Tips Agar Bayi Tidak Rewel saat Mandi yang Perlu Diketahui

Share dan Tag Temanmu di :

Bagi sebagian ibu, memandikan bayi mungkin menjadi hal yang cukup membingungkan sekaligus mendebarkan, terutama bagi ibu baru yang tidak cukup memiliki pengalaman. Ketakutan tergelincir dan tangisan bayi seringkali membuat mereka panik terlebih dahulu sebelum selesai memandikan buah hatinya. 


Menurut The World Health of Organization (WHO), bayi yang baru lahir harus menunggu 24 jam untuk dimandikan. National Health Service (NHS) di Inggris menyarankan untuk memandikan bayi dengan cara mencuci wajah, leher, tangan, dan kakinya. Metode tersebut efektif untuk membersihkan bayi, hingga ibu dengan cukup percaya diri untuk memandikannya dalam bathtub. 

Memang tidak semua ibu bisa dengan mudah mengerjakan salah satu kewajiban ini. Banyak diantara mereka yang merasakan suatu pengalaman dimana bayi mereka yang masih berusia beberapa bulan selalu menangis dan berteriak histeris saat akan dimandikan. 

Padahal, waktu memandikan bayi bisa menjadi momen ibu untuk mempererat hubungan dengan si kecil. Dengan catatan, ibu harus menciptakan agar waktu mandi terasa seru dan menyenangkan bagi si kecil. Sehingga ia tidak menangis atau rewel. 

Seorang suster maternal dan penulis buku Blissful Baby, Lisa Clegg, menguraikan tiga tips agar bayi tidak rewel saat mandi yang perlu diketahui :

Mandi bersama dalam satu bathtub dengan bayi

Bayi yang mandi bersama ibu akan lebih mudah tenang dan tidak rewel. Cara ini cukup efektif untuk membuat ibu merasa rileks sehingga memengaruhi produksi ASI. Menurut Clegg, bayi akan merasa tenang dan aman dalam pelukan atau genggaman ibu selama mandi. Memeluk bayi dalam air hangat menjadikan si kecil tidak menangis dan stres

Mainan plastik dan berwarna

Clegg juga menyarankan untuk membawa mainan berwarna saat mandi. Ini bisa merangsang mata bayi untuk mulai mengenali rona dan mengidentifikasi lingkungan sekitar. 

Teratur dan rutin

Mandi dalam waktu yang sama setiap hari bisa membuat bayi secara refleks bersiap pada aktivitas tersebut. Biasakanlah untuk memandikan bayi sebelum makan atau minum susu. Cara ini membuat mereka lebih rileks dan tidak rewel saat dimandikan. 

Itulah beberapa tips yang bisa bunda lakukan untuk menciptakan waktu mandi yang menyenangkan bagi sikecil, sehingga ia tidak rewel saat dimandikan. Semoga membantu.

By Sri Maryati - Ibu Dan Anak Selasa, 24 Januari 2017 13:43:53

Related Post :
Ibu Dan Anak
Fakta Menarik Tentang Bayi…

Fakta menarik tentang bayi…

Penyakit
Mewaspadai Penyebab dan Gejala…

Mewaspadai penyebab dan gejala…

Kesehatan
Makanan Untuk Melancarkan Haid…

Makanan untuk melancarkan haid…

Penyakit
Mengenal Penyebab Dan Gejala…

Anak anda mengalami gejala…

Kesehatan
Penyebab dan Gejala Gangguan…

Gangguan bipolar tidak bisa…

Kesehatan
Aneh! Penyakit Ini Bikin…

Berbeda dengan penyakit pada…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Selain Susah Makan Ini Penyebab Anak Susah Gemuk

Selain susah makan, ketahui penyebab…

Ibu Dan Anak
Ibu Dan Anak
Alasan Mengapa Bayi Prematur Memerlukan Inkubator

Bayi prematur merupakan bayi yang…

Kirim Pertanyaan
Top