubuh anak.


Ketika sistem kekebalan tubuh anak kuat, maka tubuhnya dapat mempertahankan diri dari berbagai infeksi dan alergi, dalam arti lain si kecil tidak akan mudah sakit.

Namun, apakah makanan yang ibu berikan sudah tepat dan cukup untuk memperkuat kekebalan tubuh anak ?

Berikut ini beberapa jenis makanan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh anak :

Sayuran

Tidak hanya sayur hijau, semua jenis sayuran yang mengandung karotenoid akan baik jika dikonsumsi anak. Antioksidan pada sayuran dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai masalah kesehatan. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam sayur juga bisa mengurangi risiko terkena penyakit flu pada anak-anak. Pakar kesehatan anak merekomendasikan si kecil untuk mengonsumsi sayur setiap hari agar tetap sehat.

Kembang kol


Kandungan serat, fitokimia, dan nutrisi lainnya yang ada didalam kembang kol baik untuk sistem kekebalan tubuh si kecil.

Buah beri


Semua jenis buah beri menjadi jenis buah yang baik dikonsumsi oleh anak-anak, karena beri ini mengandung vitamin dan antioksidan yang memperkuat sistem kekebalan tubuh anak.

Bawang putih

Mungkin tidak semua anak menyukai bawang putih. Namun, salah satu jenis makanan ini mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh juga meningkatkan jumlah sel darah putih.

Kenari

Asam lemak omega 3 yang terkandung didalam kenari mampu mencegah masalah pernapasan pada anak-anak. Kecuali bagi anak yang memiliki alergi kacang-kacangan.

Lentil

Mengonsumsi lentil sangat baik bagi keseahtan usus dan sistem kekebalan tubuh anak.

Sup ayam

Jenis makanan ini dapat mencegah infeksi yang menyerang si kecil, khususnya di musim penghujan yang rentan membuat anak flu dan demam. Dengan mengonsumsi sup ayam, maka secara otomatis dapat meningkatkan sistem imun tubuh anak.

Telur

Protein dan vitamin dalam sebutir telur mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Yoghurt

Selain untuk orang dewasa, yoghurt yang mengandung probiotik ternyata juga aman dikonsumsi oleh anak-anak. Yoghurt secara langsung dapat meningkatkan kekebalan tubuh, bahkan beberapa studi menyatakan jika anak-anak yang mengonsumsi yoghurt cenderung jarang sakit dibandingkan dengan anak-anak yang tidak pernah mengonsumsi yoghurt sama sekali.

By Sri Maryati - Ibu Dan Anak Senin, 23 Januari 2017 10:24:20

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…

  • Manfaat faksin untuk bayi dan balita

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok, saya mau bertanya sebenarnya apa sih manfaat vaksin untuk bayi maupun balita? bagaimana jika anak ketinggalan salah satu vaksin, apa vaksin selanjutnya ganda atau bagaimana?

  • cara mengatasi luka memar pada kulit anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok, anak saya sekarang berusia 1 tahun dan sudah mulai belajar untuk berjalan. anak saya sering sekali terjatuh, sehingga ada beberapa luka memar warna biru keunguan di kulitnya. adakah cara…

  • cara meningkatkan nafsu makan anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Siang, Bu. Anak saya sekarang berusia 5 tahun dan sangat susah ketika di suruh untuk makan. Saya sudah melakukan berbagai cara agar anak mau makan, hingga memberikannya vitamin penambah nafsu…


Ibu Dan Anak
Pertolongan Pertama Saat Anak Kejang Demam Atau Step Di Rumah

Pertolongan pertama saat mengalami kejang…

Ibu Dan Anak
Ibu Dan Anak
Makanan Sehat Yang Baik Dikonsumsi Anak

Informasi penting untuk para orang…

Tambah Pertanyaan
Top