nyeri dada gejala iskemia


bella januari

By bella januari
Kamis, 26 Mei 2016 11:50:08

saya baca mengenai gejala dari iskemia pada jantung, saya jadi takut terkena penyakit ini mengingat dada saya sering sesak dan sakit . bagaimana cara saya mengobatinya ?



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Senin, 25 Juli 2016 11:28:09

Hai,


Iskemia adalah ketidakcukupan suplai darah ke jaringan atau organ tubuh. Iskemia timbul oleh adanya permasalahan pada pembuluh darah. Iskemia juga dapat diartikan sebagai anemia lokal yang umumnya terjadi pada area tubuh tertentu saja, misalnya jantung, usus, otak, dan ekstrimitas (tangan dan kaki).

Kondisi ini menyebabkan jaringan atau organ mengalami defisiensi nutrisi dan oksigen yang diperlukan untuk proses metabolisme sel sekaligus menjaganya tetap hidup. Bila tidak ditangani dengan tepat, kematian sel-sel dapat terjadi.

Penyebab Iskemia disebabkan oleh adanya gangguan pembuluh darah yang mengganggu suplai darah ke jaringan atau organ.

Pengobatan Iskemia meliputi obat-obatan, bedah vaskular, penyesuaian kondisi tubuh, hingga pilihan untuk melakukan amputasi. Beberapa penanganan yang mungkin dilakukan, antara lain:



  • Pemberian obat antikoagulan. Heparin dapat disuntikkan kepada pasien untuk mencegah terjadinya atau membesarnya penggumpalan darah di dalam pembuluh darah. Pengobatan ini juga dapat berjalan untuk periode yang panjang pada kasus penggumpalan darah parah yang dapat memicu iskemia akut.

  • Trombolisis. Pengobatan ini bisa dilakukan dengan cara menyuntikkan protein penghasil plasmin guna merangsang terjadinya proses fibrinolisis sekunder pencegah menggumpalnya darah. Prosedur ini dilakukan dengan menggunakan kateter yang dipasang pada permukaan kulit langsung ke area terdapatnya gumpalan darah.

  • Embolektomi. Prosedur bedah darurat untuk menghilangkan gumpalan massa yang berada di dalam pembuluh darah yang menjadi penghambat peredaran darah.

  • Bedah revaskularisasi. Prosedur pembedahan yang dilakukan terhadap pembuluh darah untuk memulihkan organ atau bagian tubuh. Misalnya dengan cara membuat irisan atau sobekan pada dinding pembuluh arteri, disebut juga arteriotomy.

  • Kateter angiografi. Prosedur ini menyasar pembuluh darah yang mengalami penyempitan, kemudian melebarkannya dengan cara melarutkan obat-obatan yang akan melancarkan aliran darah.

  • Amputasi. Tindakan ini merupakan pilihan pengobatan akhir pada iskemia yang terjadi di area tungkai dan tidak memungkinkan untuk ditangani dengan prosedur lain.



Balas Pertanyaan


Kirim Pertanyaan
Top