anak 1tahun terkena penyakit croup


Rinrin

By Rinrin
Kamis, 26 Mei 2016 11:47:44

anak saya umur 1 tahun divonis menderita penyakit croup atau infeksi saluran pernafasan adakah obat alami yang dapat saya ramu sendiri di rumah dengan bahan yang mudah di dapat tentunya ?



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Senin, 25 Juli 2016 11:39:03

Hai ,

Croup (laryngotracheobronchitis) adalah infeksi virus menular pada saluran napas atas yang menimbulkan batuk dan terkadang kesulitan bernafas, khususnya pada saat menarik nafas.

Penyebab Croup, infeksi virus yang menyebabkan mengecilnya saluran pernafasan, khususnya persis di bagian bawah pita suara (larynx). Virus menjadi penyebab umum, namun croup bisa disebabkan juga oleh virus-virus lainnya, seperti virus pernafasan syncytial atau virus influenza.

Bebrapa cara alami yang efektif mengatasi croup pada anak, dan sering direkomendasikan oleh para dokter, diantaranya:

1. Protein untuk daya tahan tubuh, seperti telur, ayam, ikan, dan susu
2. Prebiotik, Bakteri baik yang ada di makanan seperti yogurt dan kefir, dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak-anak dan mencegah berbagai penyakit infeksi pernapasan, seperti batuk dan pilek. Penelitian yang dilakukan pada anak usia 3-5 tahun menunjukkan, anak yang mengonsumsi kultur Lactobacillus aktif setiap hari selama 6 bulan selama musim dingin cenderung terhindar dari pilek. Jika terkena pilek pun, penyakit itu biasanya tidak berlangsung lama.
3. Tidur, istirahat ternyata sangat berhubungan dengan sistem imunitas tubuh.
4. Garam, untuk hidung tersumbat, atasi dengan meneteskan larutan garam fisiologis yang bisa dibeli di apotek dan toko obat.

Anda juga bisa membuat sendiri larutan garam dengan cara: Larutkan ½ - 1 sendok teh garam ke dalam setengah liter air hangat. Teteskan dengan bantuan pipet. Kemudian untuk mengatasi sakit tenggorokan atau batuk, ajarkan si kecil untuk berkumur dengan larutan air garam hangat.

5. Madu
Jika diberikan pada malam hari menjelang tidur, madu lebih efektif untuk meredakan batuk dibanding sirup obat batuk rasa madu, serta membantu anak tidur lebih nyenyak (Perlu diingat: madu tidak disarankan untuk bayi dibawah 1 tahun, karena berisiko menyebabkan botulisme, sejenis keracunan makanan)

6. Sup ayam
Cairan hangat dapat membantu mengurangi gejala hidung tersumbat. Penelitian telah menunjukkan bahwa sup ayam dapat membantu meredakan gejala flu seperti nyeri, lemas, hidung tersumbat, dan demam.

Jika anda memebrikan pengobatan dan perawatan yang baik, anak anda tentu akan segera sembuh. Yang perlu anda perhatikan, jika kondisi ana memburuk atau menunjukan gejala demam, segeralah berkonsultasi pada dokter anak bisa jadi ia terkena infeksi sekunder (telinga, sinus) yang membutuhkan antibiotik.



Balas Pertanyaan


Kirim Pertanyaan
Top