Dampak Mengonsumsi Vitamin C dengan Dosis Tinggi

Share dan Tag Temanmu di :

Karena tubuh tidak dapat memproduksi ataupun menyimpan vitamin ini secara alami, maka kita perlu mengonsumsi vitamin C secara teratur. Vitamin C ini adalah vitamin yang larut dalam air dengan salah satu manfaatnya adalah untuk membantu tubuh menyerap zat besi. Vitamin C juga bermanfaat dalam mendukung pertumbuhan badan secara normal. Selain itu, vitamin C berperan dalam membantu melindungi sel-sel tubuh, membantu penyembuhan luka, dan membantu menjaga kesehatan jaringan ikat.


Secara alami vitamin C bisa didapatkan dari sayuran dan buah-buahan segar, seperti strawberry, jeruk, kiwi, jambu biji, kembang kol, dan sawi putih. Selain itu, vitamin C juga bisa didapatkan dari suplemen vitamin C.

Walaupun manfaat vitamin C begitu banyak bagi kebaikan tubuh manusia, namun terlalu banyak mengonsumsi vitamin C ternyata juga dapat mendatangkan penyakit. Didalam tubuh, kelebihan vitamin C akan dikeluarkan melalui urin. Namun, jika dikonsumsi setiap hari dengan dosis tinggi, maka bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan.

Berikut ini dampak mengonsumsi vitamin C dengan dosis tinggi bagi tubuh :

Diare

Dampak yang umum terjadi jika Anda mengonsumsi vitamin C dengan dosis tinggi adalah diare. Jika tidak segera ditangani, maka kondisi ini bisa menyebabkan Anda dehidrasi, sehingga membuat Anda lemas, warna urin menjadi pekat, dan haus yang  berlebihan. Diare juga bisa mengakibatkan ketidakseimbangan mineral dalam tubuh.

Mual muntah

Vitamin C dalam dosis tinggi akan meningkatkan produksi asam lambung dalam tubuh. Asam lambung yang tinggi akan mengakibatkan seseorang merasa mual dan muntah.

Batu ginjal

Vitamin C yang diserap tubuh akan dikeluarkan melalui urin dalam bentuk oksalat. Batu ginjal terbuat dari kristal kecil yang terbentuk dari kalsium serta oksalat. Biasanya mereka akan keluar dengan sendirinya, namun akan menyebabkan rasa sakit. Penggunaan vitamin C dalam dosis tinggi yang sebenarnya tidak dibutuhkan tentu dapat memicu terbentuknya batu ginjal.

Seorang ahli gizi menjelaskan bahwa meskipun sebagian besar multivitamin aman utnuk dikombinasikan dengan makanan, namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari vitamin C, maka konsultasikan terlebih dahuli dengan dokter mengenai dosis yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

Untuk meminimalkan risiko kelebihan vitamin C, maka disarankan untuk mendapatkan asupan vitamin C dari beragam sayur dan buah dibandingkan dari suplemen vitamin C. Pastikan untuk mengonsumsi minumal 1 jenis makanan yang kaya akan vitamin C setiap harinya.

By Sri Maryati - Kesehatan Senin, 23 Januari 2017 13:13:47

Related Post :
Kesehatan
Sering Bersendawa Terus-Terusan? Hati-Hati…

Penyebab sering bersendewa berlebihan…

Manfaat
Manfaat Daun Cermai Untuk…

Informasi tentang daun cermai,…

Kesehatan
Penyebab Tubuh Sering Terasa…

Berikut ini adalah berbagai…

Obat Kimia
Benzoyl Peroxide Obat Untuk…

Benzoyl Peroxide Obat Untuk…

Tips
Cara Efektif Atasi Lidah…

Mengonsumsi makanan atau minuman…

Ibu Dan Anak
Mengetahui Cara Merawat Bayi…

Bayi yang lahir prematur…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Kesehatan
Macam-Macam Imunisasi Dasar Untuk Anak Dan Fungsinya

Macam-macam imunisasi dasar lengkap untuk…

Kesehatan
Waspada! Ternyata Ada Bahaya Ngorok Saat Tidur Bagi Kesehatan

Waspada! ternyata ada bahaya ngorok…

Kirim Pertanyaan
Top