Khasiat Manfaat Daun Gaharu Bagi Kesehatan Dan Pengobatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun gaharu mungkin masih asing di telinga kita. Padahal tumbuhan ini telah lama di gunakan sebagai pengobatan tradisional sejak berabad-abad yang lalu. Seperti salah satunya dikemukakan oleh Ibnu Sina yang merupakan salah satu tokoh kedokteran modern muslim, yang mana ia menyebutkan di dalam sebuah bukunya 'Al-Qanun Fi Tib' bahwasannya tanaman obat herbal yang satu ini dapat mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit yang ada di dalam tubuh manusia. Bagi anda yang ingin mengenal apa manfaat daun gaharu selengkapnya, berarti anda harus menyimak ulasan singkat berikut ini.


Pohon gahuru memiliki nama ilmiah Aquilaria Malaccencis merupakan salah satu jenis pohon yang sering di umpakan sebagai pohon cemara besar. Pohon yang satu ini banyak sekali di temukan di beberapa negara Asia seperti Pilifina, Myanmar, Bangladesh, Bhutan, India, Singapura, Malysia, Thailand termasuk Indonesia (Khususnya di kalimantan di sumatera).

Pada umumnya, pohon ini tumbuh besar hingga mencapai ketinggian lebih dari 15-30m dengan diameter 1,5-2m. Pohon ini memiliki bunga berwarna putih dan daunnya memiliki lebar 2-4 cm serta panjangnya 5-11 cm. Pohon dengan spesies  aquilaria ini pula telah beradaptasi untuk tumbuh di berbagai habitat seperti halnya pada habitat berbatu, berpasir hingga berkapur. Namun pohon yang satu ini biasanya tumbuh subur di dekat lereng pegunungan dan dapat tumbuh di tanah dekat rawa, dengan suhu harian rata-rata mencapai 20-22 derajat celcius.

Kandungan dan manfaat daun gaharu untuk kesehatan dan pengobatan

Perlu untuk anda ketahui, di daerah Tibet dan kawasan Asia Tenggara, daun gaharu sering kali di jadikan praktek medis secara tradisional. Metode tradisional tersebut sering kali di aplikasikan dalam bentuk teh. Bahkan di beberapa negara di Asia Tenggara, daun gaharu memiliki sejarah cukup panjang. Bahkan, daun teh gaharu ini telah di gunakan selama 100 tahun di kawasan Asia tenggara oleh para praktisi kesehatan tradisional, di samping penggunaannya oleh para spiritualis dalam kegiatan ibadah. Adapun dalam masyarakat, manfaat teh daun gaharu ini sering di gunakan untuk mengobati lambung, ginjal, dan berbagai masalah pernapasan. Dosis medis yang di rekomendasikan perhari maksimal adalam 3 gram.


Berbagai perkembangan penelitian menunjukkan adanya kandungan secara kimiawi di dalamnya. Salah satu diantaranya daun ini memiliki kandungan zat terapi yang dapat di produksi misalnya menjadi minyak essensial serta obat gusi. Selain itu, adapun kandungan daun gaharu lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Alkaloid : Dengan dosis yang tepat bisa bermanfaat sebagai antibiotik.
  • Tannin : Mermiliki fungsi sebagai antiseoptik:
  • Flavonoid: Sebagai antiinflamasi untuk mengatasi peradangan.
  • Senyawa fenolik: Befungsi untuk pigmentasi tanaman.

Dan dari beberapa kandungan yang dimilikinya tersebut, terdapat beberapa khasiat daun kayu gaharu yang patut anda ketahui yang di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Detoksifikasi tubuh secara alami
Tak hanya kosmetik, nyatanya berbagai makanan yang kita konsumsi setiap hari pun dapat menyebabkan tertimbunnya  nerotoksin di dalam tubuh. Yang mana lama kelamaan kondisi tersebut dapat membuat gangguan secara neurologis. Namun bahaya tersebut dapat di cegah dengan jenis daun ini, karena kandungan di dalamnya berfungsi sebagai detoksifikasi alami untuk tubuh.

