buang air kecil sakit dan tidak tuntas


h usuf

By h usuf
Rabu, 25 Mei 2016 10:25:05

perkenalkan saya h. usuf dari meruya jakarta barat ingin tahu saya kena penyakit apa ya ? ketika buang air kecil suka sakit dan tidak tuntas kadang najis urine ke celana sedikit.



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Rabu, 13 Juli 2016 14:49:39

Anyang-anyangan atau kencing tidak tuntas dapat merupakan salah satu gejala infeksi saluran kemih. Selain itu, gejala lainnya adalah nyeri berkemih, rasa panas ketika berkemih, air seni keruh, dan  nyeri perut bawah. Demam hanya terjadi bila infeksi mencapai saluran kemih bagian atas.

Fakor yang dapat memicu kencing tidak tuntas :



  • Pembesaran prostat jinak (BPH) biasanyamenyerang pria yang berusia 40 tahun ke atas. Kondisi ini merupakan kondisi alamiah akibat penuaan. Gejalanya dimulai dari susah kencing, pancaran urin lemah, dan kencing tidak tuntas.

  • Penyempitan saluran kemih terutama bagian bawah, hal ini bisa dipicu oleh trauma atau luka yang menyebabkan jaringan parut sehingga mempersempit jalan urin.

  • Infeksi saluran kemih yang disebabkan oleh bakteri. Wanita lebih rentan terkena infeksi ini.

  • Kanker prostat biasanya terjadi pada pria di atas usia 40 tahun, dengan gejala sedikit mirip BPH namun prostat teraba keras saat diraba dan disertai gejala penurunan kondisi fisik.

  • Batu pada ginjal atau kandung kemih

  • Sistem syaraf yang terganggu sehingga mempengaruhi sistem buang air kecil seseorang.


Untuk menentukan kondisi yang sebenarnya, ada baiknya anda memeriksakan ke ahli kesehatan terkait, seperti Dokter Spesialis Urologi.

Adapun Trik Yang Dapat Dicoba Berikut Ini:



  1. Senam kegel, atau senam penguatan otot-otot dasar panggul. Panduan senam ini bisa didapatkan melalui buku atau instruktur senam yang baik.

  2. Menunggu beberapa saat setelah berkemih, seperti yang Saudara lakukan, bisa disertai dengan meletakkan secarik kain atau tisu pada saluran kemih untuk menyerap sisa urin yang mungkin keluar.

  3. Melakukan pijatan ringan setelah berkemih pada daerah sepanjang saluran kemih bawah, dimulai dari pangkal paha. Diharapkan urin dapat keluar bersamaan dengan tekanan ringan tersebut.

  4. Tak lupa kami anjurkan untuk memperbanyak doa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala agar diberikan kemudahan dan kesabaran dalam menghadapi kondisi saat ini.


Semoga bermanfaat.



Balas Pertanyaan


Kirim Pertanyaan
Top