Kesemutan di punggung


Irman Firmansyah

By Irman Firmansyah
Sabtu, 21 Mei 2016 16:03:49

saya mau tanya kenapa yah saya sering kesemutan di punggung ? apakah ada hubungannya dengan masalah jantung, soalnya saya pernah membaca salah satu artikel yang menyebutkan sakit jantung berhubungan dengan kesemutan



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Rabu, 20 Juli 2016 11:52:07

Kesemutan merupakan keluhan yang sering ditemui dan memiliki banyak penyebab. Dan untuk memastikan penyebabnya, maka diperlukan pemeriksaan medis yang lebih lengkap.

Kesemutan biasanya terjadi saat tubuh terlalu lama diam atau berada dalam suatu posisi tertentu, sehingga aliran darah ke daerah tersebut menjadi terhambat. Jika ini yang terjadi, maka Anda tidak perlu khawatir karena ini merupakan hal yang wajar. Keluhan tersebut akan berangsur-angsur hilang dengan menggerak-gerakkan bagian tubuh yang kesemutan sehingga aliran darah kembali lancar.

Namun, jika kesemuta yang dialami dari punggung menjalar hingga ke kepala dan perut, maka bisa saja terdapat gangguan pada saraf. Seperti terdapat bantalan cakram yang menonjol di antara ruas tulang belakang, sehingga sering menimbulkan keluhan nyeri yang dapat bersifat menjalar sesuai dengan area persarafan yang tekena.

Usahakan untuk selalu memiliki postur tubuh yang benar, seperti tidak membungkuk ketika duduk. Gunakansepatu yang datar dan terdapat bantalan pada alasanya untuk mengurangi tekanan pada punggung. Dan sebaiknya hindari mengangkat benda-benda yang berat. Batasi kafein, alkohol dan tidak merokok. Selain itu, usahakan untuk selalu memiliki waktu istirahat yang cukup.

Jika keluhan masih berlanjut, maka disarankan untuk segera periksa ke dokter untuk mengetahui penyebab dan cara pengobatan yang tepat untuk Anda. Semoga bermanfaat.



Balas Pertanyaan


Kirim Pertanyaan
Top