Penyebab Gatal Di Telinga Bagian Dalam


Mesya

By Mesya
Kamis, 21 Juli 2016 11:09:54

Pagi admin, saya mau menanyakan belakangan ini saya sering sekali merasa gatal pada telingan bagian dalamnya. Sayapun sudah mencoba menmbersihkannya menggunakan korek kuping namun masih tetap gatal. Kira-kira itu penyebabnya apa ya? mohon jawabannya.



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Jum'at, 22 Juli 2016 14:38:33

Hai, Mesya. Terimakasih telah menggunakan layanan diskusi aryanto.id

Telinga gatal sering dianggap sebagai hal yang biasa. Padahal, gatal pada telinga bisa menjadi pertanda adanya kondisi lain yang lebih serius, seperti :

Infeksi telinga (Otitis eksterna), yaitu infeksi pada saluran yang menghubungkan lubang telinga luar dengan gendang telinga. Kondisi ini sering disebut juga swimmer's ear, karena sering terjadi pada mereka yang sering menghabiskan banyak waktu dengan berenang. Air yang tersisa di dalam saluran telinga dapat menjadi media perkembangbiakan bakteri.

Psoriasis, merupakan penyakit jangka panjang yang menyernag kulit. Sel kulit pengidap psoriasis berkembang lebih cepat dari biasanya, sehingga sel-sel kulit mati menumpuk  dan menyebabkan kulit kering dan gatal.

Kulit kering pada telinga bisa terjadi ketika telinga tidak memproduksi cukup lilin sebagai bahan pelumas. Selain gatal, Anda mungkin juga akan mendapati kulit yang mengelupas dari dalam telinga.

Penumpukan lilin telinga. Lilin ini sebenarnya berfungsi untuk melindungi telinga bagian dalam dari bakteri dan debu. Namun, penggunaan cotton bud dapat membuat lilin ini justru makin masuk ke dalam telinga dan menutup jalan telinga, sehingga timbul nyeri dan gatal.

Penggunaan alat bantu dengar uag dapat membuat telinga dapat bereaksi alergi terhadap alat yang digunakan. Selain itu, alat ini juga dapat menyebabkan air terjebak dalam telinga.

Rhinitis, peradangan pada lapisan rongga hidung yang bersifat musiman atau terjadi secara terus menerus. Selain hidung berair dan sering bersin, gatal pada telinga juga dapat terjadi.

Dermatitis saluran telinga, kondisi ini sering terjadi karena peradangan pad akulit dalam telinga dan saluran telinga. Biasanya kondisi ini dapat terjadi sebagai reaksi alergi terhadap benda asing, seperti penggunaan perhiasan atau produk kecantukan.

Periksakan diri ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut agar bisa mengetahui penyebabnya secara pasti. Semoga membantu.



Balas Pertanyaan


Kirim Pertanyaan
Top