penyebab mata kuning pada bayi baru lahir


indra lesmana

By indra lesmana
Jum'at, 20 Mei 2016 10:54:41

adik saya matanya kuning pas lahir apa dia menderita penyakit mata ya ?



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Rabu, 20 Juli 2016 13:24:23

Hallo Indra Lesmana ,


Kuning biasanya terjadi pada bayi yang baru lahir hingga bayi berumur 2 bulan. Namun pada umumnya bayi akan turun tingkat resiko kuningnya setelah memasuki umur 2 minggu. Penyebab kuning bisa karena banyak hal, namun pada umumnya terjadi karena 2 sebab yaitu kuning karena tingkat bilirubin yang tinggi karena kurangnya asupan asi dan kuning yang disebabkan justru oleh air susu asi yang biasa disebut breastmilk jaundice. Breastmilk jaundice tidak bisa diketahui secara pasti penyebabnya namun begitu hal ini adalah normal dialami oleh bayi yang baru lahir.

Penyebab,
Ada dua sifat dari kondisi Bayi kuning, yaitu yang bersifat fisiologis (normal)dan yang bersifat patologis. Hampir dari 50% bayi yang lahir normal dapat mengalami kuning (jaundice). Sementara bayi yang lahir prematur memiliki resiko bayi kuning lebih besar, karena memang organ belum siap sepenuhnya. Warna kuning pada bayi disebabkan karena pigmen kuning atau yang dikenal dengan istilah kedokteran sebagai bilirubin dalam darah jumlahnya meningkat. Bilirubin ini terjadi akibat pemecahan sel-sel darah merah sewaktu bayi lahir.

Saat bayi masih dalam kandungan,  bilirubin indirek akan dibuang melalui plasenta. Selanjutnya oleh organ Hati si Ibu bilirubin akan diolah (dikonyugasikan) menjadi bilirubin direk untuk dibawa ke usus selanjutnya dibuang lewat tinja.
Tetapi setelah bayi dilahirkan kedunia, maka proses tadi haru dilakukan sendiri oleh organ Hati si bayi. Karena fungsi hati bayi masih belum sempurna, maka proses ini akan berjalan lambat, sehingga kadar bilirubin indirek tetap tinggi di dalam darah. Bilirubin indirek inilah yangkemudian akan masuk kepada jaringantubuh bayi,  termasuk jaringan kulit,  sehingga menyebabkan bayi kelihatan kuning mulai dari badan sampai ke ujung kaki tergantung dari derajat tinggi kadar bilirubinnya. Selain kulit bayi yang terlihat kuning, warna kuning juga lebih tampak pada putih mata si kecil. Terutama pada bayi lahir prematur, organ hati mereka kemungkinan besar memang lebih belum siap.

Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mengatasi bayi kuning:



  • Berikan ASI atau cairan sebanyak dan sesering mungkin kepada bayi Anda.

  • Jemur Bayi Anda dibawah sinar matahari pagi antara pukul 06.30-07.30. Buka seluruh pakaian bayi/telanjang, namun tetap diperhatikan kulit bayi agar tidak terjadi iritasi oleh sinar matahari. Lindungi mata bayi (tutup dengan kain) agar bayi tak silau terkena sinar matahari.

  • Perhatikan kondisi bayi Anda, apakah ia tampak lebih lemas, tidak aktif, tidak mau menyusui, serta tangisnya kurang kuat? (hanya bisa merintih). Jika hal itu terjadi, maka segeralah memeriksakan bayi Anda ke dokter atau rumah sakit.

  • Jika bayi kuning tak juga hilang lebih dari 2 minggu, segera larikan Bayi ke dokter /Rumah Sakit agar segera mendapat perawatan intensif. Kalau perlu, jangan menunggu 2 minggu untuk mendatangi ahli kesehatan.



Balas Pertanyaan


Kirim Pertanyaan
Top