Badan Mudah Lelah dan Lemas


Fajria

By Fajria
Jum'at, 22 Juli 2016 14:48:50

Siang Bu,
Saya Fajria usia 20 tahun. Akhir-akhir ini saya sering merasakan badan mudah lelah dan lemas, padahal saya rasa tidur cukup dan pekerjaan juga tidak terlalu berat. Bahkan, beberapa jam setelah bangun tidur badan terasa sangat lemas, dan terkadang ngantuk. Penyebabnya apa ya ? Mohon penjelasannya.



Diane Rosse A.Md.Keb
Admin

By Diane Rosse A.Md.Keb
Sabtu, 23 Juli 2016 09:58:59

Selama pagi fajria

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan badan mudah lelah dan lemas

Kurang berolahraga

Salah satu faktor penyebab tubuh mudah lelah dan lemas adalah kurang berolahraga atau jarang berolahraga. Olahraga yang rutin dapat membuat tubuh terasa lebih sehat, segar , tidak mudah sakit dan tidak mudah lelah dan lemas.

Makan terlalu sedikit dan pola makan yang salah

Makan terlalu sedikit dan pola makan yang salah juga merupakan penyebab tubuh mudah lelah dan lemas. Pola makan yang salah misalnya seperti sarapan pagi makan donat atau makanan manis lainnya. Sebaiknya, hindarilah pola makan yang seperti itu. Sarapan pagi yang sehat adalah  mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dan karbohidrat kompleks seperti telur dan roti gandum.

Anemia

Anemia ialah penyebab utama tubuh mudah lelah dan lemas. Anemia dapat disebabkan karena kekurangan zat besi. Sebaiknya, konsumsi makanan yang kaya akan zat besi seperti daging, makanan laut, hati sapi, telur, asparagus, bayam, tomat , bit dan labu.  

Depresi

Salah satu dampak buruk depresi bagi kesehatan adalah tubuh mudah lelah dan sakit kepala.

Kurang cairan

Kekurangan cairan , dapat mengakibatkan terhambatnya seluruh kerja organ dalam tubuh manusia. Sehingga , cadangan tenaga dalam tubuh berkurang dan juga menyebabkan proses kinerja organ terganggu. Keadaan ini dapat menyebabkan tubuh mudah lelah dan lemas.



Balas Pertanyaan


Kirim Pertanyaan
Top