Keputihan Saat Hamil Trimester Ke 2


Nandin Andina

By Nandin Andina
Sabtu, 21 Mei 2016 16:16:23

Selamat sore
Saat ini saya sedang hamil memasuki trimester kedua, namun sekarang ini saya mengalami gangguan kesehatan berupa keputihan. Bahayakah jika keputihan terjadi saat hamil? lalu, jika ada solusi alaminya, mohon jawabannya. Terimakasih.



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Rabu, 20 Juli 2016 13:33:35

Keputihan selama kehamilan merupakan hal yang normal terjadi. Cairan tambahan yang keluar dari leher rahim ini sebenarnya adalah sisa buangan dari rahim dan vagina, bakteri normal dari vagina, dan sel-sel mati dari dinding vagina.

Jika keputihan yang dialami saat hamil berwarna jernih atau putih tanpa bau, maka itu merupakan hal yang normal dan sehat. Namun, ibu perlu waspada jika keputihan berwana putih kekuning-kuningan bahkan hingga kehijauan atau kekuningan, cairan lebih kental dan banyak, terasa gatal, dan berbau tidak enak. Karena bisa saja ini merupakan perubahan abnnormal kehamilan yang memerlukan penanganan khusus.

Adapun beberapa tips yang bisa dilakukan ketika iu mengalami keputihan, diantaranya :

Menjaga kebersihan vagina
Mengeringkan bagian vagina
Menggunakan celana dalam yang terbuat dari bahan katun
Jangan menggunakan pantyliners
Jangan terlalu menggunakan obat kewanitaan secara sering
Hindari melakukan douche vagina

Konsultasikan dengan dokter atau bidan Anda agar bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan diobati sesuai dengan kondisi Anda. Semoga membantu.



Balas Pertanyaan


Kirim Pertanyaan
Top