Tangan sering berkeringat


Eka

By Eka
Jum'at, 15 Juli 2016 07:07:31

Tangan saya sering berkeringat, kata orang kalau tangan sering berkeringat merupakan tanda dari penyakit lemah jantung. Apa itu benar dok ? mohon penjelasannya



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Senin, 18 Juli 2016 14:52:40

Hai Eka ,


Telapak tangan yang berkeringat merupakan salah satu bentuk dari sensitivitas tubuh yang berlebihan. Daerah yang berkeringat ini dapat menjadi media tumbuh kuman maupun jamur, dan terkadang menimbulkan bau yang kurang enak, akhirnya rasa kurang percaya diri muncul terlebih ketika berjabat tangan.


Penyebabnya sampai saat ini memang belum diketahui secara pasti, tetapi ada beberapa hal yang dapat menimbulkan keringat termasuk pada daerah telapak tangan, seperti hipertiroidism (kelenjar gondok membesar), hiperhidrosis (pio juni membahas masalah ini), demam infeksi, cemas/stress (menghadapi ujian, pidato, tes), takut, emosi, penyakit TBC, penggunaan obat-obat (kanker, AIDS, miastenia gravis, narkotik), udara panas, kanker, menopause, gangguan pada jantung atau lambung, gangguan penyerapan air oleh ginjal, kegemukan, kerusakan syaraf akibat penyakit diabetes atau trauma saraf spinal, dan putus obat.


Penyakit jantung juga dapat menyebabkan telapak tangan berpeluh. Menurut beberapa sumber, coba amati jari kelingking dan jari tengah, apabila tampak bengkok (tidak simetris) kemungkinan ada permasalahan pada organ dalam dan pembungkus jantung. Dan telapak tangan yang berkeringat menandakan seseorang mengalami gangguan pada selaput jantung, paru-paru, sesak napas, dan stress. Tetapi untuk mengetahuinya secara pasti perlu pemeriksaan yang lebih spesifik baik dari laboratorium maupun dokter spesialis.



Balas Pertanyaan


Kirim Pertanyaan
Top