Pengaruh Kista pada Kehamilan


Riana

By Riana
Senin, 23 Mei 2016 11:34:00

Saya kan kemarin USG soal kehamilan saya, waktu di USG divonis ada kista dikandungan saya, tapi saya juga sedang hamil, apakah kista berpengaruh pada janin yang saya kandung sekarang? saya tunggu jawabannya , terimakasih .



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Senin, 18 Juli 2016 14:27:06

Hai Riana ,


Kista yang terjadi pada saat kehamilan bisa terjadi ketika wanita tersebut belum hamil dan tidak terdeteksi. Akan tetapi kemungkinan lain yang terjadi adalah kista tersebut muncul saat hamil akibat pengaruh hormonal. Hormon estrogen yang meningkat pada saat hamil memicu pembesaran kista. Pada ibu hamil ada kista, biasanya dibutuhkan pemantauan yang reguler dan teratur oleh dokter. Perlu diamati apakah kista tersebut bertambah kecil dan menghilang, berukuran tetap atau malah bertambah besar. Kista yang makin lama mengecil hingga akhirnya menghilang tidak perlu dikhawatirkan. Akan tetapi bila kista tersebut bertambah besar dengan ukuran di 6 cm hingga lebih, maka akan menimbulkan resiko. Tangkai kista bisa terpuntir dan menimbulkan rasa sakit bagi ibu hamil. Kista yang membesar dapat mengganggu perkembangan janin karena mendesak rongga perut. Selain itu suplai oksigen ke paru secara optimal juga menjadi kurang sehingga bisa menimbulkan sesak nafas.

Kista juga bisa menjadi ganas dan untuk itu diperlukan gambaran melalui USG. Pemeriksaan penunjang dengan menggunakan tumormarker juga perlu dilakukan untuk memastikan kembali keganasan kista dan apakah mengarah ke tumor ganas atau tidak.



Balas Pertanyaan


Kirim Pertanyaan
Top