cara mencegah penyakit kuning pada bayi baru lahir


dwikania

By dwikania
Jum'at, 20 Mei 2016 10:44:54

bu bidan diane gimana sih cara menangani kuning ketika bayi baru di lahirkan ? soalnya tetangga saya kasihan anaknya di sinar di Rumah Sakit biayanya mahal juga



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Senin, 18 Juli 2016 11:11:35

Terimakasih telah menggunakan layanan diskusi Aryanto.id.

Penyakit kuning bisa menyernag pada bayi yang baru lahir. Kondisi ini umumnya tida berbahaya dan biasanya dapat pulih dengan sendirinya dalam hitungan minggu. Tanda-tanda bayi menderita penyakit kuning yaitu kulit dan bagian putih mata si kecil berwarna kuning, urine berwarna kuning pekat, tinja berwarna pucat, serta telapak tangan dan kaki yang menguning. Kondisi ini terkadi karena bayi memiliki kelebihan bilirubin (unsur kuning) pada darahnya.

Selain dengan penanganan medis, kenaikan bilirubin juga bisa dicegah dengan cara memberikan bayi asupan yang cukup untuk membantu bayi mengeluarkna blirubin pada tubuhnya. Ibu dapat memberikan ASI sebanya 8 hingga 12 kali setiap 24 jam. Atau jika menggunakan susu formula, pastian Anda memberikannya sesuai waktu yang ditentukan. Biasanya susu formula diberikansekitar 6 hingga 10 botol setiap 24 jam.

Cek kondisi bagian putih bola mata atau kulitnya dua kali sehari untuk melihat apakah sudah kembali normal atau justru bertambah parah. Hindari mengatasi bayi kuning dengan cara menjemurnya di matahari. Penanganan terbaik hanya bisa di dapat di rumah sakit. Jika 3 hari setelah dilahirkan kulitnya lebih kuning, maka segera hubungi dokter.



Balas Pertanyaan


Kirim Pertanyaan
Top