Anak umur 8 tahun susah buang air besar


Euis Lisnawati

By Euis Lisnawati
Sabtu, 21 Mei 2016 16:27:55

Assalamualaikum Dokter, anak saya umurnya 8 tahun akhir - akhir ini sering ngeluh sakit perut sama susah buang air besar. Saya kasih obat diare ternyata gak mempan dan sekarang kondisinya malah semakin melemah pernah jatuh pingsan juga.Sebenarnya itu penyakit apa dok ?



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Rabu, 20 Juli 2016 13:47:56

Sulit buang air besar atau konstipasi pada anak-anak bisa diartikan sebagai buang air besar yang jarang (kurang dari 3 kali dalam seminggu), buang air besar yang menyebabkan rasa sakit, atau kedua-duanyayang telah terjadi selama 2 minggu lebih.

Pada anak usia sekolah, sulit buang air besar dapat disebabkan karena perubahan pola buang air besar. Anak yang sudah mulai sekolah biasanya enggan untuk buang air besar di sekolah, sehingga cenderung menahan buang air besar yang menyebabkan kotoran menjadi semakin keras dan semakin sulit untuk dikeluarkan. Selain itu, makanan yang rendah akan serat juga berperan menyebabkan kesulitan buang air besar.

Penanganan sulit buang air besar perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Jika konstipasi tidak disebabkan karena suatu masalah kesehatan yang serius, maka Anda dapat mencoba bberapa tips berikut :



  • Meningkatkan asupan cairan bagi anak

  • Menghindari konsumsi susu sapi dan produk susuk sapi (keju, es krim, dll.)

  • Memberikan makanan tinggi serat

  • Hindari penggunakan obat pencahar, suplemen serat dan pelunak kotoran secara berlebiha, karena dapat menyebabkan gangguan pada

  • kerja saluran cerna.


Jika Anda ingin menggunakan obat-obatan tersebut, maka konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, karena penggunaan obat-obatan tersebut harus dibawah pengawasan dokter.



Balas Pertanyaan


Kirim Pertanyaan
Top