2. Menjaga berat badan
Daun gaharu, sering kali di jadikan sebagai teh yang mana memiliki fungsi untuk membantu proses detoksifikasi pada seseorang yang memiiki kelebihan berat badan. Bahkan manfaat teh daun gaharu ini telah terbukti secara ilmiah untuk menurunkan berat badan. Untuk mencapai penurunan berat badan yang di inginkan, anda bisa mengonsumsi teh ini 6-8 cangkir perhari baik di sajikan hangat maupun dingin. Sehingga anda pun bisa menggantikan minuman tidak sehat dengan jenis minuman sehat yang satu ini.

3. Sebagai antidepresi
Pada ekstrak benzene yang tedapat dalam manfaat daun gaharu, ternyata memiliki kegunaan untuk sitem syaraf pusan sebagai antidepresi pada saraf. Hal tersebut di sebabkan karena gaharu mengandung senyawa aktif agarospirol, yang mana memiliki kegunaan sebagai antidepresi yang mampu untuk menekan saraf dan menimbulkan ketenangan sehingga dapat mengembalikan kebugaran tubuh.

4. Mengurangi rasa mabuk
Mengonsumsi teh gaharu setiap hari juga sangat bermanfaat untuk kesehatan jangka panjang. Selain itu, banyak pula orang yang menggunakan teh ini sebagai  penghilang rasa mabuk karena minuman keras beralkohol. Hal tersebut di karenakan pada saat teh tersebut di konsumsi selama intoksasi, minuman ini dapat bekerja di dalam tubuh untuk menghilangkan alkohol (racun di dalam tubuh).

5. Menambah nergi tubuh
Manfaat daun gaharu lainnya juga bisa meningkatkan energi sehingga membuat kita lebih ringan dalam beraktivitas fisik. Pada wal setelah anda mengonsumsi teh gaharu secara teratur dapat meningkatkan  jumlah kuantitas pada buang air kecil. Dan hal tersebut membuktikan bahwa teh gaharu bekerja dengan tubuh. Pembilasan saat detoksifikasi yang terjadi akibat mengonsumsi teh gaharu adalah meumasi perut.

6. Menenangkan tubuh
Selama berabad-abad lamanya , teh gaharu sering kali di gunakan untuk menenangkan gangguan kecemasan dan juga tidur.  Aroma yang di hasilkan dari teh ini pun mampu meredam dan mengurangi gejala stres, sehingga memungkinkan seseorang untuk mencapai tidur yang lebih tenang. Selain dari pada itu, nutrisi yang di temukan dalam teh gaharu ini pun juga sangat baik bagi kesehatan paru. Hal tersebut di karenakan teh daun gaharu dapat meningkatkan sirkulasi darah di tubuh yang sangat penting untuk metabolisme tubuh.

Selain sangat baik untuk menjaga kesehatan, kegunaan daun gaharu untuk pengobatan berbagai penyakit secara tradisional pun tak kalah istimewanya. Seperti halnya dapat membantu pengobatan penyakit diabetes, gejala stroke, asam urat, masalah ginjal, kanker prostat, asma, tiroid, disfungsi seksual, kegelisahan, susah tidur,  sembelit, tekanan darah tinggi, sakit kepala dan lainnya.

By Nida Saripah - Daun Selasa, 24 Januari 2017 16:08:48

Related Post :
Kesehatan
Pola Makan Sehat Bagi…

Penting untuk penderita diabetes…

Manfaat
Kandungan Dan manfaat Daun…

Bagi masyarakat Indonesia, daun…

Ibu Dan Anak
Dampak Pengobatan Kanker pada…

Pengobatan kanker seperti kemoterapi…

Alami
Ramuan Alami Untuk Mengobati…

Ramuan alami untuk mengobati…

Alami
Obat Radang Tenggorokan Tradisional…

Mengobati radang tenggorokan secara…

Penyakit
Waspada! Ini Dia Ciri-Ciri…

Berikut adalah tanda dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun Inai Bagi Kesehatan Tubuh

Selain di kenal sebagai daun…

Daun
Segudang Kebaikan Manfaat Daun Jarak Cina Untuk Kesehatan

Berikut adalah khasiat dan manfaat…

Kirim Pertanyaan
Top