Sudah hampir seminggu anak saya tidak bab


Herti Abi Musthofa

By Herti Abi Musthofa
Sabtu, 21 Mei 2016 16:31:54

Selamat sore, pak admin..
Saya mau tanya mengenai keluhan yang anak saya alami. Anak saya baru berusia 5 bulan, sudah hampir seminggu ia belum bab juga, biasanya sih paling lambat 3 hari. Dan memang akhir-akhir ini ia tidak begitu banyak minum asi. Apakah hal tersebut berhubungan? Apakah untuk bayi, hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala suatu penyakit? Apa yang harus saya lakukan untuk mengobatinya? Mohon penjelasan nya pak admin, saya tunggu.



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Rabu, 27 Juli 2016 10:33:18

Hai Herti Ani Mustofa ,

Sulit BAB merupakan masalah yang sering terjadi pada anak-anak yang menjadi kekahawatiran sebagai orang tua.

Penyebab susah BAB biasanya disebabkan dari makanan yang berjalan terlalu lama disaluran pencernaan sehingga menyebabkan feces menjadi keras dan kering.

Cara Mengatasi Susah BAB pada Anak



  • Makanan yang mengandung banyak serat. Disarankan pemberian sayur/buah sebanyak 0,5 gram setiap 1 kg berat badan. Misal anak berat 10 kg, disarankan pemberian sayur/buah sebanyak 5 gram / hari. Atau cara lain yang lebih mudah adalah berikan sayur/buah sebanyak sepertiga dari porsi makan, setiap kali makan. Buah manis yang dianjurkan : apel, anggur, peach, pear, strawberry, pepaya, mangga.

  • Minum yang cukup. Pada bayi di bawah 6 bulan dengan konstipasi, dapat diberikan tambahan air putih di antara waktu minum susu.
    Pada bayi di atas 6 bulan yang sudah mulai makan dapat diberikan jus buah segar yang manis ataupun buah yang dihaluskan.

  • Berikan waktu secukupnya pada anak saat BAB.

  • Berikan dukungan pada anak. Bisa diberikan hadiah kecil seperti stiker, buku gambar atau mainan bila anak balita Anda mau BAB dengan baik. Jangan marahi/hukum anak bila tidak mau BAB atau keluar feces di celana, hal ini akan membuatnya semakin menahan BAB dan memperparah konstipasinya.

  • Pada anak, tingkatkan aktivitas fisiknya, minum yang banyak pada saat dan setelah aktivitas fisik dan lakukan secara teratur.

  • Biasakan anak Anda untuk BAB di toilet secara rutin, biasanya pagi hari. Untuk toilet duduk, siapkan dudukan kecil yang sesuai untuk anak.


Bawalah anak anda ke dokter bila konstipasi berlangsung lebih dari 2 minggu dengan disertai panas, muntah, adanya darah di feces, turunnya berat badan, nyeri di anus karena adanya luka, rectum (usus bagian bawah) keluar dari lubang anus, bayi yang baru saja lahir yang tidak BAB selama lebih dari 48 jam, gangguan BAK.



Balas Pertanyaan


Kirim Pertanyaan
Top