Tanda penyakit apa air kencing merah dan sakit


lesmana toto

By lesmana toto
Sabtu, 18 Juni 2016 13:42:16

saya kalau kencing sakit dan aur kencingnya itu berwarna merah kaya darah, ini terjadi baru pertama kalinya. Saya takut ada penyakit kronis



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Rabu, 13 Juli 2016 13:47:14

Hai Lesmana Toto ,


Kencing darah atau adanya darah yang tercampur di dalam kencing dapat menimbulkan kecemasan tersendiri bagi yang mengalaminya. Kondisi kencing berdarah ini dalam dunia medis dikenal dengan nama hematuria. Hematuria dapat mengindikasikan adanya penyakit serius yang terjadi, namun bisa juga hanya akibat kecelakaan ringan akibat olah fisik yang terlalu keras maupun adanya efek samping dari konsumsi obat tertentu seperti aspirin. Sehingga harus dicari tahu penyebabnya sehingga akan memudahkan juga untuk mengatasinya dengan tuntas.


Hal-hal yang dapat menyebabkan kondisi ini berupa:



  • Infeksi saluran kencing. Dalam infeksi pada umumnya terdapat demam dan nyeri saat kencing.

  • Infeksi ginjal. Sama halnya dengan infeksi saluran kencing, infeksi pada umumnya akan disertai demam.

  • Batu ginjal atau saluran kencing. Terkadang batu ginjal atau saluran kencing dapat sangat kecil sehingga meskipun menyebabkan perlukaan tetapi tidak ada gejala nyeri sesudah batu tersebut keluar.

  • Anemia sel sabit. Anemia sel sabit pada umumnya akan terdeteksi dengan tes darah. Kondisi ini pun sifatnya herediter.

  • Trauma ginjal. Trauma berupa cedera atau kecelakaan yang mencederai ginjal dapat menyebabkan darah keluar dalam urin.

  • Obat-obatan. Obat-obatan seperti aspirin apabila dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan perlukaan lambung dan menyebabkan darah keluar dalam urin.

  • Olahraga berat. Olahraga dengan intensitas berat dapat menyebabkan rhabdomiolisis dimana serabut otot mengalami stres berat sehingga menyebabkan sel darah merah keluar dalam urin.


Apakah semua kondisi di atas sudah disingkarkan sebelumnya? Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter Anda, khususnya yang mengetahui hasil tes urin, darah dan USG yang telah Anda lakukan untuk menyingkirkan segala kemungkinan.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.



Balas Pertanyaan


Kirim Pertanyaan
Top