Apakah mengonsumsi nanas dapat menyebabkan keguguran


Yuniar Septiani

By Yuniar Septiani
Kamis, 21 Juli 2016 11:50:38

Siang admin.. Saya yuniar berusia 23 tahun. Kini saya tengah mengandung 2 bulan. Saya mau bertanya apakah buah nanas boles di konsumsi oleh ibu hamil? dan apakah benar mengonsumsi buha nanas pada saat hamil dapat menyebabkan keguguran? mohon infonya.



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Jum'at, 22 Juli 2016 14:06:15

Hallo Yuniar Septiani ,

Buah nanas merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan A yang bagus bagi tubuh sebagai antioksidan. selain itu buah nanas juga mengandung magnesium, kalium, kalsium, posfor, enzim bromelain dan sukrosa. Enzim bromelain berfungsi untuk mencegah peradangan dan membantu proses melunakan makanan dalam pencernaan di lambung. Enzim ini juga berfungsi sebagai anti kanker karena bisa menghambat tumbuhnya sel kanker.

Manfaat lain dari enzim bromelain yaitu akan membantu dalam menjaga kesehatan jantung dan mencegah terjadinya pembekuan dalam arteri. Enzim bromelain memiliki anti koagulan yang bisa mengurangi terjadinya pembekuan dalam pembuluh darah. Enzim ini juga berperan sebagai anti imflamasi dan analgesik yang berperan dalam perbaikan sendi. Anti imflamasi yang terdapat dalam enzim ini akan menghilangkan akumulasi lendir pada saluran pernafasan. Akan tetapi enzim bromelain pada nanas bisa jadi abortivum yaitu dapat menyebabkan keguguran pada kandungan.

Mengonsumsi buah-buahan selama masa kehamilan memang sangat bagus untuk kesehatan janin dan ibu hamil. Akan tetapi ada buah yang harus dibatasi bahkan tidak boleh dikonsumsi sama sekali oleh wanita yang sedang hamil yaitu buah nanas karena di anggap dapat menyebabkan keguguran. Nanas dan kehamilan memang sering dikait-kaitkan dalam hal keguguran.

Nanas tidak boleh dikonsumsi selama kehamilan karena nanas dapat menyebabkan terjadinya kontraksi sebelum waktunya. Hal ini terjadi akibat dari enzim bromelain yang terkandung dalam nanas yang dapat menyebabkan lemahnya leher rahim (serviks) sehingga bisa mengakibatkan rahim akan berkontraksi. Kontraksi rahim ini bisa membahayakan janin yang ada di dalamnya dan berpotensi terjadinya hal berbahaya bagi janin.

Enzim bromelain yang terkandung dalam nanas itu mirip dengan enzim papain yang terdapat dalam buah pepaya. Enzim ini bisa menyebabkan leher rahim lemah serta berkontraksi dan terjadinya keguguran. Nanas muda dan masih mentah bisa sangat berbahaya karena bisa menginduksi aktivitas dari uterus. Masalah kesehatan lain seperti terganggunya pencernaan dan maag bisa terjadi akibat mengkonsumsi nanas.

Mitos tentang nanas dan kehamilan bisa menyebabkan keguguran memang belum sepenuhnya bisa di buktikan karena ada beberapa wanita hamil yang mengonsumsi nanas pada awal kehamilan dan kehamilannya baik-baik saja. Mengonsumsi nanas bisa dikatakan berbahaya bagi wanita hamil apabila dikonsumsi secara berlebihan dan nanas tersebut masih mentah. Karena pada nanas yang masih muda kandungan enzim bromelain sangat tinggi. Apabila nanas sudah diolah maka enzim bromelain akan hancur.

Supaya lebih aman sebaiknya anda konsultasi dengan dokter kandungan mengenai efek apa yang ditimbulkan apabila mengonsumsi nanas pada waktu hamil.



Balas Pertanyaan


Kirim Pertanyaan
Top