Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Mimba Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun mimba telah teruji sangat berkhasiat bagi kesehatan. Terlebih dalam menumpas berbagai masalah kesehatan dan kecantikan seperti halnya kulit gatal, jerawat, diabetes hingga kanker dapat  di bantu dengan manfaat daun yang satu ini. Bagi anda yang ingin mengetahui apa kegunaan daun daun mimba selengkapnya, anda mungkin bisa meluangkan sedikit waktu untuk menyimak ulasan berikut ini.


Mimba atau dalam bahasa latinnya sering kali di sebut dengan Azadirachta indica A.Juss, merupakan salah satu tanaman yang masih tergolong ke dalam tanaman perdu dengan klasifikasi kerajaan plantae dan keluarga dari meliaceae. Tanaman mimba ini untuk pertama kalinya di temukan di daerah Hindustani, India. Dan sejak abad ke-15, tanaman tropis ini mulai menyebar di seantero nusantara khususnya di pulau jawa.

Tanaman ini pada umumnya dapat tumbuh hingga pada ketinggian sekitar 300 meter di atas permukaan laut. Dan bisa kita temukan di tepian jalan dan atau hutan yang tidak terlalu banyak semaknya. Adapun ciri-ciri daun mimba dan bagian lainnya dari tanaman ini adalah sebagai berikut:

  • Pohon: pohonnya tinggi dan bisa mencapai 20 meter, batang keras berkulit tebal berwarna kecoklatan.
  • Daun: Daun mimba menyirip lonjong dan bergerigi pada bagian tepi, dengan helaian memanjang 3-10 cm dan lebar 0,5 cm.
  • Buah: buah berwarna hijau kekuningan, berbiji dan dagung buah kental dan berlendir.

Jika di bandingkan dengan tanaman obat herbal lainnya seperti halnya manfaat daun kelor, mungkin khasiat daun mimba cenderung kalah popoler di kalangan masyarakat. Bahkan jika di lihat secara sepintas, tanaman ini terlihat tidak jauh berbeda dengan tanaman pagar lainnya. Maka tak heran, jika banyak orang belum mengetahui bahkan memanfaatkannya.

Tanaman ini sendiri memiliki variasi nama di beberapa daerah. Seperti halnya imba atau mimba di Jawa, memhba atau mempheuh di Madura, Intaran di Bali, juga margosier, margosatree dan neem tree di Belanda dan juga Inggris.

Kandungan dan manfaat daun mimba bagi kesehatan


Tak heran jika daun mimba ini di sebut-sebut memiliki khasiat untuk kesehatan. Karena nyatanya daun mimba memiliki beberapa kandungan yang sangat baik bagi kesehatan seperti nimbine, nimbolide, quercetin, quercitrin, azadirachtin,  hyperoside dan masih banyak lagi yang lainnya. Ke semua zat tersebut nyatanya berperan aktif  untuk menjaga kesehatan tubuh anda.

Agar anda tidak salah paham terhadap manfaat dan khasiat daun mimba, berikut akan kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan daun ini bagi kesehatan anda. Yang diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Anti kanker. Daun mima bersifat anti kanker yang berarti sangat berguna untuk mencegah pertumbuhan kanker dan juga tumor di dalam tubuh.

2. Mencegah peradangan atau pembengkakan karena di dalamnya bersifat sebagai anti-inflamasi.

3. Membantu mengatasi penyakit kulit. Seperti halnya gatal-gatal, kudis, kurap dan lainnya.

4. Membantu mengobati diabetes. Hal tersebut berdasrkan penelitian, yang menunjkkan bahwa aktivitas hipoglikemik ekstrak daun mimba setara dengan glibenclamide yang mana merupakan bahan aktif dalam penurun diabetes atau anti-diabetes.

5. Mengontrol kadar gula darah. Manfaat dari daun mimba ini bertujuan dapat mencegah dan mengatasi diabetes.

6. Menurunkan demam. Di dalam daun mimba juga bersifat sebagai anti-piretik yang mana dapat membantu mengatasi demam atau suhu panas pada tubuh.

7. Mengobati masuk angin. Manfaat air rebusan daun mimba juga sangat berkhasiat untuk mengobati masuk angin.

8. Pencuci luka. Selain untuk mengobati masuk angin, air rebusan daun mimba juga dapat di gunakan untuk mencuci luka baru, luka gores bahkan luka memar.

9. Mengatasi diare. Jika anda kini tengah terserang penyakit diare anda bisa memanfaatkan rebusan air daun mimba dan madu yang di konsumsi secara teratur.

10. Pembantu kelancaran program Keluarga Berencana (KB). Beberapa penelitian menyebutkan bahwa minyak mimba tidak memberikan efek samping terhadap penggunaan alat kontrasepsi. mimba sendiri di gunakan untuk membunuh sel sperma sehingga pembuahan tidak terjadi.

Selain dari pada itu masih banyak lagi khasiat dan manfaat daun mimba bagi kesehatan seperti mengatasi malaria, melancarkan peredaran darah di dalam tubuh, mengatasi penyakit lambung, mengembalikan selera makan, menyembuhkan penyakit disentri, mengobati cacingan pada anak-anak hingga mengatasi eksim pada kulit.

Cara mengolah daun mimba untuk kesehatan yang di anjurkan:

  • Penyakit eksim: Siapkan terlebih dahuku 2 tangkai daun mimba yang telah di cuci bersih, kemudian lumatkan dengan campuran kapur sirih secukupnya. Kemudian balurkan pada kulit yang terkena eksim dan bisa di ganti 2x shari.
  • Disentri: Siapkan 1 genggam daun mimba dan dua jari kulit mimba dan potong-potong hingga kecil. Kemudian rebus dengan menggunakan 600 cc air atau setera dengan 3 gelas air hingga mendidih dan berubah warna.  setelah dingin, kemudian saring dan konsumsi 2x sehari masing-masing 1/4 gelas setiap harinya.
  • Untuk lainya: Siapkan 1 daun mimba secukupnya, 2 rimpang temulawak, 1 rimpang temu ireng dan 1 genggam daun sambiloto. Haluskean ke semua bahan setelahn di cuci bersih.  Kemudian rebus dengn menggunakan 2 gelas air hingga mendidih. Saring dan kemudian ramuan bisa anda minum selagi hangat dengan takaran 3/4 gelas 2 kali sehari.

Nah, itulah informasi seputar khasiat dan manfaat daun mimba bagi kesehatan semoga apa yang kami informasikan dalam artikel ini bisa bermanfaat bagi anda.

By Nida Saripah - Daun Kamis, 26 Januari 2017 14:15:25

Related Post :
Ibu Hamil
Diagnosis Dan Penanganan Kehamilan…

Kehamilan ektopik harus segera…

Kesehatan
Perawatan Alami Setelah Keguguran…

Perawatan alami setelah keguguran…

Kesehatan
Kebaikan Nutrisi Vitamin E…

Vitamin E merupakan jenis…

Kesehatan
Kenali 8 Penyebab Kepala…

Beragam penyebab kepala terasa…

Ibu Dan Anak
Mengenal Penyakit Trisomi 13…

Adam Fabumi akhir-akhir ini…

Kesehatan
Konsumsi Cairan Alami Ini…

Mengonsumsi cairan, khususnya air…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun Dadap Bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat dan manfaat daun dadap…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun Inai Bagi Kesehatan Tubuh

Selain di kenal sebagai daun…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan

Berikut adalah khasiat dan manfaat…

Kirim Pertanyaan
Top