Nyeri di ulu sampai tembus kepunggung


Bambang Prihatin

By Bambang Prihatin
Jum'at, 10 Juni 2016 15:00:47

saya pria usia 53 thn saya mempunyai gangguan nyeri diulu hati sampai tembus kepunggung yang saya rasakan itu kambuhnya dari malam sampai pagi saya kira awalnya itu gejala asam lambung . setelah saya cari-cari di internet ciri-cirinya sama dengan batu empedu, apakah gejala yang saya rasakan masuk ke penyakit batu empedu?



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Rabu, 13 Juli 2016 14:17:53

Hai Bambang Prihatin ,


Nyeri ulu hati karena masalah kandung empedu terjadi karena adanya peradangan pada kandung empedu baik berlangsung akut maupun kronis. Nyeri ulu hari karena masalah di kandung empedu bisa juga terjadi karena adanya batu pada kandung empedu. Jika dianalisa lebih lanjut batu kandung empedu terdiri dari  batu kolesterol dan batu pigmen.

Nyeri karena masalah di kandung empedu berlangsung beberapa saat dan berulang (kolik bilier), biasanya nyeri tersebut dapat menjalar ke punggung belakang.

Untuk mengetahui penyebab dari nyeri ulu hati tersebut perlu dilakukan USG abdomen. Melalui pemeriksaan USG abdomen dapat diketahui apakah ada peradangan baik akut maupun kronis pada kandung empedu tersebut.  Semoga bermanfaat.



Balas Pertanyaan


Kirim Pertanyaan
Top