gatal bulat di belakang leher


raizal jul

By raizal jul
Jum'at, 03 Juni 2016 01:41:57

di leher saya ada bagian belakang ada luka bulat kehitaman kalau di garuk perih dan membesar. Apa itu exim kering ?



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Rabu, 27 Juli 2016 10:19:11

Hallo Raizal Jul ,


Bila Anda gatal luka melingkar pada kulit yang bentuknya menyerupai cincin itu disebut kurap,
Kurap adalah salah satu jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur dermatofit dimana jamur tersebut hidup dari jaringan mati dibeberapa bagian tubuh anda dan dapat berkembang didareah yang hangat dan lembab. Luka tersebut berwarna merah, bersisik, gatal, terkadang melepuh, mengeluarkan cairan dan lama-kelamaan luka tersebut dapat meluas.

Untuk mengetahui apakah anda mengalami kurap atau tidak, biasanya dokter akan mengambil sample dari kulit anda dengan menggunakan kerokan kulit dan kemudian diuji dibawah mikrosop. Jenis pemeriksaan ini disebut dengan istilah hidroksida (KOH) tes kalium.

Jika hasil tes menunjukkan adanya infeksi jamur pada kulit Anda berarti Anda positif mengalami kurap. Ada dua tingkatan kurap, yaitu kurap ringan dan berat. Bila kurap masih tergolong ringan, Anda cukup mengoleskan obat topikal (lotion, krim, atau salep) antijamur.

Namun, bila kurap Anda sudah parah, biasanya obat antijamur tersebut tidak dapat menyembuhkan luka. Sehingga, dokter akan memberikan obat topikal lain, seperti butenafine (Mentax), ciclopirox (Loprox), ekonazol, klotrimazol (Mycelex), dan terbinafine (Lamisil). Selain itu, dokter mungkin akan memberikan obat oral (pil), seperti griseofulvin (Grifulvin V), itrakonazol (Sporanox), flukonazol (Diflucan), dan terbinafine (Lamisil) untuk mempercepat penyembuhan.



Balas Pertanyaan


Kirim Pertanyaan
Top