Pilihan Olahraga yang Tepat Bagi Anak Penderita Asma

Share dan Tag Temanmu di :

Olahraga memang memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan, tidak hanya untuk orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Anak yang rutin berolahraga akan memiliki badan yang lebih sehat dan bugar, tidak mudah sakit, memiliki tulang dan otot yang lebih kuat, serta memiliki berat badan yang ideal. Selain itu, kebiasaan olahraga rutin sejak kecil juga terbukti memiliki risiko terkena diabetes, darah tinggi, penyakit jantung, dan obesitas yang lebih rendah di masa mendatang.


Namun, bagaimana jika anak memiliki riwayat penyakit asma ? Apakah dia tetap boleh berolahraga ? Karena ditakutkan penyakit asma yang dialaminya akan kambuh ketika setiap kali berolahraga.

Bunda jangan khawatir, karena terdapat olahraga yang tepat bagi anak penderita asma. Pilihan olahraga yang tepat dan beberapa trik akan membuat anak Anda berolahraga dengan nyaman dan aman tanpa gangguan asma.

Renang merupakan olahraga yang paling baik bagi anak penderita asma. Karena dilakukan di bawah air, maka udara yang dihirup akan mengandung kelembaban yang cukup. Selain itu, berenang secara rutin akan membantu memperkuat otot-otot pernapasan anak, sehingga memperbaiki kapasitas paru.

Selain berenang, pilihan olahraga yang tepat bagi anak penderita asma yang lainnya yaitu yoga. Sebuah penlitian yang dipublikasikan pada tahun 2012 menemukan bahwa melakukan secara rutin selama 10 minggu dapat meringankan gejala asma.

Namun, jika anak Anda kurang berminat dengan kedua jenis olahraga tersebut, anak masih memiliki pilihan lain untuk berolahraga dengan nyaman, seperti jogging, bersepeda, golf, atau senam.

Perlu diketahui, anak yang menderita asma memiliki paru-paru yang lebih sensitif, maka dari itu, hindari melakukan olahraga di tempat yang terlalu dingin atau panas. Hal ini disebabkan karena suhu ekstrim tersebut bisa memicu asma. Usahakan agar anak berolahrga ditempat yang memiliki kelembaban yang baik. Selain itu, anak juga harus bebas polusi, seperti asap rokok dan kendaraan bermotor.

Pastikan juga agar anak selalu bernapas melalui hidung selama berolahraga. Pasalnya bernapas terlalu cepat, dalam, dan menggunakan mulut dapat membuat udara yang masuk ke dalam saluran napas menjadi kering. Udara kering tersebut dapat menjadi pencetus kambuhnya asma saat berolahraga. Selamat berolahraga !

By Sri Maryati - Ibu Dan Anak Kamis, 26 Januari 2017 10:43:45

Related Post :
Manfaat
Jangan Abaikan Kacang Merah!…

Jangan abaikan kacang merah!…

Tips
Tips Cara Alami Menghilangkan…

Salah satu masalah yang…

Penyakit
Tes Deteksi Serta Metode…

Tes deteksi serta metode…

Kesehatan
Ketahui Berbagai Penyebab Kaki…

Berbagai penyebab kaki terasa…

Daun
Khasiat Manfaat Daun Adas…

Informasi lengkap seputar khasiat…

Alami
Perawatan Rambut Rusak Parah…

Perawatan rambut rusak parah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Cara Alami Mengatasi Sariawan Pada Anak

Cara alami mengatasi sariawan pada…

Ibu Dan Anak
Lakukan Persiapan Penting Ini Sebelum Anak Di Khitan

Lakukan persiapan penting ini sebelum…

Ibu Dan Anak
9 Makanan untuk Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh Anak

Sistem kekebalan tubuh anak yang…

Kirim Pertanyaan
Top