Apa Perbedaan Diabetes kering Dan Basah


Kholil

By Kholil
Kamis, 21 Juli 2016 11:41:49

Saya sering mendengar bahwa penyakit diabetes itu ada diabetes kering dan diabetes basah. Itu maksudnya bagaimana ya?



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Senin, 25 Juli 2016 13:49:56

Hai,


Diabetes merupakan suatu penyakit metabolik yang ditandai dengan meningkatnya kandungan glukosa dalam darah. Dalam istilah medis, diabetes dibedakan menjadi diabetes tipe 1 dan 2.

Sebenarnya istilah diabetes kering dan basah dalam dunia medis tidak ada. Namun, istilah ini cukup populer dan berkembang di masyarakat. Istilah diabetes kering dan basah merupakan istilah lain dari diabetes tipe 2. Hal ini dikarenakan gula darah yang sangat tinggi dan biasanya melebihi kadar diabetes kering danumumnya terjadi pada mereka yang telah berusia lanjut.

Yang dimaksud dengan diabetes kering yaitu istilah lain dari penyakit diabetes yang disebabkan karena penderitanya mengalami kondisi tubuh yang kurus dan kering. Pada kondisi ini, tubuh menggunakan lemak sebagai pengganti tenaga karena hormon insulin sudah tidak bisa memecah glukosa menjadi tenaga. Karena inilah munvcul istilah diabetes kering.

Sedangkan pada penderita diabetes basah perbedaan lebih pada kondisi fase dan juga kondisi fisik namun sebenarnya memiliki gejala-gejala atau ciri-ciri yang tidak jaug berbeda dengan diabetes kering. Gejala yang imbul dari penyakit diabetes basah diantaranya seperti adanya infeksi pada jaringa kulit, jaringan saraf, dan jaringan otot. Infeksi ini diakibatkan oleh bakteri Clostridium perfringens atau Bacillus fusiformis. Secara alami, infeksi biasanya terjadi pada daerah yang lembab, seperti mulut, usus, paru-paru, serviks dan juga vulva. Sedangkan pada penderita diabetes basah, infeksi banyak terjadi di daerah kaki.

Adanya infeksi yang sebeanrnya berawal dari luka. Karena kadar gula darah yang tinggi, maka luka menjadi sulit sembuh. Kondisi ini membuat bakteri hinggap dan akhirnya tumbuh berkembang, sehingga infeksi menjadi bertambah parah. Jika terus dibiarkan, kondisi ini bisa berujung pada kebusukan, sehingga bagian tersebut harus diamputasi.



Balas Pertanyaan


Kirim Pertanyaan
Top